Cara Mengatasi Keyboard HP Error

Loading...

Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin canggih, penggunaan HP sudah mulai beralih. Awalnya HP hanya dipergunakan untuk keperluan komunikasi, tetapi sekarang sudah mulai berubah menjadi smartphone. Smartphone sendiri tidak hanya bisa melakukan komunikasi seperti layaknya HP melainkan bisa melakukan hal lain juga. Misalnya, saja mendengarkan musik, streaming film dan foto juga bisa dilakukan.

Harga dari sebuah smartphone sendiri cukup beragam, kita bisa mendapatkan smartphone dengan berbagai fiturnya mulai dari kisaran ratusan ribu saja samapai puluhan juta rupiah. Kalau menginginkan fitur yang lebih waw dan kualitas yang lebih bagus, tentunya kamu harus merogoh kocek yang lebih dalam untuk mendapatkannya.

Untuk keperluan navigasi antar menu yang terdapat dalam sebuah smartphone menggunakan interface layar sentuh. Itu juga berlaku untuk mengetik menggunakan smartphone, karena tidak disediakan tombol keyboard fisik seperti jaman dahulu. Kita lebih mengenalnya dengan sebutan On-Screen Keyboard, tetapi yang namanya software tidak selalu berjalan mulus. Terkadang, kita akan menemukan masalah saat menggunakan keyboard ini. Kalau masalah tersebut terjadi, begini cara untuk mengatasinya.

Loading...
keyboard hp error
Loading...

Cara Mengatasi Keyboard HP Xiaomi Error

Lakukan Update Firmware dan Aplikasi di Playstore

Biasanya, masalah keyboard yang sering force close bisa dengan mudah diatasi dengan melakukan update baik firmware dari HP maupun update aplikasi keyboard. Untuk HP keluaran terbaru atau yang masih di support oleh pihak vendor kamu bisa melakukan update firmware secara mudah melalui OTA. Kamu hanya perlu menyiapkan paket data, karena ukuran untuk update firmware biasanya berkisar ratusan MB dan bisa lebih kalau merupakan Update yang meng-upgrade OS.

Kalau setelah update firmware masalah tersebut masih terjadi, mungkin masalahnya terdapat pada aplikasi keyboard itu sendiri. Lakukan update aplikasi keyboard seperti biasanya melalui playstore, karena kalau memang masalah terdapat di aplikasi, pihak developer biasanya akan memperbaiki masalah secepat mungkin dan segera merilis update untuk aplikasi bersangkutan.

Kosongkan Memori HP

Memang HP jaman sekarang mempunyai memori yang tergolong besar dibandingkan jaman dulu. Tetapi, karena fungsinya yang lebih beragam, konsumsi memori dari HP semakin besar pula. Hal ini terkadang membuat kita terlena dan mengakibatkan HP mengalami kekurangan memori. Nah, bisa saja penyebab keyboardmu error adalah habisnya memori HP dan menyebabkan aplikasi keyboard tidak bisa menginstall update untuk mengatasi kemungkinan masalah yang akan terjadi.

Loading...

Maka dari itu, kosongkan memori HP dari berkas berkas yang kiranya sudah tidak digunakan lagi. Kamu bisa memulainya dengan menghapus aplikasi yang sudah lama tidak digunakan. Jika ingin menggunakan aplikasi tersebut, kamu tinggal download kembali di playstore. Aplikasi yang tidak digunakan selain mengurangi kapasitas memori yang tersedia, juga ada yang berjalan di belakang layar sehingga secara tidak langsung mengurangi kapasitas RAM yang tersedia.

Ganti Aplikasi Keyboard

Mungkin yang menyebabkan keyboardmu tidak bisa digunakan dan sering force close adalah aplikasi keyboard itu sendiri yang memiliki bug di dalamnya. Kalau memang tidak terdapat update yang tersedia di playstore, coba ganti aplikasi keyboard tersebut. Kamu bisa mendownload aplikasi keyboard lain di playstore secara gratis dan banyak pilihan didalamnya.

Kami merekomendasikan untuk menggunakan aplikasi Google Keyboard, karena menurut kami aplikasi keyboard tersebut paling simpel dan tidak terdapat iklan di dalamnya. Selain itu GKeyboard merupakan aplikasi yang dibuat langsung oleh google, perusahaan pembuat sistem aplikasi android. Karena dibuat oleh google langsung maka bisa dipastikan Gkeyboard merupakan aplikasi yang rekomended.

Loading...

Baca Juga:

Bersihkan RAM

Untuk saat ini penggunaan RAM (Random Access Memory) pada sebuah smartphone khususnya android belum terlalu efisien. Apalagi, jika saat ini kamu masih menggunakan HP yang memiliki kapasitas RAM 2GB ke bawah, maka kemampuan HP untuk multitasking akan berkurang. Hal ini mengakibatkan aplikasi yang membutuhkan RAM tidak bisa terbuka secara sempurna. Memori RAM pada sebuah HP tidak bisa ditambah kapasitasnya seperti halnya sebuah laptop atau komputer.

Meskipun begitu, kamu masih bisa membatasi atau mengurangi penggunaan RAM yang ada di HP. Caranya cukup dengan buka menu recent apps lalu tap clear, itu akan membersihkan aplikasi yang sedang berjalan dibelakang layar. Bisa juga, menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa diunduh di playstore jika tidak terdapat setting tersebut di HP yang sedang kamu gunakan.

Loading...

Lakukan Restart

Loading...

Cara yang paling simpel dan paling mudah untuk dilakukan, tetapi bisa kamu coba. Metode restart HP kemungkinan bisa mengatasi masalah keyboard error yang sedang kamu alami. Dengan melakukan restart HP sistem akan melakukan refresh saat HP sudah mulai banyak aplikasi yang dibuka dan membuat kinerja HP berat. Selain melakukan restart mungkin bisa dicoba untuk melakukan shutdown dan menghidupkan kembali HP agar sistem kembali fresh setelah seharian digunakan.

Format ke Pengaturan Pabrik

Setelah semua cara diatas sudah kamu lakukan tetapi masalah masih saja terjadi. Jangan panik dan buru – buru untuk membawa HP ke tukang service. Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan HP menjadi seperti sedia kala adalah dengan melakukan reset ke pengaturan pabrik. Tetapi sebelum menggunakan fitur tersebut lakukan backup data terlebih dahulu karena Cara Ini Akan Menghapus Semua Data Dalam HP.

Kenapa sampai harus melakukan reset?. Karena bisa saja masalah yang kamu hadapi sekarang dibebankan oleh file sistem yang rusak dan mengakibatkan keyboard menjadi error. Biasanya, ini terjadi pada HP android yang sudah di Root. Karena sudah di Root maka file – file sistem bisa diubah dan bahkan bisa rusak tanpa sengaja. Kalau reset pabrik tetap tidak mempan kamu bisa mencoba install ulang HP. Cara ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah expert saja.

Loading...

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi keyboard HP yang error dan tidak bisa terbuka. Selain dengan melakukan beberapa penyesuaian pada pengaturan HP, kamu bisa mengganti keyboard yang error tersebut dengan aplikasi keyboard lain yang banyak tersedia di playstore. Terimakasih sudah mengunjungi blog kami.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *