Menginstall Raspbian Buster di Raspberry Pi

Untuk kamu yang mempunyai raspberry pi, tentu kamu sudah mengetahui mengenai raspbian. Raspbian buster merupakan distro linux official berbasiskan debian versi 10 (versi terbaru saat artikel ini ditulis) yang dirancang khusus dan direkomendasikan untuk di digunakan pada raspberry pi. Sebagai official Operating System dari raspberry foundation. Raspbian selalu di update untuk meningkatkan performa dan keamnannya. Cara install raspbian sendiri tidak berbeda jauh dengan cara install OS raspberry lain.

Raspbian Buster

Jika kamu ingin melakukan instalasi rapsbian buster, pada artikel ini kami akan membahas secara lengkap mengenai cara instalasi raspbian buster yang dengan mudah bisa kamu ikuti. Pada saat membuat tutorial ini kami menggunakan raspberry pi 3b+ dan Windows 10 untuk membuat file instalasi.

Hal – Hal yang perlu disiapkan

  • Raspberry pi
  • MicroSD card minimal 8 GB
  • PC/Laptop
  • Card Reader
  • Aplikasi untuk membuat Bootable Media ( Kami menggunakan Rufus )
  • File Instalasi Raspbian Buster

Membuat File Instalasi Raspbian Buster

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh file – file yang dibutuhkan. Untuk membuat bootable media kamu bisa menggunakan rufus yang bisa kamu unduh di sini. Kami merekomendasikan untuk menggunakan yang versi portable saja. Selanjutnya download file OS raspbian buster di situs resmi raspberry di sini. Ada 3 varian yang bisa kamu pilih yaitu versi lite, versi destop, dan versi dekstop ditambah sofware tambahan. Untuk kamu yang menginginkan raspbian sebagai komputer desktop, kami merekomendasikan untuk mengunduh yang versi lengkap.

Setelah semua file di unduh, masukkan SD card ke dalam card reader dan hubungkan ke PC/Laptop kamu lalu buka rufus dan kamu akan menemui tampilan seperti ini :

Rufus Portable

Pilih SD card yang sudah kamu siapkan sebelumnya pada menu dropdown device. Untuk memasukkan file OS raspbian(tidak perlu melakukan ekstrak) gunakan tombol SELECT. Biarkan pilihan yang lain secara default, gunakan tombol start untuk melakukan eksekusi. Akan muncul peringatan yang menyebutkan semua data pada microSD card kamu akan dihapus, pastikan untuk melakukan backup data kamu yang berada di microSD card. Klik OK untuk melanjutkan, lalu kamu tinggal menunggu sampai proses pembuatan bootatble media pada microSD card kamu (Proses memakan waktu kurang lebih 10 menit)

Setelah proses selesai, keluarkan MicroSD card kamu dari PC/Laptop dan masukkan ke dalam Raspberry. Hidupkan raspberry dan kamu sudah bisa menikmati Raspbian buster. Kalau kamu mengalami masalah terkait instalasi atau ingin mengajukan pertanyaan silahkan tulis komentar di bawah. Have a nice day 🙂

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *