Cara Cepat Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 10 yang Tidak Bisa Dihapus

Sebagai orang yang memiliki atau menggunakan komputer pasti kita tidak asing dengan yang namanya aplikasi. Pada sebuah komputer biasanya bisa diinstall aplikasi sesuai dengan kebutuhan, baik untuk urusan kantor maupun untuk kebutuhan hiburan. Untuk windows sendiri proses untuk install aplikasi bisa dibilang cukup mudah dan sangat user friendly. Pada laptop baru juga terdapat built in aplikasi yang sudah terinstall secara default pada saat kita membelinya.

Aplikasi tidak bisa dihapus

Seiring dengan berjalannya waktu, lama kelamaan komputer atau laptop kita akan penuh dengan aplikasi yang terinstall. Nah karena banyaknya aplikasi ini tentu akan mempengaruhi kinerja dan memperberat sistem. Solusinya mudah cukup uninstall saja aplikasi yang sudah tidak kamu butuhkan. Tetapi bagaimana jika aplikasi yang akan kamu hapus tersebut tidak bisa di hapus dengan cara yang biasa?. Tenang, begini caranya untuk menghapus aplikasi yang tidak bisa diuninstall.

Langkah – langkah Menghapus Aplikasi Dengan Paksa

Matikan Aplikasi Terlebih Dahulu

Hal pertama yang wajib kamu lakukan untuk menghapus aplikasi adalah dengan menutupnya terlebih dahulu. Karena windows memang tidak bisa menghapus aplikasi yang sedang berjalan. Jika kamu tetap memaksakan untuk menghapus aplikasi yang berjalan maka aplikasi tidak akan terhapus sepenuhnya atau akan muncul notifikasi error pada saat akan diuninstall. Jangan lupa untuk memeriksa taskbar, karena bisa saja aplikasi masih tetap berjalan meskipun kamu sudah menutup jendela aplikasi.

Gunakan Task Manager Untuk Mematikan Paksa

Saat kamu sudah mencoba menutup aplikasi dengan cara normal menggunakan cara diatas, sudah saatnya kamu untuk menggunakan task manager. Buka aplikasi task manager dan tutup dengan paksa aplikasi melalui task manager. Untuk membuka task manager kamu hanya perlu menekan kombinasi tombol CTRL+Shift+Esc pada keyboard. Jika aplikasi yang ingin kamu tutup paksa tidak terdapat pada list task manager, masuk ke tab details pada task manager agar menampilkan informasi yang lebih lengkap mengenai aplikasi apa saja yang sedang berjalan.

Baca Juga:

Hapus Aplikasi Menggunakan Control Panel

Setelah kamu memastikan aplikasi yang ingin kamu uninstall sudah tertutup semua prosessnya termasuk yang berada dibelakang layar. Kamu bisa mencoba uninstall aplikasi secara normal melalui control panel yang bisa kamu akses melalui startmenu windows. Selain melalui control panel kamu bisa melakukan uninstall dengan membuka folder aplikasi lalu cari file dengan nama uninstall.exe maka kamu akan dipandu oleh uninstaller bawaan dari aplikasi bersangkutan.

Hapus Folder Instalasi Aplikasi

Jika cara uninstall tidak berjalan sempurna atau kembali terjadi error saat mencoba akan diuninstall. Kamu bisa menghapus langsung aplikasi dengan menghapus file folder aplikasi tersebut melalui file explorer. Untuk mengetahui lokasi dimana aplikasi diinstall, klik kanan pada shortcut aplikasi kemudian pilih open file location maka kamu akan dibawa ke direktori folder aplikasi tersebut. Hapus semua file yang berada pada direktori tersebut. Akhiri dengan menghapus file shortcut aplikasi.

Bersihkan Registry Aplikasi

Aplikasi yang di hapus secara manual akan meninggalkan beberapa jejak pada sistem contohnya data registry dari aplikasi. Menghapus jejak registry sebenarnya merupakan hal opsional untuk dilakukan tetapi demi mencegah adanya error yang terjadi di kemudian hari, hal ini harus dilakukan. Kita tidak bisa menggunakan cara manual untuk menghapus registry, karena file registry yang tertinggal tidak bisa dideteksi secara manual. Untuk itu kami sarankan untuk menggunakan aplikasi dari pihak ketiga seperti CCleaner untuk melakukan tugas tersebut.

Gunakan Software Pihak Ketiga

Semua usaha manual sudah kamu lakukan tetapi aplikasi masih membandel tidak bisa dihapus. Cara terakhir adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus paksa aplikasi tersebut dari komputermu. Banyak aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu gunakan, baik yang gratis maupun yang berbayar. Salah satu aplikasi yang bisa kamu coba adalah revo uninstaller, iobit uninstaller dan lain sebagainya.

Penutup Cara Menghapus Aplikasi di laptop

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menguninstall aplikasi yang tidak bisa dihapus secara normal. Tetapi perlu kami ingatkan menghapus aplikasi secara manual memiliki resiko salah hapus, maka dari itu kamu harus berhati – hati dalam melakukannya.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *