5 Alasan Untuk segera Pindah Ke SSD

Penyimpanan internal komputer untuk jaman sekarang ada banyak dan bermacam-macam. Secara umum ada 3 macam penyimpanan komputer yang bisa dengan mudah didapatkan di pasaran. Dimulai dari HDD yang merupakan jenis penyimpanan yang pasti kamu tahu, kemudian ada teknologi terbaru yang bernama SSD dan ditengah – tengahnya ada SSHD yang secara teori menggabungkan teknologi dari sebuah SSD dan HDD.

Solid State Drive atau yang biasanya hanya disebut dengan singkatannya yaitu SSD ditemukan pada 29 tahun silam, menggunakan teknologi terbaru dalam melakukan peyimpanan data. Data tidak disimpan lagi ke dalam sebuah piringan layaknya Hardisk, melainkan di simpan ke dalam sel semikonduktor yang cara kerjanya kurang lebih sama seperti SD card dan Flashdisk. Untuk saat ini SSD sudah mulai marak digunakan pada laptop tipe terbaru dan orang – orang sudah banyak yang tertarik untuk melakukan migrasi dari HDD ke SSD.

SSD, SSD Nvme, SSHD

Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin pesat, SSD mengalami banyak perubahan dan membuatnya tidak hanya dalam satu bentuk saja. Ada 2 form factor dari SSD dan SSHD yaitu:

1. SSD NVMe

SSD Non-Volatile Memory Express (NVMe) merupakan sebuah sebuah device yang berbentuk seperti sebuah RAM yang dihubungkan menggunakan soket M.2 menggunakan Interface PCi Express 3.0/4.0. Kalau secara singkat bisa diartikan sebagai sebuah memori penyimpanan yang menggunakan pin socket yang ada di motherboard. Keunggulan dari SSD dengan bentuk ini ialah lebih ringan dan tidak banyak memakan ruang. Sangat cocok digunakan untuk PC microATX dan laptop yang memiliki body tipis. Untuk ukuran kecepatan tidak terlalu jauh berbeda dengan SSD SATA.

2. SSD dan SSHD Sata

Mempunyai bentuk dan ukuran yang mirip dengan HDD konvensional. Port yang digunakan juga sama yaitu port sata, SSHD juga menggunakan port yang sama. Kelebihan dari form SSD ini ialah kamu yang ingin upgrade laptop jadulmu agar lebih ngebut, bisa menggunakan SSD jenis ini. Tetapi SSD sata tidak cocok untuk laptop yang berbentuk tipis karena biasanya laptop tersebut tidak memiliki port sata dan hanya menggunakan slot Nvme. Jadi jangan salah pilih saat mau membeli SSD ini.

Menurut kami ada beberapa keunggulan dari SSD yang membuatnya sangat worth it untuk dibeli. Berikut beberapa keunggulan tersebut :

Harga sudah Terjangkau

Seperti alat alat elektronik yang lain, dengan ditemukannya teknologi yang lebih baru dan produksi secara massal yang semakin marak. Barang barang elektronik akan mengalami penurunan harga seiring berjalannya waktu. Aturan ini juga berlaku untuk SSD, dulu harganya sangatlah mahal sekarang harganya sudah lumayan turun meskipun masih sedikit mahal. Tetapi dari segi price to performancenya sudah sangat worth it untuk dibeli.

Lebih Hemat Tempat

Bentuknya yang kecil dan mungil layaknya modul ram pada laptop, SSD tidak banyak memakan ruang pada PC/Laptopmu. Dengan menggunakan SSD bertipe NVme, produsen laptop bisa membuat laptop dengan ukuran semakin ramping dan semakin ringan. Para produsen bisa menggunakan ruang yang biasanya digunakan oleh HDD untuk fitur lain seperti fitur pendingin yang lebih baik. Untuk PC Micro ATX SSD merupakan salah satu solusi, tinggal pasangkan saja pada motherboard yang support SSD.

Baca Juga :
1. Tips Memilih Laptop yang tepat di tahun 2020
2. Mending Beli Konsol atau Rakit PC

Mengikuti Perkembangan Jaman

Sekarang hampir semua orang menginginkan sebuah Laptop yang tipis dan ringan tetapi mempunyai performa yang handal. Pertukaran informasi juga semakin lama semakin cepat. Prossesor dengan fabrikasi yang lebih kecil terus dikembangkan, tetapi HDD tidak bisa dibuat menjadi lebih kecil lagi. SSD mampu menjawab semua tantangan tersebut.

Performa Lebih Cepat

Jaman serba digital dan semakin maju membutuhkan informasi dikirimkan dengan semakin cepat. SSD bisa melakukan baca tulis data dengan kecepatan berkali – kali lipat daripada HDD konvensional. Karena waktu sekarang lebih berharga dari apapun, kamu bisa startup PC/Laptop dengan lebih cepat dan tidak perlu menunggu sampai 1 menit jika menggunakan SSD. Waktu yang biasanya kamu gunakan untuk menunggu PC/Laptopmu booting untuk hal – hal yang lebih produktif. Efek SSD juga terasa pada saat kamu melakukan Rendering dan Meload Game.

Lebih Tangguh

Pasti kamu was-was pada saat laptopmu terjatuh datamu yang sangat penting bisa saja rusak karena HDD mu yang korup. Ini terjadi karena HDD masih menggunakan piringan untuk menyimpan datanya, hal ini mengakibatkan HDD lebih rawan rusak jika terkena benturan. SSD secara tidak langsung bisa dibilang lebih tangguh karena tidak mempunyai piringan seperti halnya sebuah HDD.

Kesimpulan

Bagaimana? dengan membaca artikel ini kamu menjadi semakin yakin untuk upgrade ke SSD. SSD merupakan pengganti HDD yang layak untuk kamu beli pada saat ini dengan banyaknya kelebihan. Sekian pembahasan kami mengenai SSD, jika kamu mempunyai hal-hal yang ingin ditanyakan atau mempunyai pendapat lain. Jangan ragu untuk menulis komentar di bawah 🙂

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *