5 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Konek Wifi di Windows 10

Wifi merupakan sebuah koneksi nirkabel yang bisa kita gunakan untuk mengakses internet tanpa memerlukan sebuah kabel jaringan. Prinsip kerjanya menyerupai sebuah koneksi yang dihubungkan melalui LAN, tetapi tidak menggunakan kabel melainkan melaui sinyal. Meskipun penyebutan kata wifi masih menjadi perdebatan, tetapi kita tidak akan membahas hal tersebut ^_^.

Laptop Tidak bisa konek wifi

Karena tingkat flexibilitasnya penggunaan wifi semakin banyak, apalagi jaman sekarang tidak hanya komputer yang bisa menggunakan wifi. Frekuensi sinyal wifi pada saat artikel ini ditulis terbagi menjadi dua yaitu 2,4Ghz dan 5Ghz. Saat ini masih banyak wifi yang menggunakan sinyal dengan frekuensi 2,4Ghz karena lebih banyak device yang mendukung sinyal tersebut. Wifi yang tersedia di tempat umum biasanya akan dilindungi dengan password.

Saat kamu berada di tempat umum dan ingin melakukan koneksi ke sinyal wifi. Mungkin kamu akan mengalami masalah wifi konek tetapi tertulis no internet access atau malah device yang kamu gunakan tidak bisa melakukan koneksi sama sekali ke wifi. Begini beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Mengatasi Wifi Connected No Internet Access

Cek Sinyal Wifi

Kalau menyangkut masalah Wifi, tentunya sinyal sangatlah berperan penting disini. Bagaimana tidak, tingkat kecepatan dan kestabilan koneksi yang kamu rasakan saat menggunakan koneksi via wifi akan sangat mengandalkan sinyal wifi itu sendiri. Laptop juga akan kesulitan untuk konek ke suatu wifi jika sinyalnya kurang bagus. Maka dari itu kalau kamu menginginkan berselancar dengan lancar dan nyaman saat menggunakan wifi, maka kamu harus memastikan sinyal wifi pada laptop mu bagus.

Sinyal wifi yang baik ditandai dengan penuhnya ikon wifi yang bisa kamu temukan di kanan bawah taskbar. Semakin penuh indikator sinyal semakin baik pula kualitas koneksi yang kamu dapatkan. Kalau sinyal ditempatmu kurang baik kami sarankan kamu untuk berpindah tempat atau mendekat ke router wifi disekitarmu agar kamu bisa lancar berinternetan.

Baca Juga:

Password Sudah Benar

Wifi akan rentan akan masalah keamanan jika tidak terlindungi oleh sebuah password. Hal ini sangat penting jika apalagi wifi yang berada pada tempat umum. Maka dari itu dibuatlah password untuk membatasi siapa saja yang bisa mengakses. Jika laptopmu tidak bisa konek ke jaringan suatu wifi bisa jadi kamu salah memasukkan password yang dibutuhkan, coba periksa kembali password yang sudah kamu input. Kamu bisa melihat password yang kamu input dengan mengklik tombol mata di bagian input password agar tidak terjadi salah ketik.

Jumlah Pengguna Wifi

Wifi merupakan sinyal yang dipancarkan oleh device bernama Access Point dan diatur oleh router. Sebuah router wifi meskipun tidak disebutkan memiliki batasan berapa pengguna yang bisa ditampung pada saat konek bersamaan. Jadi jangan heran jika kamu tidak bisa konek ke sebuah wifi publik dengan kondisi banyak orang yang juga menggunakan wifi tersebut. Lagipula dengan banyaknya orang atau device yang mengakses suatu wifi maka kecepatan wifi juga akan menurun karena dibagi ke beberapa orang sekaligus.

Reinstall Driver

Kamu bisa melakukan reinstall driver wifimu jika dirasa memang drivernya yang bermasalah. Ada 2 cara yang bisa kamu lakukan. Pertama dengan menghapus driver yang lama terlebih dahulu melalui aplikasi device manager yang bisa kamu akses dengan mengetikkannya di pencarian windows. Cara lainnya adalah dengan langsung menimpanya melalui aplikasi installer driver yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Reinstall driver selain bisa mengatasi masalah laptop yang tidak bisa konek wifi juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah koneksi wifi yang tidak stabil dan sering diskonek.

Restart Router dan Laptop

Setelah kamu mencoba berbagai cara tetapi tetap tidak bisa konek ke wifi, mungkin router atau laptop kamu entah mengapa sedang error. Kamu bisa mencoba untuk merestart router wifimu dan laptopmu agar segar kembali dan kembali bekerja dengan normal. Cara yang satu ini hanya bisa kamu lakukan kalau kamu merupakan admin wifi yang bersangkutan. Karena untuk merestart router wifi kamu harus login terlebih dahulu ke dalam sistem router dengan menggunakan password yang hanya diketahui oleh administrator jaringan wifi.

Penutup

Masalah laptop tidak bisa connect wifi windows 10 saat sedang berada di tempat wifi umum memang sering terjadi. Tetapi dengan beberapa tips diatas kamu bisa mengatasinya dengan mudah jika menemui masalah tersebut. Kamu tidak perlu khawatir lagi saat akan membawa laptop ke wifi corner.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *