7 Sistem Operasi Raspberry

Sistem Operasi yang biasanya dipanggil OS (Operating System) merupakan sekumpulan program yang berfungsi untuk menghubungkan antara perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Dengan adanya sistem operasi komputer akan mengerti instruksi yang kamu berikan kepada komputer. Pada dekstop OS yang terkenal ada banyak, ada Windows, Linux, Mac dan lainnya.

Terdapat berbagai macam OS yang bisa kamu install dengan mudah dalam waktu yang singkat di raspberry pi milikmu. Dari sekian banyak fungsi raspberry, kamu bisa menggunakan raspberry pi sebagai pengganti komputer desktop sampai untuk dijadikan konsol game retro. Proses untuk instalasi juga terbilang mudah dan sangat newbie friendly. Berikut beberapa OS Raspberry yang bisa kamu coba :

1. Raspbian

Sebagai sistem operasi offcial yang dikembangkan langsung oleh pembuat raspberry yaitu raspberry foundation, OS yang satu ini sangat kami rekomendasikan untuk kamu coba. Menggunakan debian sebagai dasar dalam pembuatan, bisa dilihat dari namanya. Cocok untuk kamu yang biasa menggunakan debian jadi tidak perlu bingung untuk melakukan aktivitas komputasi di sini.

Baca Juga : Menginstall Raspbian Buster di Raspberry Pi

2. Ubuntu

Distro linux yang cukup populer di komputer desktop ini ternyata juga bisa di install ke dalam raspberry. Dengan tampilan yang user friendly, performa yang mantab, serta dukungan komunitas yang luar biasa banyak, sepertinya tidak ada salahnya kamu mencoba menggunakan OS yang satu ini. Ada beberapa varian Ubuntu yang bisa kamu coba, ubuntu mate, core dan server.

3. Kali Linux

Operating sistem yang memfokuskan diri ke hal security ini dapat di install ke raspberry tanpa kesulitan berarti. Kamu sekarang tidak perlu lagi meggunakan laptop untuk melakukan uji coba jaringan, cukup install OS ini ke raspberry kamu.

4. Retropie

Buat kamu yang ingin nostalgia dengan game jadul, Operating sistem satu ini solusinya. Retropie merupakan sebuah OS emulator lengkap yang bisa kamu gunakan untuk memainkan game konsol jadul seperti NES, SNES, SEGA, bahkan PS1 sekalipun juga bisa. Cukup dengan menginstall OS ini ke raspberrymu kamu punya serasa memiliki arcade di rumah.

5. OSMC (Open Source Media Center)

Kamu ingin memiliki sebuah home entertaintment dengan budget terbatas, sistem operasi ini merupakan jawaban dari masalahmu. Dengan berbekal Raspberry yang sudah terinstall OSMC, kamu bisa merasakan nonton film serasa di bioskop. OSMC bisa memainkan video dengan berbagai macam format secara lancar.

6. LibreElec

LibreElec merupakan Operating sistem yang berbasikan kodi. Kodi merupakan sebuah aplikasi open source yang secara singkat bisa membuat televisi di rumah mu menjadi smarttv. Cukup sambungkan ke internet via Wi-FI atau kabel LAN kamu bisa streaming siaran TV maupun membuka Youtube dengan mudah

7. Android

Solusi untuk kamu yang ingin memainkan game android di layar lebar, atau kamu yang ingin menghabiskan kuota data aplikasi kamu tapi malas kalo nonton via hp. Tapi jangan terlalu berharap banyak karena RAM dan Processor pada raspberry tidak terlalu mumpuni.

Nah, itulah beberapa Operating Sistem yang ciperx ketahui, jika kami terlewat atau kamu tahu OS lain tulis aja di komentar. Have a Nice Day:)

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *