5 Cara Cepat Mencari dan Download driver yang sesuai dengan Laptopmu

Laptop sudah menjadi device wajib jika kamu berkerja di sebuah kantor ataupun perusahaan, bahkan sekarang penggunaan laptop juga sudah diharuskan di sekolah sekolah. Karena peran device satu ini sangat penting tentunya kamu tidak mau terjadi error pada laptop kesanganmu. Tetapi namanya juga barang buatan manusia pasti tidak akan terlepas dari error dan hal semacamnya.

Mencari dan Download Driver Laptop

Driver yang error lumayan unum terjadi pada sebuah Operating sistem apalagi windows. Hal ini bisa saja disebabkan oleh kamu yang sembarangan mengistall software yang tidak jelas asal-usulnya atau kamu baru saja melakukan update windows tetapi gagal di tengah jalan. Proses update yang tidak sempura ini bisa mengakibatkan adanya file driver yang terhapus dan tidak sempat diganti dengan file yang baru oleh sistem update. Nah, berikut cara – cara yang bisa kamu ikut untuk mencari driver yang tepat untuk laptopmu:

1) Dari DVD yang disertakan pada Box Penjualan

Saat kamu membeli sebuah laptop biasanya kamu akan mendapatkan sebuah DVD yang berisi software dan driver bawaan laptop kamu lho gaess. Coba kamu buka kembali box laptopmu siapa tahu ada DVD yang terselip di antara buku panduan dan kertas garansi. Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan tidak perlu repot lagi download drivernya satu satu dan belum tentu cocok.

2) Gunakan Windows Update

Kamu pasti sudah tidak asing dengan fitur yang satu ini. Yap, fitur yang biasanya akan memaksa kamu untuk merestart laptop dan mengunggu lama agar laptopmu bisa kembali digunakan. Selain digunakan untuk keperluan update windows agar lebih stabil dan aman. Ternyata dengan menggunakan fitur ini kamu bisa dengan mudah menemukan driver yang cocok untuk laptopmu. Canggih bukan?

Caranya cukup masuk ke ke menu device manager lalu cari driver yang kamu maksud. Biasnya akan ada tanda tanya atau tanda seru pada device yang belum mempunyai driver. Lalu klik kanan pada device tersebut, lalu klik update driver kemudian klik pilihan “Search automatically for updated driver software” maka secara otomatis laptop akan mencari driver yang cocok di internet. Pastikan laptopmu tersambung ke internet untuk menggunakan cara ini.

Baca Juga:
1. Mengenali Perbedaan Hardisk Eksternal Asli dan Palsu
2. Tips Memilih Laptop yang tepat di tahun 2020

3) Cari di Website Vendor Laptop

Para pembuat laptop tidak akan menelantarkan produknya begitu saja setelah mereka menjual laptop ke kamu gaess. Inilah yang dinamakan pelayan aftersales. Mereka masih menyediakan support dan garansi untuk produk yang kamu beli, agar kamu tidak pindah ke lain hati :). Di website resmi mereka kamu juga bisa menemukan driver yang memang disediakan secara spesifik untuk laptop kamu. Caranya sangat mudah kamu hanya perlu membuka website sesuai merk laptop kamu dan menuliskan serinya disini:

Laptop Asus : Asus Download Center
Laptop Acer : Acer Support
Laptop MSI : MSI Support Center
Laptop Dell : Dell Driver
Laptop HP : HP Support dan Driver

4) Gunakan Hardware ID

Cara ini memerlukan sedikit usaha untuk dilakukan dan membutuhkan internet. So, pastikan laptopmu tersambung internet ya. Caranya kamu masuk ke device manager seperti pada cara nomor dua diatas tetapi kamu jangan pilih update driver. Lakukan klik kanan pada device yang memiliki tanda tanya lalu klik properties kemudian masuk ke tab detail pada dropdown pilih hardware id. Lalu akan muncul hardware id dari device yang kamu pilih. Kamu tinggal melakukan copy dan pastekan di google search ya gaess.

5) Menggunakan OS Windows 10

Laptop yang menggunakan windows 10 pada bawaan penjualan atau mendapatkan windows 10 original. Bisa dengan mudah mengembalikkan driver yang hilang karena error atau kamu baru saja melakukan install ulang. Karena biasanya para vendor sudah menyiapkan drive recovery yang cara penggunaannya bisa kamu lihat pada buku panduan laptopmu gaess.

Penutup

Bagaimana gaess gampang kan cara mencari driver untuk laptop kalian. Dengan hanya sedikit usaha kalian bisa dengan mudah mendapatkan driver yang sesuai. Jika kalian mempunyai cara lain, silahkan tulis di kolom komentar ya.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *