Pasti Sukses Begini Cara yang Benar Download Aplikasi di Laptop

Aplikasi merupakan sebuah alat yang akan membantu kita untuk lebih mudah melakukan suatu proses di laptop. Ada aplikasi yang sudah terinstall secara otomatis pada saat awal kita melakukan pembelian. Tetapi aplikasi bawaan tersebut biasanya kurang powerfull atau tidak bisa memenuhi kebutuhan kita dalam menggunakan komputer.

Download Aplikasi

Biasanya pengguna laptop akan melakukan proses instalasi sendiri aplikasi yang menang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaannya sehari – hari. Untuk melakukan instalasi aplikasi kamu terlebih dahulu harus melakukan download aplikasi tersebut. Begini caranya untuk melakukan download aplikasi windows.

Cara Download Aplikasi di Laptop Windows 10

1. Melalui Microsoft Store

Seperti halnya sebuah ponsel jaman sekarang, windows memiliki sebuah market yang disediakan agar kamu bisa melakukan download aplikasi dengan mudah. Aplikasi ini akan terinstall secara default dan kamu bisa mengaksesnya dengan mengklik icon tas yang berada di samping tombol start.

Untuk menggunakan aplikasi market ini kamu diharuskan untuk memiliki akun microsoft yang bisa kamu daftarkan secara gratis. List aplikasi yang terdapat dalam market ini lumayan lengkap, mulai dari aplikasi yang bisa kamu dapatkan secara gratis sampai berbayarpun juga ada.

Selain aplikasi kamu juga bisa menemukan game yang juga bisa kamu unduh dan install melalui aplikasi ini.

2. Download Langsung di Web Aplikasi

Jika aplikasi yang kamu inginkan tidak dapat kamu temukan di market aplikasi yang sudah disediakan, kamu bisa langsung mengunduhnya melalui situs resmi dari aplikasi yang bersangkutan. Untuk itu gunakan peramban internet favoritmu dan ketik alamat situs aplikasi di peramban.

Secara default windows menyediakan peramban bernama Microsoft Edge, yang bisa kamu gunakan untuk keperluan tersebut. Atau kamu bisa mengunduh peramban lain sesuai kebutuhan, misalnya google chrome.

3. Cari Melalui Mesin Pencari

Kamu kesulitan mencari situs resmi dari aplikasi yang ingin kamu download. Tidak perlu khawatir, karena ada sebuah situs yang bisa membantu untuk menyelesaikan masalahmu. Yap, namanya adalah mesin pencari. Mungkin kamu kurang familiar dengan kata mesin mencari tetapi kamu pasti mengetahui apa itu google.

Silahkan lakukan googling agar kamu bisa mendapatkan aplikasi yang kamu mau. Kamu bisa dengan mudah menemukan situs resmi dari aplikasi yang kamu inginkan.

Baca Juga:

Tips saat melakukan download di internet

1. Cek Ekstensi dari File

Sebelum kamu memutuskan untuk memulai proses download terhadap sebuah file, pastikan ekstensi file tersebut sudah sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Ekstensi file adalah sebuah kode yang terdapat di bagian akhir nama file setelah tanda titik.

Misal kamu ingin melakukan download vidio maka ekstensi file kamu seharusnya .mp4 .mkv dan semacamnya. Jadi kalau kamu menemui file .exe .bat dan ekstensi program lainnya saat ingin mengunduh file vidio, bisa dipastikan itu adalah program yang tidak kamu inginkan atau bisa jadi sebuah virus.

2. Periksa Besar File yang Mau di Download

Mungkin ini berlaku jika kamu menggunakan kuota dalam menggunakan internetmu sekarang. Karena kalau koutamu habis pada saat ditengah tengah proses download, bisa dipastikan proses download akan gagal dan kalau kamu sedang tidak beruntung, harus mengulang proses tersebut dari awal. Tentunya hal ini akan membuatmu rugi waktu dan kuota kamu terbuang sia – sia.

3. Pilih Server Download yang Bagus

Kecepatan download tidak hanya ditentukan oleh kecepatan dari internet yang sedang kamu gunakan saat ini. Banyak faktor lain yang menentukan seberapa cepat kamu bisa mendownload sebuah file, mulai dari kecepatan baca tulis penyimpanan yang sedang kamu gunakan dan lain sebagainya.

Server tempat penyimpanan file yang kamu download juga sangat berpengaruh dalam menentukan seberapa cepat kamu melakukan download. Ada server yang melakukan pembatasan kecepatan yang bisa kamu dapatkan dan ada juga yang membatasi berapa file yang bisa kamu download dalam waktu yang bersamaan.

Untuk itu pilihlah server yang kiranya tidak membatasi hal tersebut dan mempunyai kecepatan serta tidak sering down agar proses downloadmu tidak gagal.

4. Pastikan Semua File Sudah Terdownload

Pasti kamu sering menemui ada situs yang menyediakan file download yang ber part-part. Hal itu dilakukan oleh pemilik file agar lebih mudah dalam melakukan upload. Karena daripada melakukan upload file yang besar dalam satu file saja, lebih baik dipecah menjadi beberapa bagian dan menguploadnya satu satu.

Kalau kamu ingin melakukan download file yang terpecah tersebut, kamu harus mendownload semua bagian file dan mempunyai aplikasi yang dibutuhkan untuk membuka dan menggabungkan file tersebut. Aplikasi yang digunakan biasanya adalah winrar, winzip ataupun hjsplit. Pastikan kembali kamu sudah mendownload semua bagian dan jangan sampai terlewat satupun, karena kamu tidak akan bisa melakukan ekstrak jika ada yang terlewat.

5. Gunakan Aplikasi Download Manager

Langkah ini bisa dibilang sebuah opsi dan bukan merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Tetapi kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi download manager. Apalagi jika file yang ingin kamu download jumlahnya sangat banyak dan berukuran besar – besar.

Keuntungan menggunakan download manager adalah kamu bisa mengatur jadwal untuk melakukan download, melakukan download dengan lebih cepat, melakukan pause dan resume download yang tertunda. Aplikasi download manager ada yang gratis dan juga berbayar. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan yang kamu perlukan.

Penutup

Itulah beberapa cara atau langkah yang bisa kamu lakukan saat ingin melakukan install aplikasi di laptop. Kami ingatkan untuk selalu berhati hati dalam melakukan download file di internet, karena bisa saja kamu salah mendownload program yang bisa merusak sistem ataupun sebuah virus. Semoga artikel kami bisa membantu memecahkan masalah yang sedang kamu hadapi. Terimakasih sudah mengunjungi blog kami.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *