Lebih Baik Beli Konsol atau Rakit PC?

Dewasa ini pertanyaan konsol atau pc sering menjadi dilema disaat kamu mempunyai keinginan untuk mempunyai sebuah alat untuk bermain game. Bagaimana tidak, disaat kamu sudah punya budget tetapi masih bingung untuk menentukan pilihan dari dua barang elektronik ini. Tentunya kamu tidak ingin salah beli dan menyesal di kemudian hari. Tidak perlu cemas, kami disini akan memberi mu ringkasan mengenai kelebihan dari masing masing masing sisi. Jadi kamu tinggal akan lebih mengerti yang mana lebih cocok untuk kamu beli.

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kita membahas pengertian kedua barang terlebih dahulu. Seperti kata pepatah jaman dulu “Tak kenal maka Tak sayang” ya gak. Konsol merupakan sebuah perangkat keras yang tujuan utamanya untuk bermain game di rumah (Home Entertainment). Selain untuk bermain game, sebuah konsol bisa digunakan untuk menonton film DVD/Bluray dan bisa digunakan sebagai pajangan lho :). Ada tiga produsen besar yang bermain di pasar konsol, microsoft dengan xboxnya, sony dengan sonyplaystation dan nintendo dengan switchnya.

Konsol vs PC

Personal Computer atau biasa kita singkat menjadi PC merupakan sebuah komputer desktop yang terdiri dari beberapa bagian inti yaitu CPU sebagai Inti Utama sebuah PC, Monitor untuk menampilkan output berupa gambar dari sebuah PC, dan Perangkat input berupa Mouse dan Keyboard. PC pada awalnya dibuat untuk kebutuhan mempermudahkan pekerjaan manusia, karena dapat melakukan perhitungan secara cepat dan akurat. Seiring berkembangnya jaman, fungsi PC menjadi lebih beragam salah satunya adalah untuk gaming. Melihat potensi PC sebagai alat untuk gaming banyak produsen yang berlomba – lomba menciptakan produk dengan embel – embel gaming mereka sendiri untuk menarik pelanggan. Biasanya perangkat dengan embel-embel gaming mempunyai spesifikasi yang lebih tinggi dari varian lain, guna memperoleh performa terbaik saat digunakan untuk gaming.

Kelebihan Konsol

Game Ekslusif

Merupakan salah satu alasan paling besar yang bisa membuatmu membeli sebuah konsol game. Suatu konsol biasanya mempunyai game ekslisifnya masing -masing dan tidak ada di konsol lain, contohnya saja Mario dan Pokemon yang hanya ada di konsol keluaran Nintendo. Kalau kamu adalah seorang penggemar pokemon, mau tidak mau kamu harus membeli sebuah konsol nintendo. Playstation dan Xbox juga memiliki game ekslusifnya sendiri. Sebuah game ekslusif biasanya dikerjakan dengan maksimal oleh developernya dan diawasi langsung oleh publisher yang dalam hal ini pembuat konsol bersangkutan. Selain memainkan game ekslusif, konsol game bisa memainkan game lain yang bersifat cross platfrom.

Tidak Perlu Ribet

Maksud dari poin ini ialah kamu tidak perlu ribet memikirkan spesifikasi dan lain – lain saat membeli game. Dengan menggunakan konsol semua game yang dirilis di suatu konsol pasti bisa dimainkan dengan lancar dan tidak ada kendala, lain halnya saat kamu bermain menggunakan PC harus melihat spesifikasi minimum terlebih dahulu agar game mu bisa berjalan lancar. Kemudahan lainnya kamu hanya perlu memasukkan Kaset game kedalam konsol dan langsung bisa memainkan game mu tanpa perlu setting – setting terlebih dahulu.

Bisa Portable

Ukuran konsol yang rata-rata lebih ringkas dan ringan daripada sebuah PC kamu bisa membawa konsol mu dengan mudah dari suatu tempat ke tempat lain. Kamu bisa memainkan konsolmu di ruang utama rumah dengan menggunakan TV layar lebar. Bahkan jika kamu menggunakan konsol nintendo switch kamu bisa memainkan game dengan lebih flexible lagi. Kamu bisa bermain game sambil rebahan di ruang tamu, di kamar tidur maupun waktu di perjalanan.

Harga Lebih Terjangkau

Munculnya konsol generasi baru selalu membuat konsol generasi sebelumnya terjun bebas dan menjadi lebih terjangkau. Nintendo switch model terbaru membuat harga konsol switch versi sebelumnya menjadi lebih murah meskipun harga gamenya tidak berubah. Untuk playstation juga harganya lebih turun lagi, karena selain adanya konsol generasi baru sony juga sering mengadakan promo pada saat hari hari libur besar seperti saat natal dan lebaran. Lantas apakah membeli konsol lawas menjadi tidak worth it dan ketinggalan jaman, jawabannya tentu tidak karena kembali ke poin satu diatas. Jika kamu belum sempat memainkan game – game ekslusif konsol, mungkin sekaranglah saatnya untuk mencobanya.

Kelebihan PC

Library Game Lebih Banyak

Banyak developer game indie yang memilih platform PC untuk memasarkan game buatan mereka. Disamping karena lebih mudah dalam hal membuat game pada platfrom ini, para developer indie yang mempunyai budget terbatas tidak perlu membeli devkit. Hal ini mengakibatkan variasi game PC menjadi sangat banyak dan selalu bertambah setiap waktu. Jadi kamu tidak perlu bosan menunggu game AAA yang akhir – akhir ini banyak delay, bisa langsung mencoba game – game baru setiap saat.

Multifungsi

Sebuah PC tidak hanya bisa digunakan sebagai mesin untuk gaming bisa juga untuk keperluan lain. Karena sejatinya PC memang tidak ditujukan untuk gaming tetapi untuk memudahkan pekerjaan manusia. Cocok untuk kamu yang menggunakan PC bermain game sebagai hiburan saat jenuh dengan pekerjaan. PC juga bisa digunakan untuk keperluan kantor seperti mengetik dokumen dan editing audio dan video untuk keperluan youtube misalnya.

Grafik Lebih Bagus

Sudah menjadi rahasia umum jika kamu menginginkan game dengan grafis maksimal dan mumpuni harus menggunakan sebuah PC untuk memainkannya. Tetapi untuk memperoleh kualitas grafik yang ciamik dan sangat realistis harus dibayar dengan harga yang sangat menguras dompetmu. Semua komponen PC harus yang paling bagus terutama dalam hal kartu grafis untuk memainkan game terbaru dengan grafis rata kanan. Jika PC mu hanya menggunakan komponen yang standar mungkin kamu hanya bisa menggunakan setingan medium dan yang paling buruk tidak play-able sama sekali.

Bisa memainkan game console

Eits jangan senang dulu dan menganggap kalau PC langsung menang karena poin ini. Memang PC bisa memainkan game dari sebuah konsol menggunakan sebuah software bernama emulator, tetapi game yang bisa dimainkan adalah game konsol lawas dan kamu diharuskan menggunakan PC dengan part yang mumpuni juga. Seperti pada poin sebelumnya jika kamu hanya menggunakan komponen yang standar pada PC mu, maka kamu hanya akan mendapatkan game dengan gambar yang patah-patah.

Kesimpulan mending beli konsol atau PC

Kesimpulan dari pembahasan mending beli konsol atau pc kali ini ialah ditentukan oleh kebutuhan kamu. Jika kamu orangnya kepingin simpel dan tidak ingin mengeluarkan uang terlalu banyak untuk nge-game silahkan beli konsol. Lain halnya jika kamu memang ingin mempunyai PC dengan Spek super dewa untuk kebutuhan pekerjaanmu dan ingin main game di sela-sela kesibukanmu silahkan untuk merakit PC sendiri. Sekian tips dari kami, jika kamu mempunyai pendapat dan ide lain silahkan tulis di kolom komentar. Akhir kata have a nice day 🙂

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *