Aman dari Virus di Windows 10 Tanpa Antivirus

Semua orang tidak ingin komputernya terkena sebuah virus. Selain karena virus tersebut menganggu pekerjaan, sebuah virus bisa merusak sistem komputer dan menghilangkan file – file penting yang kita simpan di dalam komputer. Bahkan ada virus yang dengan sengaja melakukan enkripsi pada file dan meminta tebusan pada korbannya agar file tersebut bisa dibuka kembali.

Virus pada suatu komputer diambil dari istilah sama di dunia nyata yang membedakan hanya tempatnya saja. Virus ada yang bersifat iklan sampai bersifat merusak dibuat oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Untuk mengatasi hal ini para ahli komputer membuat sebuah program yang dinamakan antivirus. Antivirus ada yang gratis dan ada yang berbayar, biasanya fitur antivirus gratisan akan lebih terbatas daripada versi berbayar. Tetapi kelemahan terbesar antivirus adalah menggunakan sumber daya komputer yang cukup besar, karena setiap saat melakukan pengecekan terhadap file-file yang mencurigakan secara real-time.

Aman dari virus tanpa antivirus

Untuk kamu yang menggunakan komputer/laptop dengan spek kentang menggunakan antivirus merupakan suatu masalah besar. Apalagi software – software lain juga membutuhkan sumber daya yang tidak kecil. Tanpa antivirus komputer memang akan rawan terkena virus, tetapi jika kamu tidak sembarangan dalam menggunakan komputer dan berselancar di internet kamu bisa aman dari virus. Berikut tips yang bisa kamu ikuti jika kamu ingin komputermu aman dari virus tanpa antivirus :

Selalu Gunakan Software Original

Hal yang harusnya kamu ingat ialah Software Bajakan/Pak Tani = Virus. Persamaan tersebut bukan hanya gertakan atau hisapan jempol semata, karena kita tidak tahu apa saja yang mereka lakukan agar software tersebut bisa digunakan tanpa membayar. Para pembuat software bajakan bisa saja menyusupkan sebuah virus komputer untuk memperoleh keuntungan. Menggunakan produk atau software hasil dari bajakan kamu secara tidak langsung kamu ibarat menerima virus – virus komputer tersebut dengan lapang dada :). So saatnya beralih ke software original gaess. Selain karena aman dari virus, kamu juga menghargai para pembuat software yang sudah bersusah payah membuat software kesukaan kamu tersebut.

Jangan Download Software Sembarangan di Internet

Masih berkaitan dengan pembahasan sebelumnya mengenai produk orginal. Saat kamu mendownload sebuah software bajakan biasanya kamu akan menemukan tautan yang berantai dan berputar – putar. Hal itu mereka lakukan agar mendapat keuntungan dari halaman – halaman yang kamu kunjungi tersebut. Kadang hal ini juga terjadi pada saat kamu ingin mendownload software gratisan kamu diharuskan melewati banyak sekali halaman iklan. Sedikit tips dari kami jika kamu tetap ingin aman dan tidak salah download aplikasi Jangan Klik Tombol yang memiliki ikon besar dan terlihat menarik, karena bisa dipastikan itu merupakan software yang bukan kamu inginkan. Pastikan jangan salah klik

Pastikan OS Windowsmu Terupdate

Meskipun kamu sudah menggunakan OS windows yang original, kamu tidak boleh merasa tenang terlebih dahulu. Lihat terlebih dahulu versi windows kamu dengan cara menuliskan “winver” di kotak pencarian dan pastikan versi windowsmu merupakan versi yang paling terbaru (pada saat artikel ini ditulis versi paling terbaru ialah versi 1909). Cek juga di menu windows update juga tertulis ” You Are Up To date”.

Kamu pasti bertanya – tanya kenapa mempunyai versi windows paling baru merupakan hal yang diwajibkan. Kami tahu proses update windows lumayan memakan waktu yang lumayan lama dan kadang terjadi error. Tapi ini untuk kebaikanmu gaess. Karena para pembuat virus selalu mencari celah keamanan pada suatu OS dan Microsoft selaku pembuat windows akan langsung menambal celah keamanan ini melalui windows update. Lebih baik mencegah daripada mengobati kan.

Baca Juga:
1. 4 Marketplace untuk beli Game PC Original
2. 7 Sistem Operasi Raspberry

Jangan Pakai Wifi Umum Sembarangan

Jaman sekarang kalau ingin internet tinggal hubungkan saja ke wifi, selain gampang kamu tidak perlu mencari – cari kabel lan untuk terhubung ke jaringan. Siapa juga yang menggunakan Lan untuk internetan di warung kopi :). Apalagi laptop keluaran terbaru sudah tidak menyediakan Port Lan lagi. Tetapi semua kemajuan teknologi ini seharusnya tidak membuatmu lengah, karena pada prinsipnya wifi sama dengan lan bedanya cuma wireless saja. Penyebaran virus bisa melalui wifi, meskipun kasusnya jarang tidak ada salahnya kamu berjaga – jaga. Jika ada komputer yang sudah terinfeksi virus maka komputer lain yang terhubung dengan jaringan yang sama akan rawan terinfeksi virus. Selain itu wifi yang terbuka tanpa password bisa dimanfaatkan orang yang tidak bertanggungjawab untuk mencuri info penting mu lho. Jadi pastikan kamu hanya menggunakan wifi yang sudah kamu percaya saja.

Tidak Membuka File Mencurigakan di Flashdisk / Harddisk

Tentu kamu masih ingat virus shortcut yang sempat booming di masa lalu. Ya, virus ini menyalin dirinya dari Flashdisk ke Komputer lain melalui sebuah shortcut yang dibentuk mirip dengan file asli. Untuk menghindari terkena virus semacam ini kamu cukup berhati hati dan usahakan tidak meng-klik birus yang berkedok shortcut itu. Caranya aktifkan centang file name extensions pada menu view di File Explorer. Maka semua file akan terlihat extensinya. Dengan begini kamu bisa mudah membedakan mana virus dan man file yang asli, misal tidak mungkin kan video memiliki extensi .exe.

Jika kamu mempunyai pendapat lain agar komputer aman tanpa antivirus, jangan lupa tulis di komentar ya 🙂

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *