Panduan Lengkap Install Ubuntu Server 20.04 LTS Terbaru

Komputer server adalah sebuah komputer yang digunakan untuk menyimpan data atau file dan mendistribusikannya kepada komputer client pada saat diminta. Komputer server diharuskan untuk menyala terus selama 24 jam dan harus selalu online. Karena fungsinya sebagai pusat data, komputer server menggunakan spesifikasi diatas komputer normal pada umunya.

Server yang menyala terus selama 24 jam menghasilkan panas yang tidak biasa dan membutuhkan ruang khusus agar tetap bisa bekerja dengan normal. Operating sistem pada komputer server berbeda dengan komputer biasa, karena server memerlukan perlakuan dan pengaman khusus untuk menjamin keamanan data di dalamnya.

Install Server

Sistem operasi ada bermacam – macam mulai dari yang gratis sampai berbayar. Ubuntu server merupakan salah satu OS yang paling banyak digunakan untuk kebutuhan komputer server. Ubuntu dipilih karena dianggap lebih aman dari virus dan memiliki performa yang lebih kuat daripada OS lain. Pengembangan ubuntu terus dilakukan dan selalu ada update yang tersedia jika ditemukan celah keamanan.

Pada saat artikel ini ditulis ubuntu server sudah mencapai versi 20.04 LTS. LTS adalah kepanjangan dari Long Term Service, dengan kata lain kamu akan mendapat update selama 5 tahun penuh sebelum disarankan untuk melakukan upgrade ke versi yang lebih tinggi.

Menggunakan versi LTS sangat disarankan karena jika kita mengupgrade OS, akan ada aplikasi yang tidak kompatibel dengan versi terbaru. Itu akan membuatmu untuk melakukan konfigurasi ulang dan hal ribet lainnya. Untuk itu kamu sebaiknya menginstall versi LTS nya saja. Yuk, simak disini cara install ubuntu server.

Tutorial Instalasi Ubuntu Server

Hal yang Perlu Dipersiapkan

Sebelum memulai ke langkah instalasi, kamu harus menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Karena melakukan sesuatu tanpa persiapan tidak akan berakhir dengan baik.

File installer

Tentu saja hal yang perlu kamu persiapkan pertama kali adalah file instalasi dari ubuntu server. Bagiamana kamu bisa menginstall ubuntu server jika tidak mempunyai file instalasi yang dibutuhkan.

Unduh file instalasi terbaru untuk ubuntu server di
https://ubuntu.com/download/server
*Jika kamu berminat untuk mengunduh versi lain, coba cek
https://ubuntu.com/download/alternative-downloads

Media Instalasi

Setelah kamu mengunduh file instalasi, langkah selanjutnya adalah menyiapkan file instalasi tersebut agar bisa siap digunakan atau di install pada komputer tujuan. Kamu bisa menggunakan media seperti DVD atau USB Flashdisk sebagai media instalasi ubuntu server. Pastikan USB Flashdisk tersebut sedang kosong dan tidak terisi data sama sekali, karena saat proses pembuatan media instalasi, USB tersebut akan diformat.

Lakukan burn pada DVD menggunakan software seperti rufus untuk memudahkanmu dalam membuat media instalasi. Lakukan hal yang sama jika kamu ingin menggunakan USB Flashdisk sebagai media instalasi. Lama waktu pembuatan media instalasi bervariasi tergantung spesifikasi komputermu, tetapi biasanya tidak lebih dari 15 menit.

Komputer Untuk Instalasi

Spesifikasi komputer yang dibutuhkan untuk menginstall ubuntu server sangatlah ringan dan tidak membutuhkan spesifikasi komputer dewa. Hal ini karena ubuntu server hanya menyediakan tampilan CLI saja (Command Line Interface). Yap, kamu tidak akan menemukan tampilan dekstop layaknya windows disini, hanya akan ada command prompt untuk mengatur semua setting yang tersedia.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan DVD atau USB Flashdisk tersebut ke dalam komputer tujuan untuk memulai melakukan instalasi. Pada komputer tertentu akan memerlukan beberapa setting yang harus kamu lakukan sebelum bisa melakukan instalasi. Setting tersebut ialah mengatur boot order dan mematikan secure boot jika diperlukan.

Langkah Instalasi

Berikut langkah instalasi beserta screenshot yang akan membantumu untuk menginstall ubuntu server. Kami menggunakan virtualbox untuk kebutuhan demo kali ini, tetapi seharusnya tidak ada perubahan signifikan dengan saat kamu mencoba menginstall pada komputer server biasa. Karena berbasis CLI kamu akan banyak menggunakan keyboard untuk melakukan instalasi dan tidak menggunakan mouse sama sekali.

Setelah kamu melakukan semua langkah sebelumnya, kamu akan dihadapkan dengan tampilan pilihan bahasa seperti tampilan dibawah. Karena tidak tersedia bahasa indonesia pilih bahasa inggris untuk melanjutkan.

Baca Juga:

Pilih Bahasa

Selanjutnya akan ada pengaturan untuk mengatur layout pada keyboard. Tidak perlu mengubah apa yang sudah ada, pilih done untuk melanjutkan.

Layout Keyboard

Disini kamu akan menemui pengaturan untuk LAN card maupun wifi adapter. Pada versi ubuntu server terbaru mendukung fitur bond connection yang akan mempercepat koneksi pada server (prinsipnya sama dengan bridge connection windows). Jika pengaturan sudah benar pilih done untuk melanjutkan.

Network Setting

Jika jaringanmu membutuhkan proxy untuk terhubung ke internet, kamu bisa mengaturnya disini. Jika tidak, langsung klik done.

Proxy Setting

Kamu bisa melakukan pengaturan mirror disini. Mirror adalah server update yang digunakan oleh ubuntu untuk melakukan update dan install aplikasi. Jadi jika kamu ingin koneksi yang cepat dan stabil, gunakan mirror dari server yang berlokasi di indonesia.

Ubuntu Mirror

Selanjutnya kamu bisa mengatur harddisk yang akan dilakukan instalasi dari file ubuntu server. Pilih pengaturan default agar lebih gampang.

Storage Configuration

Disini akan menampilkan perubahan apa saja yang akan terjadi pada harddisk sebelum melakukan install.

Storage Configuration 2

Kamu akan diminta untuk konfirmasi proses instalasi. Klik continue untuk melanjutkan.

Storage Configuration 3

Kamu bisa mengatur user admin dari server nantinya. Masukkan nama, nama server, username dan password sesuai keinginanmu.

Profile Config

Jika kamu ingin mengatur koneksi melalui SSH sekarang silahkan centang pada pilihan Install OpenSSH server. Jika tidak atau kamu ingin mengaturnya nanti saat proses install sudah selesai, langsung pilih done

Setting SSH

Akan muncul beberapa addon yang bisa kamu install sekarang, pilih done untuk melanjutkan.

Setting Fitur

Proses instalasi akan dimulai, pada tahap ini kamu hanya perlu menunggu sambil ngemil juga boleh.

Proses Install

Proses instalasi telah selesai, keluarkan media instalasi baik DVD maupun USB flashdisk. Kemudian pilih reboot untuk melakukan restart pada komputer.

Proses Selesai

Setelah komputer reboot kamu akan menemui tampilan login ubuntu, tanda jika semua proses sudah berhasil selesai dengan sempurna. Kamu bisa langsung login menggunakan user dan password yang kamu atur pada saat menginstall tadi.

Halaman Awal

Menginstall Ubuntu Server pada Raspberry Pi 2, 3, 4

Ubuntu server juga bisa diinstall pada raspberry pi lho. Versi yang mendukung adalah raspi ver 2,3,4. Menginstall ubuntu server pada raspi adalah hal yang menguntungkan karena akan menghasilkan server yang hemat daya dan bisa dipindahkan kapanpun. Tetapi kamu jangan mengharapkan performanya bisa sama dengan versi server desktop.

Langkah instalasinya kurang lebih sama dengan cara install pada versi normal. Kamu tidak bisa menggunakan file instalasi untuk komputer pada raspi, unduh file instalasi khusus raspi disini.
https://ubuntu.com/download/raspberry-pi

Setelah kamu melakukan download pada file diatas, kamu bisa melanjutkan instalasi yang prosesnya kurang lebih sama. Bedanya kamu menggunakan kartu micro SD sebagai media instalasi.

Penutup

Itulah beberapa langkah untuk melakukan instalasi ubuntu server pada komputer server. Menginstall ubuntu server tidak memerlukan pengaturan yang rumit dan bisa dilakukan oleh pemula sekalipun. Kami harap kamu bisa melakukan instalasi dengan lancar.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *