Cara Memilih Kartu Memori(SD) Pada HP Yang Benar

Loading...

Secure Digital Card atau biasa kita kenal dengan kartu SD merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menyimpan data. Alat ini yang dulunya berukuran cukup besar dan semakin kesini semakin kecil, namun kapasitasnya semakin besar. Ada banyak variasi kartu memori yang bisa kamu temukan di pasaran saat ini.

Kita bisa dengan mudahnya membedakan hanya dengan melihat ukuran dari kartu tersebut. Mulai dari yang mempunyai ukuran paling besar sampai yang paling kecil yaitu micro SD. Selain ukuran setiap kartu ini mempunyai perbedaan kapasitas yang mampu ditampung dan kecepatan baca tulis yang bisa dilakukan. Nah, agar kamu tidak salah beli dan bisa maksimal dalam menggunakan kartu SD simak penjelasan berikut.

Kartu memori
Loading...

Memilih Kartu SD yang Sesuai dengan Perangkat

Pilih Jenis Kartu Memori yang Sesuai dengan Perangkat

Pertama – tama yang kamu harus melakukan yaitu pengecekan pada device yang sedang kamu gunakan dan yang ingin kamu tambah kapasitas penyimpanannya. Jangan sampai kamu salah beli kartu memori dan jadinya tidak bisa digunakan sama sekali. Misalnya, saja kamu membeli sebuah micro SD tetapi kamera kamu membutuhkan sebuah kartu mini SD.

Loading...

Hal ini mungkin bisa diatasi dengan membeli sebuah adapter micro to mini SD yang banyak dijual di pasaran. Tetapi, kalau yang terjadi sebaliknya atau memori yang kamu beli tidak muat untuk digunakan pada device yang ingin kamu upgrade, maka kamu harus mengganti dengan kartu memori yang lebih cocok.

Tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan pada slot device kamu sebelum melakukan pembelian. Coba cek apakah device mu mendukung slot kartu memori?Atau kamu harus mengorbankan slot sim card agar bisa menambah kartu memori.

Kapasitas Maksimal yang bisa Dibaca

Apakah kamu pernah mendengar atau melihat tanda SDHC, SDXC dan sebagainya? Ini adalah sebuah standart yang ditetapkan oleh pembuat Kartu SD yang menandai range kapasitasnya menggunakan istilah dan logo agar mudah untuk dibedakan oleh customernya. Kamu bisa melihat perbandingannya melalui gambar di bawah ini.

Loading...
Logo Kartu Memori

Setiap device mempunyai keterbatasan dalam membaca sebuah kartu memori dan biasanya bervariasi antara device satu dengan lain. Ada yang hanya bisa membaca sampai ratusan gigabite sampai ada yang hanya mendukung puluhan gigabite saja. Kamu juga bisa menemukan berapa kapasitas maksimal yang didukung oleh devicemu di buku manual.

Akibatnya, kalau menggunakan memori yang melebihi kapasitas yang didukung yaitu kartu memori tidak akan bisa terbaca secara maksimal atau tidak bisa terbaca sama sekali. Tentunya, akan membuatmu rugi waktu dan biaya kalau sampai salah beli.

Baca Juga:

Loading...

Pilih Kecepatan Kartu Memori Sesuai dengan Kebutuhan

Apakah kamu pernah penasaran kenapa ada harga kartu SD dengan kapasitas yang sama, namun harganya terpaut jauh? Hal ini disebabkan adanya perbedaan kecepatan minimal baca tulis yang bisa dilakukan oleh sebuah kartu SD. Kamu bisa dengan mudah membedakannya dengan melihat logo yang tercetak pada kartu SD tersebut. Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat gambar dibawah.

Speed Kartu Memori

Tentunya, pemilihan kecepetan SD card tergantung dengan device yang akan kamu gunakan. Misalnya, saja kamu mempunyai sebuah nintendo switch dan ingin membeli sebuah kartu memori, kalau kamu ingin game bisa loading lebih cepat kamu harus memilih SD card dengan logo U3 dibanding logo U1. Kalau kamu menggunakan kamera dan ingin merekam 4k, minimal harus menggunakan kartu SD dengan logo V10 agar hasil rekaman tidak patah – patah.

Beli dengan Harga yang Rasional

Jangan sampai tergiur harga murah saat membeli kartu memori, karena harga sangat menentukan kualitas atau tingkat orisinil dari kartu SD yang kamu beli. Bukannya kami melarang untuk membeli dengan harga diskon, tetapi kalau kamu menemukan sebuah harga kartu SD yang terpaut jauh dari harga pasaran misal sampai setengah harga perbedaannya, bisa dicurigai kalau kartu SD tersebut tidak asli atau KW.

Loading...
Loading...

Efek yang paling terasa saat kamu membeli kartu memori dengan harga yang tidak masuk akal adalah kapasitasnya yang tidak real atau malah tidak bisa digunakan sama sekali. Kemungkinan untuk mendapatkan kartu SD yang berfungsi secara normal sangatlah kecil dan kamu tidak mau kan mempercayakan datamu yang berharga pada kartu memori KW.

Jangan Lupa Garansi

Hal yang dianggap sebagian orang tidak penting tetapi sebenarnya sangatlah penting untuk diperhatikan.Iya, garansi akan membuat kita merasa aman dan nyaman saat menggunakan barang dan tidak khawatir jika terjadi kerusakan pada unit yang kita beli sepanjang itu bukanlah kesalahan dari pengguna.

Jadi, saat kamu ingin membeli pastikan kamu menanyakan perihal garansi dan bagaimana prosedur untuk melakukan klaim jika terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Biasanya, pembuat kartu SD menawarkan Lifetime Warranty dengan penggantian unit baru jika terjadi kerusakan atau menggantinya dengan unit yang setara jika unit tersebut sudah tidak diproduksi lagi. Meskipun garansi bersifat opsional, tetapi tidak ada salahnya untuk sedia payung sebelum hujan.

Loading...

Penutup

Itulah beberapa pertimbangan yang patut kamu pertimbangkan saat akan membeli sebuah kartu memori. Kami harap beberapa masukan dari kami bisa membantumu untuk menentukan pilihan dalam membeli. Terimakasih telah mengunjungi blog kami. Jangan lupa cek artikel kami yang lain.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *