7 Cara Memperbaiki Kartu SD yang Tidak Terbaca di HP

Kartu SD merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menyimpan file kurang lebih sama seperti harddisk. Bedanya kartu SD berukuran lebih kecil dan bersifat portabel. Maka dari itu device yang menggunakan kartu SD lebih beragam dan kebanyakan merupakan device portabel. Misalnya saja kamera, drone, smartphone, dan nintendo switch.

Kartu Memory

Ukuran sebuah kartu sd semakin hari semakin besar, bahkan sudah sekarang sudah mencapai ukuran terabite. Kapasitas kartu SD bisa dilihat dari penamaannya mulai dari SD sampai SDUC (SD Ultra Capacity). Meskipun untuk ukuran terabite masih tergolong mahal. Untuk smartphone sendiri menggunakan kartu SD dengan tipe microSD.

Semakin maraknya penggunaan smartphone, microSD semakin banyak tersedia di pasaran mulai dari yang original sampai yang kw. Karena digunakan sebagai alat untuk penyimpanan, peran kartu memori semakin penting. Mungkin kamu akan mengalami kartu SD tiba – tiba tidak bisa terbaca atau minta untuk diformat. Tidak perlu panik, begini cara untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca

Coba Ke Device Lain

Sebelum melangkah menggunakan cara yang dapat merusak data dalam kartu SDmu, ada baiknya kamu melakukan pengecekan terlebih dahulu. Caranya coba pindahkan kartu SD tersebut ke HP lainnya, kalau ternyata terbaca ada kemungkinan Slot kartu SD yang terdapat pada HP kamu yang bermasalah.

Agar lebih pasti lagi, coba pinjam kartu SD temanmu atau gunakan kartu SD lain. Apakah kartu SD tersebut terbaca dan bisa digunakan dengan normal pada saat dimasukkan ke dalam HP mu. Jika tetap tidak terbaca maka sudah pasti slot kartu SD pada HP kamu sedang bermasalah.

Bersihkan Memori dengan Karet Penghapus

Setelah dicoba menggunakan HP lain, kartu SD tetap tidak terbaca. Ada kemungkinan kalau ada debu/kotoran yang menghambat bagian pin pada kartu SD. Bersihkan bagian pin ini menggunakan karet dari penghapus pensil secara hati – hati. Kemudian coba kembali masukkan pada HP.

Meskipun terdengar tidak masuk akal, cara ini tergolong efektif dan tidak kemungkinan besar tidak menimbulkan efek samping. Sepanjang kamu tidak menggunakan air untuk melakukan pembersihan.

Format Kartu SD

Kemungkinan lain kenapa kartu SD tidak terbaca ialah karena file sistem yang ada pada kartu SD tersebut telah rusak. Hal ini bisa kamu pastikan dengan menggunakan card reader dan mencobanya pada komputer atau laptop. Kartu SD yang file sistemnya rusak akan langsung diminta untuk format saat dimasukkan ke komputer atau laptop.

Baca Juga:

Penyebab file sistem rusak pada kartu SD ada bermacam – macam, salah satunya adalah kamu mengeluarkan kartu SD tanpa mematikan HP terlebih dahulu. Karena saat dikeluarkan secara paksa aktifitas baca tulis yang sedang dilakukan oleh kartu SD akan berhenti secara mendadak dan mengakibatkan kerusakan pada file sistem.

Kamu mau tidak mau harus melakukan format ulang pada kartu SD, jika masih ingin menggunakan kartu SD tersebut. Tetapi kamu akan kehilangan semua data yang tersimpan pada kartu SD tersebut. Meskipun ada aplikasi yang bisa digunakan untuk mengembalikkan data tersebut, tidak ada jaminan data mu bisa kembali secara utuh.

Format/Reset HP

Kalau kamu sudah yakin jika kerusakan ada pada HP kamu, jangan buru – buru untuk membawanya ke tukang servis ya. Sebelumnya lakukan format ulang atau kembalikan ke setelan pabrik. Pastinya kamu harus melakukan backup terlebih dahulu pada data di dalam HP.

Kerusakan dari operating sistem bisa saja terjadi dan mengakibatkan HP tidak bisa membaca kartu SD dengan benar. Meskipun jarang terjadi, pada saat kamu melakukan update sistem HP ada bug yang mengakibatkan hal ini. Kalau HP kamu masih tercover oleh garansi, silahkan bawa ke service center dari vendor HP terkait.

Menggunakan Kartu SD Abal – Abal / Palsu

Penggunaan barang palsu memang baru akan terasa pada jangka panjang dan tidak langsung terasa pada saat kita baru saja membeli barang tersebut. Memang harga yang ditawarkan sangatlah menggiurkan dan menggoda iman, tetapi data yang tersimpan rasanya berharga lebih mahal. Kamu tentu tidak mau data HP mu hilang begitu saja akibat menggunakan kartu SD yang tidak original.

Kartu SD KW biasanya ditawarkan dengan harga fantastis, jauh lebih murah dari harga pasaran. Kartu SD jenis ini tidak akan bertahan lama karena bahan yang digunakan asal – asalan yang penting bentuknya mirip dengan produk serupa. Selain itu berbagai macam error akan kamu temui sepanjang menggunakan kartu SD KW.

Kartu SD yang tidak terbaca adalah salah satu diantara banyaknya error tersebut. Ada juga error yang baru muncul saat kartu SD sudah mulai penuh. Kalau kamu cukup beruntung, mungkin kamu akan mendapatkan barang yang cukup bagus (sangat jarang). Untuk itu lebih baik untuk membayar lebih dan menggunakan barang original daripada menyesal di kemudian hari.

Kartu SD Rusak Secara Fisik

Kamu bisa melihat kerusakan pada kartu SD hanya dengan meilhatnya. Apakah kartu SD tersebut terlihat normal?. Adakah bagian yang penyok atau ada bagian yang hilang pada bagian kartu SD?. Untuk memastikan hal tersebut kamu harus mengeluarkan kartu SD dari HP dan melihatnya secara cermat. Bandingkan dengan kartu SD temanmu dan pastikan tidak ada perbedaan secara garis besar.

Kartu SD Sudah Berumur

Umur suatu barang elektonik memang tidak ada yang tahu kadang bisa bertahan lama kadang juga hanya sebentar sudah rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Kartu SD juga merupakan barang elektronik, bisa saja hal yang menyebabkan kartu SD tidak terbaca adalah karena merupakan kartu SD lama dan masa pakainya sudah habis. Mau tidak mau kamu harus mengganti kartu SD dengan yang baru jika sudah begini.

Penutup

Itulah beberapa hal yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah memori card hp yang tidak terbaca. Kami sarankan kamu untuk menggunakan kartu memori original, meskipun harga memory card kw lebih murah. Karena memory card original tergolong lebih awet dan tahan lama.

Bagikan ke teman:

2 Comments

  1. Avatar
  2. CiperX

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *