Penyebab dan Solusi HP Android Sering Restart Sendiri

Penggunaan Smartphone atau yang biasa disebut HP di jaman now sudah menjadi sebuah hal yang lumrah. Semua orang dari yang tua, muda, bahkan balitapun sudah mengerti cara menggunakan HP dalam kehidupannya sehari hari. Ini tidak luput dari pengaruh harga HP yang semakin murah dari tahun ke tahun, sehingga terjangkau untuk dibeli semua kalangan masyarakat.

Untuk menjalankan fungsinya dengan lancar smartphone dibekali sebuah operting sistem seperti halnya komputer. Jadi sebuah hp jaman sekarang bisa dikatakan sebagai sebuah komputer mini. Operating sistem pada sebuah hp tidaklah seberagam operating sistem dalam komputer. Ada 2 OS yang paling umum dikenal oleh masyarakat yaitu IOS dari perusahaan Apple dan Android dari perusahaan Google.

Solusi HP Android Sering Restart Sendiri

Sebagai OS gratis dan paling banyak digunakan Android memang bukanlah os yang sempurna. Hal tersebut terus diperbaiki oleh google dengan menerbitkan update secara berkala. Tetapi dengan alasan menekan biaya produksi sebagian vendor smartphone terkesan mengabaikan masalah update ini dan membiarkan smartphone buatan mereka menggunakan os versi lawas dan mengakibatkan banyak bug dimana-mana. Salah satunya ialah hp menjadi sering restart dengan sendirinya disaat kita menggunakannya. Berikut beberapa penyebab dan solusi untuk hpmu jika mengalami masalah restart dengan sendirinya.

File Sistem Rusak

Biasanya hal ini sering terjadi jika kamu suka gonta-ganti ROM hp androidmu. Karena ROM yang kamu install itu bukan merupakan file resmi yang disediakan oleh vendor yang memproduksi hp mu. Maka ada kemungkinan ROM yang kamu install tersebut mempunyai beberapa bug, atau mungkin memang tidak untuk di install pada seri hp mu.

Solusi untuk masalah ini tidak lain dan tidak bukan hanya dengan melakukan install ulang OS android hpmu, baik melalui recovery maupun di flash langsung menggunakan komputer. Tentu saja data dan file mu akan hilang karena akan ikut tereset saat dilakukan prosedur install ulang. Tapi kamu pastinya sudah mengetahui resiko ini pada saat menginstall OS yang tidak resmi ini kan.

Baca Juga:
1. 9 Fitur Andalan Smartphone Mahal
2. Cara Menjadi Youtuber Gaming dengan Modal HP untuk Pemula

Baterai Bermasalah

Sebagai sumber daya satu-satunya pada sebuah hp, baterai memiliki peranan yang sangat penting. Siapa bilang kerusakan baterai tidak ada hubungannya dengan hp mu yang sering melakukan restart sendiri nya. Baterai seiring berjalannya waktu akan mengalami penurunan performa dan jika terjadi error, maka arus yang dihasilkan oleh sebuah baterai tidak akan stabil dan sering terputus di saat kamu sedang menggunakannya. Apalagi jika kamu termasuk orang yang sering menggunakan hp pada saat dilakukan pengisian daya, tentunya ini akan meningkatkan kemungkinan untuk baterai mu mengalami kerusakan.

Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya sangatlah mudah, tinggal ganti baterai saja bukan?. Tapi ini menjadi merepotkan karena hp keluaran terbaru mengusung desain unibody, dimana casing belakang baterai tidak bisa dilepas begitu saja untuk dilakukan penggantian baterai. Tidak ada cara lain selain membawa baterai mu ke tempat service terdekat. Kecuali kamu mau mengambil resiko untuk melakukan perbaikan sendiri dengan mempertimbangkan biaya service yang lumayan untuk membeli paket data.

Tombol Daya Rusak

Kemungkinan lain yang bisa membuat HP Android mu melakukan restart di saat yang tidak tepat tentu saja terletak di tombol daya. Coba kamu cek apakah tombol daya di hpmu masih normal atau tidak terlihat rusak. Tombol HP yang biasanya masih berupa tombol fisik memang jarang sekali ditemukan kasus rusaknya tombol daya ini, tapi bukan tidak mungkin karena hpmu jatuh maupun tersenggol benda keras lainnya.

Habis Terendam Air

Hal yang paling ditakutkan oleh semua perangkat elektronik ialah air. Jadi jangan menggunakan hp mu disaat kamu berenag ya gaess. Mungkin pada jaman sekarang sudah banyak beredar hp – hp yang di klaim memiliki sertifikasi khusus yang membuatnya layak untuk memiliki gelar tahan air. Tetapi kamu tidak bisa seenaknya langsung mencelupkan hp mu kedalam air, kalau cuma restart saja mungking masih ada kemungkinan bisa tertolong daripada tidak bisa dihidupkan sama sekali. Perlu kamu ingat juga untuk masalah hp terkena air tidak bisa kamu ajukan garansi juga lho gaess.

Untuk mengatasi masalah ini menurut pengalaman kami bisa dengan menimbun hp tersebut selama beberapa hari ke dalam beras, meskipun belum diuji secara klinis dan banyak dianggap sebagai mitos tidak ada salahnya untuk dicoba.

Jika kamu memiliki pendapat dan solusi lain dalam menghadapi HP Android yang sering restart sendiri, silahkan tulis di kolom komentar ya 🙂

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *