5 Cara Mudah Menghemat Kouta Data di HP Semua Operator

Kita hidup di dunia yang sudah serba digital, interaksi dengan masyarakat banyak yang sudah serba digital. Menggunakan Internet, jarak bukanlah sebagai halangan di jaman now. Semua orang memiliki HP atau Smartphone yang bisa digunakan untuk membuat hal – hal tersebut bisa terjadi. Untuk menggunakan koneksi internet sebuah HP harus dibekali dengan paket data atau kuota data. Tanpa paket data sebuah Smartphone akan kehilangan fitur-fitur yang membuatnya menjadi “smart”.

Setingan Untuk Hemat Paket Data

Secara tidak langsung kita diwajibkan untuk membeli kuota data agar HP kita bisa berfungsi maksimal. Tentunya kuota data ini tidak bisa didapatkan secara cuma – cuma dan kita harus membelinya dengan harga yang lumayan. Kuota data dijual dengan satuan Volume Based berupa Gigabyte yang artinya jika pemakaian data kita pada saat menggunakan internet sudah melampaui limit, maka internet kita akan terputus dan tidak bisa digunakan.

Tenang saja, kamu tidak perlu kuatir. Kami akan memberikan cara mudah bagaimana menghemat penggunaan kuota di HP mu agar tidak boros dan menguras dompetmu.

Cara Menghemat Kuota Data di Handphone

1) Gunakan WIFI atau Hotspot

Sebuah penemuan yang sangat membantu sekali bagi kehidupan manusia apalagi kita yang fakir kouta. Menggunakan Wifi adalah cara yang paling mudah yang bisa kamu gunakan untuk menghemat kuotamu. Karena pada saat kita terhubung ke internet melalui Wifi maka secara otomatis kita tidak menggunakan paket data sama sekali.

Tetapi kamu juga harus berhati hati agar tidak menggunakan Wifi umum sembarangan apalagi yang tidak ada passwordnya karena alasan keamanan.

2) Jangan Sering Membuka Sosial Media

Kamu pasti biasanya melakukan buka tutup media sosial dan scroll-scroll tanpa henti pada saat kamu sedang tidak ada kerjaan atau sedang waktu luang. Sebaiknya kamu mengurangi kebiasaan ini karena tanpa sadar kita bisa saja menggunakan kuota data yang sangat banyak. Apalagi saat membuka instagram kuota data yang terpakai bisa tidak terkendali karena kita tidak bisa menurunkan kualitas gambar atau video yang tampil di layar.

Baca Juga:

3) Sesuaikan Resolusi Video di Youtube

Platfrom media yang satu ini memang sangatlah terkenal dan banyak konten baru setiap harinya. Nah bagi kamu yang gemar menonton Youtube di manapun kapanpun ada waktu luang. Sebaiknya menurunkan resolusinya ke maksimal 480p karena resolusi yang tinggi di tampilan layar ponsel tidak terlalu ada perbedaan yang signifikan. Resolusi tinggi juga berbanding kurus dengan penggunaan kuota yang semakin tinggi pula.

Opsi lainnya kamu bisa memanfaatkan fitur tonton nanti yang ada di aplikasi Youtube, agar video yang ingin kamu tonton bisa didownload melalui wifi dan kamu dapat menontonnya ditempat yang tidak ada WIFI. Caranya cukup klik ikon download yang ada di bawah video saat kamu terhubung di jaringan WIFI.

4) Matikan Fungsi Pembaruan Otomatis

Pembuat game dan aplikasi yang terinstal di HPmu sangat ingin aplikasinya selalu stabil dan minim bug. Untuk itu mereka perlu melakukan pembaruan secara berkala, bahkan ada yang setiap hari update tergantung urgensi dari bug tersebut. Kamu memang diuntungkan dengan adanya hal ini, tetapi di sisi lain kamu harus mendownload pembaruan yang besarnya lumayan setiap kali update.

Update aplikasi ini tentunya akan membuat kuotamu menjadi boros dan cepat habis. Kamu bisa mengakalinya dengan mematikan update otomatis dan hanya melakukan update saat ada koneksi WIFI saja. Untuk HP Android kamu bisa mematikannya dengan masuk ke PlayStore->Setelan->Pilih Jangan update aplikasi secara otomatis di menu Update aplikasi secara otomatis.

5) Gunakan Mode Hemat Data

Sekarang produsen HP sudah banyak yang mengimplementasikan fitur ini ke HP buatannya. Fungsi fitur ini akan mengkompresi data yang digunakan HP dan menggunakan kuota bisa diminimalisir. Kamu cukup mengaktifkannya di setelan dengan menggunakan pencarian. Browser juga menyediakan fitur ini agar aktifitas berselancar kamu bisa lebih cepat dan hemat data. So, tidak ada ruginya kamu mengaktifkan fitur ini.

Penutup

Demikian langkah – langkah yang bisa kamu coba untuk menghemat penggunaan kuota data di HPmu. Kalau kamu punya cara lain jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar ya…

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *