10 Tips Aman Belanja Online

Era sekarang sudah semakin canggih dan orang – orang sudah mulai meninggalkan hal – hal jadul. Sekarang semuanya sudah serba online, mulai dari komunikasi sampai membeli barangpun juga bisa dilakukan secara online yang bisa disebut belanja online. Melalui hal ini kamu tidak perlu repot ke pasar dan kepanasan di jalan hanya untuk membeli barang. Kamu bisa melakukaanya sambil rebahan di kasur dan barang yang kamu inginkan akan langsung sampai ke rumah mu.

Tips Aman Belanja Online

Tapi di balik banyaknya kemudahan tersebut juga terdapat beberapa masalah jika memberi barang melalui online. Kasus paling banyak ialah barang yang kamu terima tidak sesuai dengan ekspetasi dan mempunyai kualitas yang tidak bagus. Kasus penipuan juga marak terjadi belakangan ini. Untuk itu meskipun belanja online itu mudah kamu harus tetap berhati hati.

Cara Berbelanja Online dengan Aman dan Nyaman

1) Jangan Direct Transfer

Satu aturan yang paling penting dan paling utama yang harus kamu perhatikan ialah jangan pernah mau untuk langsung melakukan transfer langsung ke nomer rekening pribadi penjual. Saat kamu melakukan direct transfer sama saja kamu mempercayakan uangmu kepada orang asing tanpa jaminan apapun. Metode ini biasanya sering digunakan untuk melakukan penipuan.

Kamu boleh menggunakan direct transfer kepada penjual atau kenalan yang memang kamu kenal dan bisa dipercaya di dunia nyata. Jadi kamu harus berhati – hati jika ada penjual yang menginstruksikan untuk direct transfer ke rekeningnya.

2) Gunakan Marketplace

Sesuai dengan namanya marketplace merupakan sebuah tempat yang berfungsi untuk mertemukan antara penjual dan pembeli. Bedanya dengan pasar biasa, ini berbentuk digital dan barang yang dijual dikirim melalui jasa kurir. Aplikasi marketplace bisa kamu download ke dalam ponsel melalui playstore maupun appstore tanpa dikenakan biaya sepeserpun.

Kami sangat menyarankan kamu untuk menggunakan layanan ini, karena lebih aman karena tidak perlu mentransfer uang langsung ke rekening penjual. Harga di marketplace sangat bersaing dan kompetitif, kamu juga bisa mendapatkan potongan diskon dan gratis ongkir lho. Jadi tidak ada alasan untuk tidak menggunakan layanan yang satu ini.

Baca Juga :

3) Selalu Baca Deskripsi Produk

Kebanyakan kasus salah paham merupakan kesalahan pembeli yang jarang membaca deskripsi sebuah produk yang dijual. Pembeli sudah terlanjur tergiur dengan gambar dan harga yang miring tanpa membaca keterangan terlebih dahulu. Sementara produk yang dijual belum tentu seperti yang tertulis seperti yang tertulis di judul produk.

Contohnya saja ada yang menjual dengan judul PS4 Pro dengan harga sangat miring dan pada deskripsi produk hanya menyebutkan Boxnya saja. Tentu saja pada saat kamu menerima barang tidak sesuai dengan yang kamu harapkan. Memang pada kasus ini, kesalahan bukan sepenuhnya ada di pihak pembeli melainkan juga ada pada penjual yang nakal dengan menggunakan judul klikbait.

Tetapi yang paling dirugikan masih lebih banyak dari sisi pembeli, meskipun kamu bisa mengajukan refund. Tetap saja kamu akan rugi biaya ongkir untuk refund dan rugi waktu untuk menunggu proses tersebut selesai. Jadi selalu cek deskripsi ya gaess…

4) Gunakan Asuransi

Semua barang yang kamu dapatkan dari belanja online akan dikirim menggunakan jasa pengiriman atau kurir. Dalam satu kali pengiriman barang kamu akan bercampur dengan barang barang dan paket lain yang bentuk dan ukurannya bermacam-macam. Hal ini mengakibatkan paket kamu lebih besar berkemungkinan untuk mengalami kerusakan, apalagi jika paket kamu berisi barang elektronik ataupun barang becah belah yang notabene rentan sekali pecah.

Kalau menggunakan asuransi kamu bisa lebih tenang karena jika barang yang kamu terima rusak bisa di klaim untuk penggantian barang. Meskipun kamu harus membayar biaya tambahan, tetapi masih lebih bagus daripada barang yang baru saja kamu beli tidak bisa digunakan sama sekali.

5) Lakukan Video Unboxing

Masih berkaitan dengan poin diatas, kamu diwajibkan untuk melakukan video unboxing pada saat akan membuka paket kamu yang baru datang. Tenang bukan unboxing seperti para youtuber kok. Cukup lakukan rekaman video semampunya tidak perlu profesional. Hal ini dilakukan guna membuktikan jika terjadi kerusakan pada barang yang kamu beli secara online bukan merupakan kesalahan pemakaian. Lakukan video unboxing untuk barang yang bernilai mahal dan rawan rusak pada saat pengiriman.

6) Lihat Reputasi Toko

Saat memilih barang di marketplace kamu bisa melihat reputasi toko dari penjual barang tersebut. Semakin tinggi reputasi dari toko tersebut maka secara tidak langsung kamu bisa menganggap toko tersebut bagus kinerjanya dalam hal pengemasan, pengiriman maupun respon pada saat ditanya oleh pembeli.

Selain sistem rating ini, pihak marketplace juga menyediakan badge atau lencana untuk toko Official dari brand brand terkenal yang tidak perlu diragukan lagi tingkat keaslian barang dari toko tersebut. Kami menyarankan kamu untuk membeli di toko yang sudah memiliki reputasi daripada di toko yang belum memiliki reputasi meskipun harganya sedikit lebih mahal.

7) Pertimbangkan Ulasan Pembeli Lain

Pengalaman pembeli lain bisa sangat membantu mu dalam menentukan ingin membeli barang di toko yang mana. Ulasan atau testimoni dari pembeli lain bisa kamu lihat dengan simbol bintang disetiap produk yang dijual. Jika kamu tidak ingin dan tidak punya waktu untuk membaca setiap ulasan di produk tersebut, kami sarankan untuk membaca ulasan dari yang terburuk terlebih dahulu. Hal ini akan memberimu gambaran bagaimana nantinya barang yang akan kamu terima.

8) Tulis Alamat dengan Jelas

Pada saat belanja online hal yang paling krusial adalah alamat tujuan. Karena ini menentukan kemana barang yang sudah kamu beli dikirimkan. Kamu tentunya tidak mau barang yang sudah kamu beli nyasar kerumah orang lain. Untuk itu tuliskan alamat rumahmu dengan rinci dan mudah ditemukan agar kurir yang bertugas mengantar barang yang kamu beli ke rumahmu.

9) Ketahui agen kurir terdekat dengan rumah

Kurir biasanya memiliki cabang yang disebut agen di berbagai wilayah dan daerah. Tetapi tidak semua kurir mempunyai cabang yang dekat dengan rumahmu. Maka kamu harus mengetahui dan memilih kurir yang paling dekat dengan rumahmu untuk meminimalisir paket nyasar. Hal ini sangat berguna jika rumahmu tidak berada di pinggir jalan besar dan tidak mempunyai alamat yang rinci. Kamu juga bisa dengan mudah mengambil langsung paket ditempat agen tanpa harus menunggu kurir mengantarkannya ker rumah.

10) Berikan Rating dan Tulis Ulasan Produk

Berkaitan dengan poin yang sudah kami sebutkan sebelumnya, selalu beri rating ke toko dan ulasan pada setiap produk yang kami beli. Tidak perlu ditulis secara rinci dan detail, kamu cukup menuliskan gambaran produk yang kamu terima maupun bagaimana kualitas pelayanan dari toko bersangkutan menurut kamu. Dengan memberi ulasan kamu secara tidak langsung membantu pembeli lain yang ingin membeli barang yang sama dan membantu penjual untuk menaikkan reputasinya.

Penutup

Demikian tips dari kami yang bisa kamu terapkan untuk belanja online agar lebih aman dan barang yang kamu beli sampai tujuan dengan selamat. Jika kamu punya tips lain atau ada hal yang ingin ditanyakan jangan ragu untuk menulis di kolom komentar ya

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *