10 Perbedaan Raspberry Pi 3 dan 4

Raspberry Foundation merupakan perusahaan yang membuat dan mendistribusikan Raspberry sejak tahun 2012. Sejak tahun tersebut sudah banyak varian yang diluncurkan ke pasaran, mulai dari versi 1 sampai dengan yang sekarang. Dari berbagai varian tersebut masih terbagi lagi menjadi beberapa varian A, B, B+.

Raspberry pi merupakan sebuah single board komputer yang mempunyai banyak potensi untuk kamu yang suka ngoprek. Kegunaannya sendiri tidak hanya terbatas pada komputer saja, kamu bisa membuat robot kamu sendiri lho. Dibuat pertama kali pada tahun 2012, akhirnya versi terbaru sudah bisa kita dapatkan. Pada tahun 2019 yang lalu, Raspberry versi terbaru yakni versi 4 sudah bisa kita dapatkan di pasaran. Peningkatan dari versi 3 ke versi 4 cukuplah signifikan. Berikut 10 rangkuman peningkatan raspberry versi terbaru menurut kami.

1. Processor yang lebih tangguh

Berbekal processor Broadcom BCM2711 dengan clock speed 1.5 GHz Quad-core Cortex-A72. Meskipun sama-sama menggunakan konfigurasi quad-core untuk processornya, Raspberry pi 4 diklaim 50% lebih cepat dalam dibandingkan Raspberry pi 3B+.

2. Kapasitas RAM yang lebih Lega

Raspberry pi 4 menyediakan pilihan variasi kapasitas RAM yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan, mulai dari 1 GB, 2GB, 4GB. Dengan pilihan RAM ini kita bisa menentukan sendiri kebutuhan kita, berbeda dengan Raspberry pi 3 yang hanya menyediakan varian RAM 1 GB saja.

3. Menggunakan USB type C

USB type C digunakan sebagai port penyuplai daya pada Raspberry pi 4, berbeda dengan versi sebelumnya yang masih menggunakan port micro usb. Penggunaan type usb c memungkinkan kita tidak perlu membeli kabel lagi, dikarenakan kabel charger bawaan HP jaman sekarang sudah menggunakan port usb terbaru ini.

4. Dual HDMI Output

Raspberry pi 4 mempunyai ouput sebanyak 2 port mini HDMI yang sudah mendukung resolusi 4k. Cocok sekali untuk kamu yang menginginkan untuk menggunakan dual monitor dan menggunakannya sebagai pengganti dekstop komputer di rumahmu. Tapi di sisi lain kamu masih harus membeli converter mini HDMI to HDMI agar bisa digunakan.

5. Gigabit Ethernet Port

Dari sisi Konektivitas Raspberry pi 4 sudah mendukung Native Gigabit ethernet yang memungkinkan kamu menstransfer data melalui lan lebih cepat, dibandingkan dengan Raspberry pi versi 3 yang masih menggunakan Gigabet ethernet via USB

6. Dukungan USB 3

Dengan disematkannya 2 USB port versi 3.0 di Raspberry pi 4, secara teori transfer data yang bisa dilakukan oleh perangkat mungil ini bisa berkali-kali lebih cepat diklaim upto 10x dari daripada menggunakan port USBv2.0. Konfigurasinya ialah 2 USBv2.0 dan 2 USBv3.0 yang ditandai dengan warna biru pada portnya.

7. Menggunakan OS Terbaru

Raspbian sebagai Sistem Operasi Official dari semua perangkat Raspberry pi sudah mengeluarkan versi terbarunya yaitu Raspbian Buster. Raspbian sendiri merupakan Sistem Operasi yang berbasiskan distro Debian. Kabar baiknya untuk Raspberry pi 4 sudah langsung bisa menggunakan Raspbian Buster tanpa harus Upgrade dari Raspbian sebelumnya, tentunya hal ini bisa menghemat waktu berhargamu.

8. Bluetooth 5.0

Penggunaan bletooth versi terbaru selain memungkinkan kamu untuk melakukan transfer data yang lebih cepat, juga memberikan efisiensi dalam penggunaan daya. Jangkauan bluetooth juga menjadi lebih jauh dibandingkan dengan bletooth versi 4.2. Kamu tidak perlu khawatir jika perangkat bluetooth kamu masih versi lama, karena bluetooth versi 5 ini mempunyai fitur Backward Compatibilty.

9. Peningkatan total kebutuhan daya

Poin ini bisa menjadi plus dan minus tergantung kamu melihatnya dari sisi mana. Bisa menjadi plus jika kamu mempunyai banyak module yang akan kamu pasang, maka dengan besarnya daya kamu tidak akan kesulitan lagi dan tidak melihat lagi tanda petir di Raspi kamu.

10. Harga

Sampai pada saat artikel ini ditulis, raspberry pi 4 baru saja rilis di pasaran. Kisaran harganya untuk varian 1GB harganya $35 sama dengan Raspberry 3B+ pada saat rilis, sedangkan untuk verian 2GB dan 4GB masing-masing $45 dan $55. Untuk di Marketplace indonesia sendiri harganya masih disekitaran Rp 700rban saja untuk varian yang 1 GB.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *