Cara Mudah Menggunakan DualShock 4 di Windows 10

Bermain game menggunakan PC atau laptop memang bukanlah suatu keharusan. Meskipun begitu disaat kita bosan pada suatu saat kita perlu untuk mengusir kebosanan tersebut. Menggunakan PC untuk bermain game kita bisa menggunakan keyboard dan mouse untuk kebutuhan tersebut. Tetapi kalau kita ingin memainkan sebuah game arcade yang membutuhkan input yang cepat dan presisi, rasanya kita memerlukan suatu alat untuk hal tersebut.

Dualshock 4 di Windows 10

Controller merupakan jawaban untuk semua masalah tersebut. Selain agar keyboard dan mouse kita awet karena kelakukan bermain game kita yang sedikit bar-bar. Kita bisa menggunakan dua buah controller untuk kebutuhan multiplayer seperti bermain game bola dan game fighting.

Dualshock 4 merupakan sebuah controller buatan Sony Playstation. Angka 4 pada nama Dualshock menandakan kalau ini dibuat untuk PS4. Meskipun desian awalnya merupakan sebuah controller untuk PS4, ternyata controller ini juga bisa digunakan juga untuk PC secara Plug and Play. Berikut beberapa metode untuk menyambungkan Dualshock 4 di Windows 10 dan program tambahan agar memaksimalkan pengalaman bermainmu:

Cara Koneksi Dualshock 4 di Windows 10

Menggunakan Kabel Micro Usb

Yap. Kamu bisa langsung menggunakan sebuah kabel micro USB untuk menyambungkannya. Tidak perlu menggunakan driver khusus maupun membeli device tambahan lainnya. Tidak ada cara khusus dalam hal ini cukup ambil kabel charger Dualshock 4 mu kemudian colokkan ujung kabel ke Controller dan ujung satunya ke PC. Mudah bukan?

Menggunakan Bluetooth

Tombol Pairing Dualshock 4
Pairing Dualshock 4

Cara yang kedua adalah menggunakan koneksi Bluetooth untuk menyambungkannya ke PC / Laptopmu. Untuk PC tentunya kamu harus menggunakan adapter bluetooth tambahan, karena biasanya sebuah PC tidak dilengkapi bluetooth pada paket penjualannya. Kalau untuk Laptop tinggal langsung gas saja. Secara garis besar cara pairing Dualshock 4 sama seperti device bluetooth yang lain, hanya saja pada dualshock 4 kalau dinyalakan seperti biasa akan mencari device PS4. Kamu harus menekan tombol share dan tombol PS secara bersamaan selama kurang lebih 5 detik. Maka lighbar dualshock kamu akan berkedip lebih cepat dari biasanya, lalu tinggal add device pada PC/Laptop kamu. Dualshock 4 akan terbaca dengan nama “Wireless Controller”. Untuk masalah driver kamu tidak perlu khawatir, karena mulai dari windows 7 keatas sudah disertakan driver bawaan.

Program DS4Windows

Langkah Instalasi

Instalasi DS4Windows
  • Download DS4Windows disini (pilih versi paling baru berformat.zip)
  • Lakukan ekstraksi pada file yang sudah kamu download
  • Buka File DS4Windows.exe
  • Muncul pilhan dimana kamu akan menginstall DS4Windows
  • Pilih Program Folder jika kamu ingin menggunakannya secara portable, Pilih Appdata jika kamu ingin menginstall seperti program pada umumnya.
  • Kemudian akan muncul jendela “welcome to ds4windows”
  • pilih Step 1 Install Driver
  • Lalu koneksikan DS4 ke windows menggunakan kabel maupun bluetooth
  • Klik Finish
  • Sekarang saat kamu mengkoneksikan DS4 kamu kamu akan muncul di list pada window DS4Windows
    • (Optional) Masuk ke setting centang Hide DS4 controller jika DS4 tidak terdeteksi oleh game yang kamu mainkan

Penutup

Selain menggunakan keyboard dan mouse, kita bisa menggunakan controller untuk bermain game di Windows 10. Selain agar keyboard dan mouse kita awet, kita juga bisa bermain game multiplayer dengan menggunakan controller. Dualshock 4 sangat mudah disambungkan ke PC tanpa memerlukan alat tambahan, berbeda dengan Dualshock generasi sebelumnya. Jika kamu mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan lain, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di bawah. Akhir kata have a nice day 🙂

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *