Cara Mengatasi Layar Hitam pada Laptop Windows 10

Laptop sudah bukan lagi barang mahal dan hanya bisa dipunyai oleh sebagian orang saja. Hal ini disebabkan harganya yang sudah sangat terjangkau dan banyak sekali pilihan laptop yang bisa kamu temukan di pasaran. Jika laptop dengan spesifikasi yang kamu inginkan masih tidak terjangkau ada opsi untuk membeli versi bekasnya. Apalagi setiap tahun ada generasi laptop baru yang membuat harga laptop generasi sebelumnya mengalami penurunan.

Laptop Layar Mati

Jaman sekarang pengguna laptop tidak sebatas orang – orang yang bekerja di kantoran, bahkan anak SD sekalipun sekarang sudah diajarkan bagaimana menggunakan dan mengoperasikan laptop. Kita sudah memasuki era digital dan harus mampu menggunakan teknologi sebaik mengkin agar bisa bersaing ke depannya.

Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup

Saat kita menggunakan laptop dalam beraktifitas sehari – hari, mungkin seringkali akan menemui beberapa masalah. Misalnya saja kamu sudah merasa menghidupkan laptop, tetapi layar tetap hitam meskipun indikator daya laptop menyala. Begini cara untuk mengatasinya.

Ingat Hal Terakhir yang dilakukan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah mengingat kembali aktifitas terakhir kamu dalam menggunakan laptop. Coba ingat terakhir kamu melakukan apa pada laptop. Hal ini berguna untuk menemukan solusi yang lebih cepat dan menghindari tindakan yang tidak perlu.

Misal kamu terakhir melakukan update windows dan setelah itu laptop tidak mau menyala dan menampilkan layar hitam. Langkah ini sangat penting dan membantu kita agar bisa lebih fokus dalam mencari masalah yang terjadi pada laptop dan menemukan solusinya dengan cepat.

Baca Juga:

Pastikan Baterai Terisi

Salah satu penyebab laptop tidak mau menyala tentu saja karena kehabisan baterai. Kalau baterai sudah habis tidak tersisa laptop hanya akan menampilkan layar hitam walaupun kamu menekan tombol power. Maka dari itu hubungkan laptop ke sumber daya untuk memastikan masalah bukan berasal dari baterai.

Tunggu Beberapa Saat

Sesaat setelah kamu menekan tombol power, tunggulah beberapa saat sebelum menyimpulkan laptop kamu error. Bisa saja laptop kamu membutuhkan beberapa saat waktu tambahan agar bisa booting dengan normal. Hal ini biasanya terjadi jika laptop kamu tergolong model lama atau kamu baru saja melakukan update windows.

Coba Matikan Paksa

Saat laptop kamu mengalami layar hitam, kamu harus mematikan laptop dengan cara paksa. Caranya bisa dengan mencabut baterai laptop kemudian memasangnya kembali. Tunggulah beberapa saat sebelum memasang kembali baterai laptop ke tempatnya semula.

Tetapi cara ini tidak berlaku jika laptop kamu mengusung desain baterai yang tidak bisa dilepas. Kamu harus menekan tombol daya selama >5 detik agar laptop bisa dimatikan secara paksa ditandai dengan bunyi khas yang akan bisa kamu dengar.

Bersihkan Laptop

Bisa saja masalah ini disebabkan oleh laptop kamu yang terlalu kotor oleh debu atau ada suatu kabel yang kendor dan terlepas. Untuk memastikan hal tersebut mau tidak mau kamu harus membongkar laptop kamu, kemudian bersihkan debu debu yang menempel. Ram juga bisa kamu bersihkan pinnya dengan menggunakan penghapus. Sebelum melakukan hal ini pastikan garansi kamu sudah habis atau kamu sudah sadar akan semua resiko yang mungkin terjadi.

Bawa ke Tukang Service

Kalau kamu tidak mau ribet dan bersedia sedikit mengeluarkan uang untuk mengatasi masalah, tinggal bawa saja laptop ke tukang service. Kamu juga bisa melakukan klaim garansi, karena bisa saja masalah tersebut disebabkan oleh cacat produksi dari pabrikan.

Penutup

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi laptop tidak bisa booting layar hitam. Semoga artikel yang kami buat bisa bermanfaat dan kamu menemukan solusi untuk masalahmu. Terimakasih sudah mengunjungi situs blog ini.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *