Cara Mudah Mengatur Tingkat Kecerahan Laptop

Sebagai komputer portable laptop memiliki beberapa komponen utama, yaitu layar sebagai perangkat output, keyboard dan mousepad sebagai perangkat input. Meskipun keyboard dan mouse menjadi opsional jika lapotpmu mendukung fitur layar sentuh. Setiap laptop dibekali layar dengan ukuran yang bervariasi yang diukur dengan inch.

Mengatur kecerahan laptop

Layar merupakan bagian yang krusial dan penting pada sebuah laptop. Kalau tidak ada layarnya bagaimana bisa kita mengatur dan menggunakan laptop?. Apalagi jika tiba – tiba saat kamu ingin mengubah kecerahan layar tersebut kecerahannya tidak mau berganti. Meskipun masalah ini tidak terlalu urgent untuk segera diperbaiki, tetapi jika dibiarkan saja akan cukup menganggu pada masa mendatang. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini.

Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop Windows 10

Cobalah Melakukan Restart

Yap, cara pertama adalah cara yang sangat mudah dan biasanya pertama dilakukan oleh orang jika mengalami masalah pada laptopnya. Kamu juga bisa mencobanya jika memang belum kamu coba, karena tidak ada ruginya mencoba kan?.

Laptop kamu mungkin hanya error sesaat dan hanya perlu melakukan restart agar bisa kembali ke keadaan awal. Jika cara restart tidak berhasil kamu bisa melakukan shutdown dan menghidupkannya kembali. Kalau kedua cara tersebut tetap tidak bisa mengatasi masalah, kamu bisa menggunakan cara selanjutnya yang ada pada daftar ini.

Melalui Tombol

Kamu bisa dengan mudah menggunakan tombol fisik yang sudah disediakan. Penempatan tombol tergantung jenis laptop kamu, untuk laptop umum biasanya terletak pada tombol paling atas keyboard. Tombol fisik ini dibuat untuk memudahkan kamu dan juga sebagai shorcut untuk mengakses beberapa pengaturan lainnya. Misalnya pengaturan volume, print screen dan lain sebagainya.

Untuk sebagian besar laptop mengharuskan kamu untuk menekan tombol FN yang terletak pada samping tombol space untuk menggunakan shortcut ini. Jika laptopmu termasuk tablet PC maka kamu tidak akan menemukan tombol ini, karena keterbasan ruang.

Baca Juga:

Melalui Setting

Nah, jika laptopmu tidak menyediakan tombol khusus untuk mengatur kecerahan layar atau karena suatu alasan tombol tersebut tidak bisa digunakan. Kamu bisa memanfaatkan menu setting yang tersedia di dalam windows. Caranya sangat mudah buka start lalu klik setting, pilih menu system maka kamu akan langsung dibawa ke submenu display. Pada menu tersebut disediakan sebuah slider yang bisa kamu gunakan untuk mengatur tingkat kecerahan layarmu. Kamu juga bisa mengaktifkan mode night light (mode baca malam) dari sini lho.

Melalui Notification Menu

Notification menu merupakan salah satu fitur yang jarang diketahui orang dan sering terlupakan. Kamu bisa membuka notification menu dengan mengklik icon yang terdapat pada tepat sebelah kanan jam di kanan bawah layar. Kegunaan dari fitur ini sangatlah banyak dan berfungsi sebagai shortcut layaknya Notification Bar yang terdapat pada hp. Yap, karena fungsinya yang sama kamu bisa memanfaatkan notification menu untuk mengatur brightness laptopmu, tinggal geser saja slidernya sesuai kemauan.

Solusi Laptop yang Tidak Bisa Diganti Brightnessnya

Install Driver VGA

Biasanya pada laptop yang baru saja di install operating sistem akan menggunakan driver seadanya yang disediakan secara default oleh vendor OS. Software driver yang terinstall pada laptop bertanggungjawab sebagai penghubung antara perangkat lunak dan perangkat keras. Dengan begitu jika driver laptop mengalami masalah, khususnya display driver yang terinstall pada laptop maka bisa dipastikan laptopmu tidak akan berkerja sebagaimana mestinya. Dalam hal ini kamu tidak bisa mengatur tingkat kecerahan laptop mu. Cara mengatasinya mudah saja, kamu cukup menginstall driver VGA yang sesuai dengan tipe laptopmu.

Disable Drive VGA

Lalu bagaimana jika laptopmu sudah terinstall driver yang sesuai dan sebelumnya berjalan dengan baik?. Solusinya cukup simpel, kamu tinggal masuk device manager dengan mengetikkan “device manager” pada kolom pencarian windows. Lalu disable driver VGA mu, kemudian enable kembali. Simpel kan?.

Penutup

Masalah tidak bisa mengatur tingkat kerahan laptop mungkin akan sedikit membuatmu kebingungan. Tetapi kamu tidak perlu khawatir secara berlebihan, setelah kamu mempraktekkan beberapa tips diatas seharusnya laptop kamu sudah kembali normal seperti sedia kala.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *