Cara Memperkecil Ukuran File Foto di Hp Tanpa Ribet

Loading...

Kemampuan dalam menangkap gambar sebuah smartphone di jaman sekarang sudah tidak perlu diragukan lagi. Seperti namanya, HP sekarang bukan hanya sebagai alat komunikasi, tetapi sudah bertransformasi menjadi perangkat elektronik yang multifungsi. Semakin lama fitur HP semakin bertambah dan bentuknya yang ringkas membuat smartphone semakin banyak digemari. Mari kita lihat beberapa tahun yang lalu kita masih membawa kamera, mp3 player, dan hp sebagai device terpisah dan sekarang kamu bisa menemukan semua di satu device saja.

Dengan adanya smartphone, kita tidak perlu lagi membawa semua device tersebut secara terpisah dan cukup membawa satu devica saja. Untuk urusan foto sendiri, sebuah kamera smartphone flagship bahkan bisa mengimbangi kualitas jepretan lensa pada sebuah kamera professional. Meskipun begitu, ada masalah lain saat kita menggunakan smartphone untuk menangkap gambar, yaitu ukuran file dari hasil jepretan kamera HP cukup besar. Berbeda dengan HP 3-5 tahun yang lalu yang masih berkisar beberapa kb saja, ukuran hasil foto HP sekarang rata rata 5 mb ke atas untuk satu foto saja.

Mengecilkan Foto
Loading...

Mungkin ukuran file ini tidak terlalu masalah kalau kita hanya menyimpannya saja untuk koleksi pribadi, yang menjadi masalah adalah pada saat kita membutuhkan foto yang memang berukuran kecil. Pada beberapa situs misalnya situs prakerja, yang mewajibkan pengguna untuk melakukan upload foto saat mendaftar mensyaratkan foto yang berukuran tidak lebih dari 2 mb agar bisa diterima. Kalau sudah begini mau tidak mau kita harus mengecilkan foto agar sesuai dengan syarat tersebut. Nah, begini cara untuk mengecilkan ukuran foto.

Loading...

Cara Mudah Mengecilkan File Size Foto di HP

Sesuaikan Setting Kamera pada Ponsel

Langkah pertama, yang wajib kamu coba adalah menurunkan kualitas foto dari hasil jepretan HP. Smartphone sekarang mendukung hasil resolusi foto sampai 108 mp, dengan ukuran resolusi maka berbanding lurus dengan ukuran foto yang semakin besar. Maka kamu perlu menurunkannya, kalau perlu sampai resolusi terkecil yang kamu bisa agar mendapatkan ukuran file sesuai dengan keinginan.

Caranya, tinggal buka setting pada saat membuka aplikasi kamera, lalu cari kalimat pengaturan yang berhubungan dengan resolusi foto. Kalau masih belum ketemu cari kalimat pengaturan yang berkaitan dengan kualitas foto, ganti pengaturan ke tingkat paling rendah. Tenang saja kualitas rendah pada HP jaman sekarang bukan berarti gambar menjadi sangat jelek dan tidak terlihat sama sekali.

Download Aplikasi Foto Editor

Kalau kamu sudah terlanjur melakukan jepretan foto dan ukuran filenya cukup besar, atau file yang ingin kamu unggah memang sudah ada sebelumnya dan tidak mungkin untuk difoto kembali. Kamu bisa mengecilkan file foto tersebut dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu unduh dengan mudah di PlayStore atau AppStore. Gunakan saja, aplikasi tersebut untuk mengolah kembali foto agar ukurannya menjadi kecil.

Loading...
Adobe Photoshop Express

Di sini kami mencontohkan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop Express yang bisa kamu unduh secara gratis, silahkan menggunakan aplikasi foto editor lain yang sudah terbiasa kamu gunakan. Caranya kamu cukup buka aplikasi lalu pilih foto yang ingin kamu perkecil ukurannya, lalu tanpa perlu melakukan editing tap tombol share di kanan atas, pada ukuran ke arah kiri lalu pilih simpan ke galeri. Kalau memang ukuran foto belum sesuai dengan keinginan kamu bisa mengatur presentasi kualitas foto, tetapi sesuai namanya kualitas foto akan berkurang.

Baca Juga:

Menggunakan Whatsapp

Kalau kamu tidak mau ribet menggunakan aplikasi dan mempunyai koneksi internet. Gunakan saja aplikasi media sosial favoritmu, misalnya saja whastapp. Caranya sangat mudah kamu hanya perlu melakukan share foto seperti yang biasa kamu lakukan dan minta temanmu untuk mengirimkan kembali foto tersebut. Aplikasi seperti whatsapp akan secara otomatis melakukan kompresi terhadap gambar dan membuatnya kecil dengan sedikit mengorbankan kualitas foto.

Loading...
Whastapp
Loading...

Selain Whatsapp, kamu juga bisa menggunakan aplikasi media sosial lain seperti Facebook kalau kamu tidak ingin foto tersebut dilihat oleh orang lain. Upload foto di Facebook sebagai foto private dan unduh kembali file tersebut untuk mendapatkan file gambar dengan ukuran yang sudah lebih kecil dari sebelumnya. Gampang bukan?

Cara Screenshot

Cara lain yang paling gampang untuk dilakukan guna mengecilkan ukuran foto yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan tangkapan layar (screenshot). Untuk melakukan screenshot bervariasi untuk setiap merk dan tipe HP, ada yang menggunakan kombinasi tombol volume down + tombol power, ada yang hanya perlu melakukan swipe 3 jari ke arah bawah, kamu hanya perlu mencobanya. Kamu pasti sering melakukan tangkapan layar HP dan membagikannya kepada teman, nah biasanya hasil dari screenshot ini memiliki ukuran file yang kecil.

Maka dari itu, buka file foto yang ingin kamu kecilkan ukurannya lalu setelah gambar dirasa cukup terlihat jelas pada layar, lakukan screenshot pada gambar tersebut. Hasil dari screenshot biasanya akan tersimpan secara otomatis di album tersendiri, kamu juga bisa mengaksesnya secara langsung melalui galeri.

Loading...

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan ukuran file foto agar bisa digunakan dan diupload ke situs web tempat kamu ingin mendaftar. Kamu hanya perlu memilih dari sekian cara yang kami jelaskan dan menggunakan cara yang paling mudah menurut kamu. Kalau kamu memiliki cara lain silahkan tulis komentar dibawah. Terimakasih sudah mengunjungi blog kami.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *