7 Tips Membuat Password yang Aman, Dijamin Anti Bobol

Loading...

Password atau kata sandi merupakan sebuah kombinasi kata dan karakter unik lainnya yang digunakan untuk mengakses sebuah akun. Biasanya, password digunakan bersama dengan sebuah username atau email agar bisa untuk login. Password menjadi sangat penting karena sifatnya yang sangat krusial dan sangat dibutuhkan untuk membuka semua hal yang ada di internet, misalnya saja akun media sosialmu.

Password Aman
Loading...

Akhir – akhir ini, banyak orang mengeluhkan kalau akun mereka dibajak dan password mereka diganti oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini biasanya, diakibatkan oleh kebiasaan pengguna menggunakan kombinasi password yang umum dan mudah ditebak sehingga mengakibatkan pihak ke 3 bisa dengan mudah menebak password mereka. Nah, begini caranya untuk membuat password yang aman dan tetap mudah diingat.

Cara Membuat Password yang Kuat dan Aman Tapi Gampang Diingat

1. Jangan Pakai Kata Sandi yang Umum

Kesalahan yang banyak dilakukan orang adalah menggunakan password yang terlalu umum dan mudah untuk ditebak. Misalnya saja seperti urutan pada keyboard qwerty, urutan angka 123456 dan lain sebagainya. Kombinasi password seperti itulah yang bisa dengan mudah ditebak dan tidak memenuhi kriteria password yang aman.

Loading...

Kamu boleh saja menggunakan kombinasi password tersebut kalau memang hanya ingin sekadar masuk ke dalam sebuah situs dan tidak berniat untuk kembali lagi. Tetapi kalau kamu menggunakan password untuk menyimpan informasimu yang berharga, kami sarankan untuk segera menggantinya.

2. Jangan Gunakan Informasi Pribadi

Menggunakan informasi pribadi seperti kombinasi tanggal lahir, nama, nomor rumah, nomor telepon dan lain sebagainya masih sering digunakan oleh sebagian orang sebagai password. Mungkin kamu merupakan salah satunya, kami sarankan untuk segera menggantinya. Karena menggunakan informasi pribadi sebagai password akan mudah dipecahkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Mungkin memang mudah untuk mengingat password yang menggunakan informasi pribadi, tetapi kami harap jangan terlalu polos dan sedikit dimodifikasi. Misalnya menambahkan tanggal lahirnya diakhir dan awalan password

Loading...

3. Hindari Menggunakan Substitusi Angka

Mungkin memang lebih aman menggunakan password dengan kombinasi angka dan tulisan. Karena dengan menyisipkan angka pada password akan membuat proses untuk memecahkannya menjadi lebih lama. Tetapi kami tidak merekomendasikan untuk menggunakan password informasi pribadi dan mengganti huruf vokalnya menjadi angka.

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya informasi yang digunakan sebagai password akan mudah ditebak meskipun mengganti huruf vokal menjadi angka. Mungkin metode ini hanya akan memperlambat proses bukan untuk menggagalkan proses memecahkan password. Untuk itu kami sarankan untuk menghindari kombinasi password seperti ini.

4. Pakai Password Berbeda di Setiap Akun

Tidak bisa dipungkiri untuk jaman sekarang ada banyak sekali aplikasi atau situs yang mengharuskan kita untuk mendaftar agar bisa digunakan. Nah, kebanyakan orang selalu menggunakan kombinasi password yang sama untuk semua akun yang telah ia daftarkan. Kalau salah satu situs tempat kamu mendaftar terjadi sebuah pencurian data maka semua akunmu yang menggunakan password yang sama akan ikut terancam keamanannya.

Loading...

Maka dari itu usahakan untuk selalu menggunakan password yang berbeda di setiap situs yang kamu daftar, atau kamu bisa melakukan penggantian secara berkala misal setiap 6 bulan sekali. Mungkin kita akan sedikit kesulitan untuk mengingat semua kombinasi password tersebut, tetapi masih lebih baik daripada menggunakan password yang sama di semua tempat.

Baca Juga:

5. Semakin Panjang Semakin Baik

Rekomendasi password minimal adalah 8 karakter, tetapi tidak ada salahnya untuk menggunakan password yang lebih dari itu. Dengan menggunakan kombinasi password yang panjang akan membuat password kita lebih sulit untuk ditebak dan membuat proses pemecahan password menjadi sangat lama. Sebaiknya segera ganti passwordmu jika masih menggunakan kombinasi 6 karakter atau kurang agar lebih aman.

Loading...

6. Gunakan Kombinasi Angka dan Karakter Unik

Loading...

Kombinasi untuk membuat password tidak hanya sebatas angka dan tulisan, kamu bisa menggunakan semua karakter yang bisa diketik oleh keyboard. Misalnya saja karakter [email protected]#$%^& dan masih banyak lagi yang lain. Dengan menggunakan karakter yang tidak umum seperti itu akan membuat passwordmu lebih aman dan sulit ditebak. Bisa juga menggunakan kombinsai huruf besar dan kecil sepanjang didukung oleh situs yang kamu gunakan untuk mendaftar.

Bahkan sekarang sudah banyak situs yang memang mewajibkan untuk menggunakan password dengan kriteria yang sulit ditebak. Tetapi, masih banyak juga yang belum mewajibkan dan tetap mendukung untuk penggunaan kombinasi karakter unik. Nah, sudah saatnya untuk mengganti passwordmu dengan kombinasi karakter agar lebih aman.

7. Bikin yang Susah Tetapi Gampang Diingat

Untuk tips terakhir dari kami adalah gunakan kombinasi password yang susah untuk ditebak tetapi gampang untuk diingat. Kamu bisa menggunakan singkatan yang tidak biasa atau akronim agar passwordmu susah ditebak. Misalnya saja buatlah kalimat “Password ini pasti susah untuk dipecahkan” lalu singkat kalimat tersebut menjadi “Passnipasahunkan”.

Loading...

Akan terlihat seperti kalimat yang acak tetapi sebenarnya tidak susah dan gampang untuk diingat sepanjang kamu masih ingat kalimat sebelum disingkat. Kalau mau lebih aman lagi tinggal tambahkan kombinasi angka dan karakter unik.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan sebagai referensi untuk membuat password yang sangat sulit untuk ditebak. Tetapi yang perlu diingat karena password bersifat rahasia dan penting, kamu jangan sampai memberitahukannya kepada orang yang tidak dikenal. Percuma donk membuat password yang kuat tetapi malah diberikan secara cuma – cuma. Akhir kata, Terimakasih sudah mengunjungi blog kami.

Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *