5 Cara Download dan Memasang Aplikasi di Laptop Windows 10

Aplikasi adalah suatu program yang dibuat untuk membantu dan mempermudah kita dalam menggunakan komputer. Aplikasi bisa berupa tool maupun berupa game untuk dimainkan disaat senggang. Aplikasi biasanya dipaket ke dalam sebuah program installer yang berisi semua file yang dibutuhkan aplikasi dan otomatis mengunduh beberapa program tambahan jika memang dibutuhkan.

Cara Install Aplikasi

Proses memasang aplikasi pada operating sistem windows, bisa dibilang cukup mudah dan sangat user fiendly. Kamu cukup mengklik file installer dan akan dipandu dengan setup wizard yang akan membantumu dalam mengisntall aplikasi. Apalagi dengan fitur store baru yang tersedia pada windows akan sangat memudahkanmu dalam mengisntall aplikasi. Berikut beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk install aplikasi ke dalam windows.

Cara Menginstall Aplikasi pada Windows 10

Melalui Media Instalasi

Cara termudah untuk memasang aplikasi pada sistem operasi windows adalah dengan menggunakan media instalasi yang kamu dapatkan dari penyedia aplikasi. Media aplikasi sendiri bisa berupa dvd maupun flashdisk dengan format .msi maupun .exe. Dalam media instalasi sendiri biasanya juga disediakan file program tambahan yang kamu butuhkan agar aplikasi bisa berjalan lancar. Selain itu juga disediakan manual digital yang akan membantumu dalam menginstall aplikasi.

Menggunakan File Installer dari Internet

Kalau kamu tidak memiliki akses fisik dengan media instalasi, kamu dapat menginstall aplikasi dengan mendownloadnya dari internet. Saat membeli aplikasi maupun mengunduh aplikasi gratis yang tersedia dari internet kamu harus memperhatikan sumber dimana kamu mendownload aplikasi tersebut. Jangan pernah mengunduh apalagi mengisntall aplikasi dari situs web yang tidak bisa dipercaya, karena bisa saja terdapat virus maupun malware yang disisipkan ke dalam aplikasi yang akan kamu unduh tersebut. Hal ini juga berlaku jika kamu ingin mengunduh aplikasi dari situs bajakan.

Baca Juga:

Melalui Microsoft Store

Dimulai dari windows 8, microsoft menyediakan aplikasi sejenis google playstore yang berfungsi kurang lebih sama bernama microsoft store. Dengan menggunakan microsoft store kamu akan menemukan berbagai aplikasi yang bisa kamu download dan install dengan mudah. Aplikasi yang tersedia jenisnya beragam dari yang gratis sampai yang berbayar. Meskipun aplikasi yang tersedia tidak selengkap dengan mengunduh langsung dari internet dan hanya ada aplikasi yang terkenal saja, tetapi dengan segala kemudahan yang kamu dapat tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Mengcopy File Aplikasi

Untuk kamu yang ingin menghemat kuota dan ada salah satu temanmu yang mempunyai aplikasi tersebut, kamu bisa menambahkan aplikasi pada laptopmu cukup dengan melakukan copy paste saja. Tetapi yang perlu diingat kamu harus melakukan copy pasa semua file pada folder instalasi aplikasi. Artinya kamu harus mengcopy satu folder penuh, tidak hanya file executablenya saja apalagi hanya file shorcutnya saja. Karena jika ada file yang penting tertinggal maka bisa dipastikan aplikasi yang baru saja kamu copy tidak akan bisa berjalan. Cara ini sangat efektif jika aplikasi merupakan aplikasi protabel dan bukan aplikasi berskala besar, misal aplikasi download manager.

Menggunakan Emulator

Bagaimana jika kamu ingin menginstall aplikasi yang memang bukan dibuat untuk windows, misalnya game pada HP?. Mudah saja, kamu cukup menginstall aplikasi emulator. Aplikasi emulator banyak tersedia di internet dan dapat kamu dapatkan tanpa membayar alias gratis. Kamu bisa mencoba aplikasi bluestack dan nox app player jika game yang kamu inginkan merupakan game android. Tetapi yang perlu diingat aplikasi jenis ini akan sangat membebani sistem dan kamu harus menyiapkan spesifikasi yang lumayan jika ingin aplikasi berjalan dengan lancar.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk install aplikasi ke dalam komputer atau laptopmu. Untuk aplikasi yang berasal dari internet kami sarankan untuk melakukan scan terlebih dahulu dengan menggunakan aplikasi antivirus agar lebih aman.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *