Awas Bahaya !! Hindari 7 Kebiasaan Ini kalau tidak ingin Laptop Rusak

Selain sebuah ponsel laptop merupakan barang elektronik yang hampir semua orang punya. Apalagi jika orang tersebut bidang pekerjaannya sangat portable dan membutuhkan laptop untuk mendukung pekerjaan tersebut. Tentu saja hal ini lebih mudah untuk membawa sebuah laptop daripada menggunakan komputer yang tidak mungkin untuk dibawa kemana – mana.

Menggunakan Laptop

Dikarenakan bentuknya yang ringkas dan bisa dibawa kemana – mana. Sebuah laptop bisa dibilang sebuah barang elektronik yang ringkih dan tangguh di saat yang bersamaan. Tangguh karena bisa melakukan semua komputasi dengan cepat dan bisa dilakukan secara portabel. Bisa juga disebut ringkih jika kita tidak bisa menggunakan atau merawatnya dengan benar. Tidak perlu khawatir, begini cara untuk merawat dan menggunakan laptop agar tidak cepat rusak.

Tips Merawat dan Menggunakan Laptop dengan Benar

Berlebihan Menggunakan Fitur Sleep

Sleep adalah suatu fitur yang membuat laptop berada pada status “tidur” yang berarti laptop tidak mati sepenuhnya dan bisa dihidupkan dengan cepat. Fitur ini sangat berguna untuk kamu yang ingin menggunakan laptop kembali dan tidak ingin menunggu booting yang lumayan lama.

Tetapi tahukah kamu terlalu sering menggunakan fitur ini ternyata tidak baik untuk kesehatan laptopmu. Hal ini dikarenakan laptop tidak sepenuhnya mati dan berada di posisi standby yang akan terus menggunakan daya ( meskipun tidak terlalu besar ) sampai baterai laptop habis kalau kamu lupa mematikannya.

Kami sarankan untuk meninggalkan fitur ini jika kamu meninggalkan laptop dalam waktu yang lama dan laptop kamu sudah mendukung penyimpanan berupa SSD. Karena waktu yang dibutuhkan laptop akan lebih cepat pada saat menggunakan SSD dan kamu tidak perlu khawatir baterai laptop kamu habis.

Melakukan Charge Laptop di Listrik yang tidak Stabil

Tidak bisa dipungkiri kita membutuhkan daya listrik baik untuk mengecas baterai laptop maupun untuk menghidupkan laptop tersebut. Tetapi jangan sampai kamu melakukan cas pada saat kondisi listrik sedang tidak stabil, karena yang terjadi bukan hanya baterai laptop bisa rusak bahkan laptop juga bisa rusak terkena arus pendek.

Selain jangan menggunakan laptop sambil dicas pada saat jaringan listrik tidak stabil, jangan juga melakukannya pada saat ada badai petir diluar rumah. Pasti kamu sering mendengar dan mungkin tahu kalau barang barang elektronik akan langsung rusak dan menjadi sasaran empuk bagi petir.

Baca Juga:

Menggunakan Laptop di Tempat Tidur

Sebagian besar laptop menggunakan bagian bawah dari laptop itu sendiri sebagai sumber udara segar bagi komponen didalamnya. Nantinya udara segar tersebut akan disedot oleh kipas laptop dan dikeluarkan melalui lubang bagian samping maupun bagian bawah laptop, tergantung tempat kipas tersebut berada.

Maka dari itu kalau kamu menggunakan laptop pada permukaan yang tidak keras dan cenderung empuk, misalnya diatas kasur maupun bantal. Laptop akan kesulitan mencari udara segar dan pada akhirnya akan gampang membuat laptop cepat panas. Suhu panas yang berlebihan akan dengan cepat memperpendek umur dari sebuah peralatan elektronik. Jadi hati – hati ya sob.

Sering Menggunakan Baterai Laptop Sampai Nol Persen

Mungkin kamu merupakan salah satu yang mempunyai kebiasaan suka menghabiskan daya baterai laptop sampai dengan tetes terakhir. Meskipun bukan hal yang salah untuk dilakukan, tetapi kami sarankan kamu untuk mengurangi kebiasaan ini. Karena pada baterai laptop mempunyai umur yang berupa siklus yang akan berkurang dengan cepat pada saat kamu menghabiskan dan melakukan cas laptop sampai full.

Meskipun begitu tidak boleh sering dihabiskan baterainya, kamu perlu untuk melakukannya sekali pada interval waktu tertentu. Hal ini berfungsi untuk melakukan kalibrasi ulang pada baterai laptop agar lebih awet dan tahan lama pada saat digunakan.

Mematikan Laptop Secara Paksa

Salah satu cara yang salah dan harus kamu hindari untuk mematikan laptop setelah selesai digunakan. Kecuali memang tidak ada cara lain untuk mematikan laptop, misalnya laptop sedang dalam keadaan Hang dan tidak ada cara lain untuk mematikannya. Kalau laptop kamu dalam keadaan sehat dan kamu tidak sedang terburu buru, sebaiknya melakukan shutdown laptop secara normal saja.

Laptop membutuhkan beberapa waktu untuk melakukan shutdown, baik menyimpan data, menyimpan konfigurasi yang kamu lakukan sebelumnya ataupun sedang melakukan pembaharuan sistem laptop itu sendiri. Mematikan laptop dengan paksa secara jangka panjang akan merusak komponen elektronik yang terdapat di dalam laptop dan bukan tidak mungkin kamu akan kehilangan data yang sudah kamu simpan sebelumnya.

Menggunakan Laptop dengan Mencabut Baterainya

Mungkin banyak yang percaya bahwa mencabut baterai laptop dan menggunakannya tanpa baterai pada saat di cas akan membuat baterai tidak gampang bocor. Tidak bisa dipungkiri cara tersebut memang bisa menambah umur baterai, tetapi akan memperpendek umur laptop. Karena bisa saja listrik tiba – tiba mati pada saat kamu menggunakannya dan membuat laptopmu mati secara mendadak.

Membiarkan baterai ditempatnya pada saat laptop disedang tersambung dengan kabel daya akan membuat baterai sebagai daya cadangan jika listrik tiba – tiba mati. Lagipula jaman sekarang semua laptop sudah menggunakan sistem baterai tanam untuk mengurangi risiko ini. Jadi kalau laptopmu baterainya masih bisa dilepas jangan lakukan hal ini ya sob.

Tidak Pernah Membersihkan Laptop

Setelah digunakan dalam waktu lama bahkan sampai bertahun – tahun, sebuah laptop akan menjadi sarang debu. Debu akan menghambat sirkulasi udara dan membuat laptop lebih cepat panas daripada biasanya. Hal ini wajar sekali terjadi karena laptop digunakan di berbagai tempat dan di berbagai kondisi. Kamu bisa dengan mudah membersihkan laptop dengan mumbukanya menggunakan obeng.

Tetapi yang perlu kamu ketahui, membongkar laptop akan menghanguskan garansi dan kamu harus melakukannya secara berhati – hati agar tidak salah dalam melakukan pembersihan. Kalau kamu sudah memiliki laptop yang umurnya sudah hitungan tahun dan masa garansinya, cobalah untuk membersihkan laptopmu mungkin saja kinerja laptopmu akan terjadi peningkatan setelah kamu membersihkannya.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat laptop agar tidak cepat rusak dan lebih awet. Hindari juga beberapa kebiasaan buruk para pengguna laptop. Tetapi selain dari faktor luar, jangan lupa untuk menghindarkan laptop dari segala ancaman virus dengan menginstall antivirus yang diperlukan. Terimakasih sudah mengunjungi blog kami.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *