Jangan Sampe Nyesel!! Backup Data mu Sekarang

Loading...

Data merupakan sebuah file yang kamu simpan di dalam perangkat elektronik baik di laptop, hp dan lain sebagainya. Kumpulan data tersebut bisa saja lebih berharga daripada device atau perangkat yang menyimpan data itu sendiri. Biasanya, data yang berharga bersifat pribadi dan rahasia, maka dari itu sangat penting untuk melakukan pengamanan atas data tersebut agar tidak mudah diakses oleh orang yang tidak inginkan.

Backup data
Loading...

Dalam perkembangannya, tempat penyimpanan data semakin lama memiliki kapasitas yang semakin besar dengan bentuk yang semakin kecil dan lebih flexsibel. Kamu bahkan bisa melakukan akses terhadap data dimana saja dan kapan saja melalui cloud storage. Agar bisa menikmati fitur tersebut kamu diharuskan untuk melakukan backup data terlebih dahulu. Simak penjelasan berikut…

Pentingnya untuk melakukan Backup Data

Apakah Backup Itu?

Seperti namanya, istilah backup sendiri merupakan kegiatan yang membuat salinan terhadap file yang menurutmu berharga di tempat lain. Dengan melakukan backup kamu tidak akan kebingunan jika terjadi seuatu yang tidak dinginkan. Misalnya, kamu memiliki file foto dan video yang di simpan di memori HP, agar file tersebut tidak hilang atau tidak sengaja terhapus lakukan copy file tersebut ke komputer atau memori eksternal HP. Nah, file hasil dari proses copy ini akan menjadi data cadangan di saat kamu memerlukannya, jadi kamu tidak perlu khawatir lagi jika suatu saat file aslinya hilang.

Loading...

Kenapa Harus Melakukan Backup?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, setelah kamu melakukan backup kamu akan mempunyai salinan terhadap berkas pribadi kamu dan ini merupakan cadangan, jika file asli rusak atau hilang. Penting tidaknya untuk melakukan backup tergantung bagaimana cara kamu menyimpan dan seberapa penting file tersebut. Misalnya, saja kamu mempunyai sebuah file audio yang baru saja kamu dapatkan dari mengunduh di internet, kamu tidak perlu melakukan backup karena nanti bisa mengunduh ulang jika file tersebut hilang. Lain halnya jika berkas tersebut merupakan hasil rekaman pribadi atau dokumen yang sangat penting.

Kapan Melakukan Backup

Sebenarnya tidak ada waktu yang pasti untuk melakukan backup, karena semuanya kembali pada kebutuhan masing masing. Kami menyarankan untuk melakukannya minimal 3 bulan sekali atau saat kamu memiliki file yang banyak dan penting secara bersamaan. Semakin cepat perputaran berkas (proses hapus dan tulis) yang terjadi pada perangkat yang kamu gunakan, maka kami merekomendasikan untuk semakin sering melakukan backup.

Baca Juga:

Loading...

Cara untuk Melakukan Backup Data

Copy di HDD / SSD

Cara paling wajar dan paling umum untuk dilakukan adalah dengan membuat salinan dari data. Kamu bisa mulai melakukan backup dengan melakukan penyalinan file dari perangkat ke dalam hardisk. Kami sebenarnya lebih merekomendasikan untuk menggunakan SSD karena lebih awet dibandingkan menggunakan HDD biasa. Meskipun begitu, jika kamu merasa untuk membeli harddsik masih terlalu mahal, kamu bisa menggunakan Harddisk internal berukuran 3,5 inc dan menaruhnya di Case External.

Selain menggunakan penyimpanan besar seperti harddisk dan SSD kamu juga bisa mempertimbangkan menggunakan kartu memori cadangan atau sebuah Flashdisk OTG. Flashdisk jenis ini akan membantumu dalam memindahkan data dengan mudah dari HP ke perangkat lain yang kompatibel. Tetapi, penyimpanan jenis ini akan lebih rawan untuk hilang karena bentuknya yang cukup kecil, jadi kamu harus menyimpannya dengan lebih hati – hati.

Simpan di Cloud

Loading...

Alternatif lain yang bisa kamu lakukan, selain menyalin data ke penyimpanan yang lebih besar adalah dengan menyimpannya ke cloud. Cloud storage merupakan sebuah layanan yang memungkinkan kamu untuk menyimpan data di internet dan bisa diakses kapanpun dimanapun. Karena kemudahannya cloud storage mulai populer dan banyak digunakan oleh banyak orang, contohnya adalah google drive.

Loading...

Selain google banyak perusahaan lain yang menyediakan layanan ini salah satunya adalah One drive milik microsoft. Karena bentuknya merupakan jasa, layanan ini akan membuatmu untuk membayar biaya langganan untuk menyimpan file di server mereka. Untuk penggunaan gratis, kamu akan dibatasi baik fitur maupun besar maksimal kapasitas file yang bisa kamu simpan.

Penutup

Yap, seperti itulah kira – kira gambaran betapa pentingnya untuk melakukan backup pada data berharga kita. Setelah melakukan backup data jangan kesampingkan masalah keamaannya juga ya. Kamu tidak mau kan data yang sudah kamu backup diakses oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Terimakasih sudah mengunjungi blog kami.

Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *