Langsung Wuss! Begini 5 Cara Mempercepat Download di Laptop

Proses download merupakan sebuah aktifitas memindahkan file dari server ke dalam komputer kita. Pada jaman sekarang proses download sering sekali kita lakukan, karena sudah banyak orang yang menaruh filenya di cloud server sehingga aman dari hal yang tidak diinginkan. Untuk mengambil file yang sudah dibackup di cloud kita harus mengunduh file tersebut.

Download Laptop

Proses download terkadang lama dan bisa saja cepat, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor dan cara kita dalam melakukan download itu sendiri. Siapa sih yang menginginkan lama dalam mendownload, apalagi file tersebut kita butuhkan untuk segera digunakan. Begini caranya untuk mempercepat proses download di laptop.

Cara Mempercepat Proses Download di Chrome

1. Gunakan Koneksi Stabil

Seperti yang kita tahu proses untuk melakukan download sebuah file membutuhkan koneksi internet. Koneksi tersebut selain cepat dibutuhkan juga koneksi yang stabil agar proses download berjalan lancar. Bayangkan saja kamu sedang melakukan download tetapi koneksinya tersendat – sendat dan sering RTO. Bisa jadi kamu gagal untuk mendownload file tersebut atau malah hasil download menjadi rusak.

Untuk itu gunakan sumber koneksi yang sekiranya stabil, misalnya menggunakan wifi dengan sinyal yang penuh atau memakai jaringan kabel LAN yang sudah pasti stabil. Kalau koneksimu stabil walaupun kecepatan internet tidak terlalu cepat, proses download akan terasa lebih cepat.

2. Pastikan Server Bagus

Pilihan server tidak kalah penting dalam mempengaruhi kecepatan dari download yang sedang kamu lakukan. Karena walaupun kecepatan koneksi mu upto 100Mbps tetapi kecepatan dari server membatasi upto 1Mbps, maka kecepatan maksimal yang bisa kamu dapatkan akan mengikuti ketentuan dari server tersebut.

Server download melakukan pembatasan karena beberapa alasan, misalnya agar kamu membeli paket layanan premium yang mereka tawarkan untuk bisa melakukan download lebih cepat. Biasanya saat akan melakukan download kamu akan diberikan beberapa pilihan server untuk download, pilihlah server yang menurut kamu cepat. Saran kami gunakan Google Drive atau pilih server yang menyediakan pilihan

3. Download Satu File Satu Waktu

Mungkin kita tidak sabar untuk menunggu dalam proses download dan akhirnya melakukan download secara sekaligus. Apalagi jika file yang ingin kita download dibagi menjadi beberapa part. Kalau jumlah partnya tidak sampai 10 tidak terlalu merepotkan, tetapi kalau sudah lebih dari itu tentu akan cukup membuat pusing.

Belum lagi kalau ada part yang tertinggal dan lupa belum terdownload maka kita tidak akan bisa membuka file sebelum part tersebut terdownload. Banyak alasan yang membuat penyedia file akhirnya membuat dan memecah filenya menjadi beberapa part, salah satunya agar mempermudah saat file diunduh.

Karena kalau ada kesalahan saat proses download kita cukup mendownload ulang part yang rusak saja, bayangkan jika file tidak dibagi per part kamu harus melakukan download ulang dari awal. Kembali ke pembahasan awal, kami sarankan kamu untuk fokus mendownload satu part saja dalam satu waktu. Hal ini untuk menghindari file tersebut rusak pada saat proses download dan secara tidak langsung mempercepat proses download.

Baca Juga:

4. Pakailah Download Manager

Download manager merupakan sebuah aplikasi yang didesain untuk mempermudah dalam mengatur file hasil download dan fitur lain yang membantumu dalam memperoleh link untuk download. Mungkin kamu pernah mendengar atau sekarang sudah terinstall aplikasi download manager seperti IDM. Karena IDM merupakan aplikasi berbayar kamu bisa mencoba menggunakan alternatifnya Free Download Manager yang bisa kamu gunakan secara gratis sesuai dengan namanya.

Ternyata aplikasi sejenis ini bisa kamu gunakan untuk mempercepat proses download dari sebuah file. Karena cara kerja dari aplikasi download manager menggunakan sebuah teknik khusus yang akan membuat file download menjadi lebih cepat. Keunggulan paling terasa saat menggunakan download manager adalah kamu bisa melakukan pause saat download dan melanjutkannya lagi kapan saja.

5. Matikan Auto Update

Fitur auto update merupakan fungsi dari aplikasi yang secara otomatis melakukan pengecekan dan melakukan download file aplikasi yang baru secara otomatis. Proses ini kebanyakan terjadi dibelakang layar secara otomatis pada saat laptop tersambung ke internet. Karena fitur ini menggunakan internet, tentu saja kamu akan merasakan kecepatan koneksi yang melambat saat ada aplikasi yang sedang auto update.

Untuk itu matikan semua auto update pada semua aplikasi yang terinstall pada laptop. Jangan lupa matikan juga windows update agar tidak menggunakan internet saat kamu mendownload, mulai dari windows 10 kamu hanya bisa melakukan pause pada windows update.

Kalau kamu kesulitan mematikan secara manual, kamu bisa menandai koneksi kamu sebagai metered connection di control panel agar windows secara otomatis membantu melakukan pengaturan. Sayangnya cara ini hanya berlaku kalau kamu menggunakan koneksi nirkabel. Caranya Masuk ke Wifi Setting lalu klik Nama WIFI kemudian scroll kebawah dan geser slider Set as metered connection menjadi ON.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa melakukan kegiatan download file dengan lebih cepat. Jangan lupa cek berapa sisa kuotamu jika kamu menggunakan data seluler pada saat melakukan pengunduhan agar tidak berhenti ditengah jalan pada saat download. Selain cara diatas kamu juga bisa mempercepat download dengan menambah kecepatan koneksimu melalui upgrade paket internet. Terimakasih sudah mengunjungi blog kami.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *