Tips Memilih Laptop yang tepat di tahun 2020

Laptop adalah sebuah komputer portabel yang bisa kamu bawa ke manapun tanpa harus repot mencari colokan listrik. Sebuah laptop antar komponennya sudah menjadi satu dan dilengkapi sebuah baterai. Laptop untuk jaman sekarang sudah merupakan barang kebutuhan bagi hampir semua orang, baik anak sekolahan sampai orang kerja. Bentuk dan spesifikasi laptop menjadi semakin hari semakin beragam. Memilih laptop pada jaman sekarang memang murapakan hal yang lumayan sulit.

Memilih Laptop di tahun 2020

Dengan banyaknya pilihan laptop yang tersedia di pasaran tentu membuatmu semakin bingung dalam menentukan pilihan. Apalagi jika kamu termasuk orang yang tidak terlalu mengikuti perkembangan teknologi dan kamu juga hanya ingin laptop yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Tenang saja, pada artikel kali ini kami akan memberikan tips dan trik yang sebaiknya kamu lakukan dan akan membantumu untuk menentukan pilihan. Berikut hal – hal yang harus kamu perhatikan :

Tentukan Budget di Awal

Faktor paling penting ini sengaja kami taruh di awal, karena percuma saja kamu sudah menentukan laptop yang kamu inginkan kalau budgetnya tidak mencukupi. Kamu harus menyiapkan terlebih dahulu dompetmu dan menghitung berapa yang akan kamu keluarkan untuk meminang sebuah laptop baru. Jadi tentukan berapa budgetmu, bisa berupa kisaran seperti 6Jtan, 4Jtan, dst. Atau menggunakan rentang angka seperti 4Jt – 5Jt dll.

Setelah kamu menentukan budget, kamu harus mematuhi aturan budget tersebut dan tidak boleh melanggarnya dengan membeli laptop dengan harga yang melebihi budeget semula. Selain menjadi menjadi lebih disiplin sisa anggaran untuk membeli laptop bisa kamu gunakan untuk membeli aksesorisnya seperti mouse, tas laptop dan lain lain.

Pilih Form Faktor dalam Memilih Laptop

Semakin hari variasi bentuk laptop tidak terbatas seperti laptop jaman dulu yang terkesan monoton dan yang membedakan dari satu merk ke merk lain hanyalah spesifikasinya saja. Sekarang ada banyak varian bentuk laptop yang biasa disebut form faktor, beberapa form faktor yang kami ketahui ialah:

Standar laptop

1. Laptop Standar

Bentuk laptop paling standar yang tidak berubah secara signifikan dari tahun ke tahun. Perbedaan yang paling mencolok adalah hilangnya DVD drive pada laptop keluaran terbaru tetapi masih dengan sebuah layar, keyboard dan trackpad. Layarnya sendiri untuk laptop jaman sekarang sudah bisa dibuka sampai 180 derajat, sehingga memudahkan kita untuk mengatur layar senyaman mungkin dengan posisi duduk kita. Ukuran layar laptop jenis ini juga bervariasi mulai dari 10 – 16 inch. Keyboardnya sekarang juga sudah dilengkapi dengan backlight agar memudahkan kita untuk mengetik di tempat yang kurang cahaya. Kamu bisa memilih laptop jenis ini jika kamu hanya ingin menggunakan laptop sebagai alat untuk pekerjaan sehari hari seperti mengerjakan tugas dan aktifitas mengetik lainnya.

2. Flexible Laptop

Flexible Laptop

Memiliki semua fitur yang ada pada laptop jenis standar. Pada jenis laptop ini kamu masih memiliki keyboard, layar dan trackpad, tetapi masih ditambah fitur – fitur tambahan daripada jenis laptop standar. Flexible laptop memungkinkan kamu untuk membuka layar sampai dengan 360 derajat, sehingga memungkinkan kamu untuk memakainya seperti menggunakan tablet karena laptop jenis ini biasanya hadir sekaligus dengan layar touchscreen. Cocok untuk kamu yang sering menggunakan laptop sebagai media hiburan di rumah, dengan membalik laptop menjadi mode tend kamu bisa nonton film dengan lebih nyaman.

3. Detachable Laptop

Detach-able laptop

Bisa dibilang laptop jenis ini merupakan sebuah tablet yang menggunakan Operating sistem selayaknya laptop pada umumnya. Ukuran layar yang lebih kecil dari laptop pada umumnya. Dengan fitur touchscreen pada layar dan kamu bisa menghubungkan sebuah keyboard (biasanya dijual secara terpisah / harganya lebih mahal daripada tanpa keyboard ) agar bisa digunakan seperti laptop biasa. Laptop jenis ini cocok untuk kamu yang ingin menggunakan laptop untuk menggambar ataupun desain, selain bentuknya yang kecil dan ringan laptop ini juga support penggunaan pen yang tentunya akan memudahkanmu dalam hal menggambar di manapun kamu mau.

Tentukan Kapasitas Storage

Kenapa kapasitas storage menjadi salah satu yang harus kamu perhatikan saat memilih sebuah laptop?. Karena pada kebanyakan laptop kategori low-end kapasitas penyimpanannya rata – rata tidak menyediakan slot storage tambahan untuk upgrade storage jika suatu saat hardisk kamu penuh. Pilihan satu satunya adalah mengganti hardisk dengan kapasitas yang lebih besar yang mengakibatkan hardisk lama kamu menjadi tidak terpakai. Meskipun kamu bisa menggunakan hardisk lamamu menjadi eksternal, tetapi masih lebih mudah jika menambah saja bukan? daripada menggantinya.

Pilih Processor dan RAM

Sebagai bagian terpenting dalam sebuah laptop, sudah semestinya kamu harus memperhatikan hal ini. Processor dan Ram bertanggung jawab secara penuh untuk urusan kecepatan pemrosesan data dalam sebuah rangkaian komputer ( dalam hal ini laptop ). Kamu bisa memilih salah satu dari dua produsen terbesar untuk bidang ini yaitu intel dan amd. Mungkin kamu lebih familiar dengan merk intel tetapi tidak ada salahnya kamu melirik laptop dengan processor amd, selain harganya yang relatif lebih murah tetapi dengan kualitas yang tidak murahan. Setelah kamu memilih merk processor langkah selanjutnya adalah memilih varian processornya. Anggaplah kamu memilih laptop intel, langkah selanjutnya kamu harus memilih ingin menggunakan seri yang mana mulai dari celeron sampai i9.

Hal yang perlu kamu ingat semakin tinggi spek dari processor tersebut maka laptopmu akan semakin panas dan baterai akan semakin boros, tinggal sesuaikan dengan kebutuhanmu. Untuk masalah RAM juga tinggal sesuaikan dengan kebutuhanmu, contohnya saja jika kamu hanya menggunakan laptop untuk urusan kantoran seperti mengetik RAM ukuran 4GB sudah lebih dari cukup. Lain halnya jika kamu menggunakan laptop untuk render video ataupun untuk bermain game besar, tentunya kamu memerlukan kapasitas RAM yang lebih besar.

VGA OnBoard / VGA Dedicated (Optional)

Sebenarnya ini merupakan poin opsional, jika kamu ingin menggunakan laptop sebagai alat untuk game atau render video yang intinya memerlukan kinerja berat. Kamu perlu mempertimbangkan dari sekarang pilihan VGA atau kartu grafis untuk laptopmu. Kartu grafis merupakan part yang bertanggung jawab untuk seluruh pemrosesan yang berhubungan dengan gambar. Biasanya laptop standar menanamkan kartu grafis onboard yang kinerjanya lebih rendah daripada kartu grafis dedicated. Bagian ini menjadi penting karena pada sebuah laptop kartu grafis tidak bisa di upgrade maupun diganti dengan cara apapun (bisa menggunakan port thunderbolt tetapi biayanya mahal).

Kesimpulan Cara Memilih Laptop

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kami bagikan untuk kamu yang masih bingung dalam memilih laptop. Pada akhirnya keputusan akhir ada di kamu, intinya sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan dompetmu dalam memilih sebuah laptop. Sekian tips dari kami sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya. Have a nice day 🙂

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *