5 Cara Mempercepat Koneksi Internet Laptop dan Komputer

Internet merupakan sebuah teknologi revolusioner yang mengubah dunia. Bagaimana tidak, sekarang kita bisa melakukan berbagai hal dengan adanya internet. Misal memesan ojek, memesan barang dan makanan bahkan sekarang kita bisa bekerja secara online berkat adanya internet. Akses internet untuk di indonesia sendiri terbilang masih belum merata dan tergolong mahal untuk bisa menikmatinya.

Akses Internet

Memiliki kecepatan internet diatas rata-rata merupakan impian banyak orang. Apalagi hal ini ditunjang dengan stabilitas koneksi yang bagus, hal ini akan membuat kita sebagai pengguna internet semakin puas dan nyaman. Tetapi semua impian tersebut haruslah ditebus dengan harga yang cukup menguras dompet dan tidak ada jaminan koneksi internet akan selalu cepat dan stabil selama kita memakainya. Tenang, begini caranya untuk mempercepat koneksi internet.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi Windows 10

Refresh Modem

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah melakukan restart pada modem. Lakukan restart dengan mematikan dan menghidupkan kembali modem tersebut. Hal ini dilakukan agar modem bisa segar kembali dan berfungsi secara normal. Sebaiknya kamu melakukan restart modem secara berkala, apalagi jika modem wifi kamu sering aktif 24 jam. Perlu waktu agar modem bisa hidup kembali dan berfungsi, jadi kamu perlu bersabar beberapa waktu.

Restart Komputer

Setelah melakukan restart pada modem, agar hasil lebih maksimal dan waktu menunggu agar modem aktif kembali tidak terbuang sia sia. Kamu bisa mencoba melakukan restart pada laptop yang sedang kamu pakai sekarang. Karena mungkin saja laptop kamu sedang mengalami full load dan sistem menjadi berat.

Ganti DNS

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah mengganti setting DNS ( Domain Name System). DNS adalah alamat server yang bertanggung jawab untuk melakukan routing alamat web yang kamu tulis di browser sampai ke tempat tujuan. Tentu saja dengan mengganti DNS akan mempercepat koneksi internet kamu. Kamu bisa melakukan google search dengan kata kunci DNS server list. Ganti alamat DNS kamu di pengaturan network adapter, contohnya menggunakan DNS google 8.8.8.8 & 8.8.4.4

Gunakan VPN / Proxy

Kecepatan koneksimu yang lemot bisa saja karena koneksi kamu memang sedang dibatasi oleh administrator jaringan. Untuk melepas pembatasan ini kamu bisa mencoba menggunakan VPN (Virtual Private Network) atau proxy. Tetapi yang perlu kamu ingat kecepatan kamu akan ditentukan oleh kecepatan vpn atau proxy yang sedang kamu pakai.

Baca Juga:

Ganti Posisi

Karena kamu menggunakan koneksi WIFI untuk mengakses internet, maka kekuatan sinyal akan sangat mempengaruhi kecepatan koneksi. Jadi kalau kamu ingin mempercepat koneksi internet kamu, silahkan cari tempat dengan sinyal yang kuat dan stabil agar kecepatan koneksi kamu maksimal. Jumlah pengguna yang sedang tersambung juga mempengaruhi kecepatan, karena bandwitdh wifi akan terbagi kepada banyak orang.

Solusi Laptop yang Menjadi Lemot Saat Tersambung Internet

Lakukan Update Aplikasi

Selalu pastikan semua aplikasi yang kamu gunakan up to date. Dengan menggunakan aplikasi yang selalu update maka aplikasi akan lebih stabil dan lebih aman untuk digunakan. Pastikan aplikasi yang kamu gunakan berlisensi original ya. Karena aplikasi bajakan rawan dipaketkan dengan program lain yang tentunya berbahaya bagi sistem laptop kamu. Aplikasi yang sudah terupdate akan lebih optimal karena diperbaharui setiap waktu.

Matikan Pembaruan Otomatis

Laptop yang menjadi lemot saat tersambung ke internet bisa saja disebabkan oleh aplikasi – aplikasi yang sedang melakukan update dibelakang layar. Coba kamu cek di task manager dengan menekan CTRL+SHIFT+ESC, lalu cari aplikasi mana saja yang sedang menggunakan jaringan. Matikan aplikasi yang sedang tidak kamu gunakan tetapi menghabiskan resource komputer.

Windows update juga terkadang membuat laptop menjadi lemot, karena melakukan download update di belakang layar. Untuk mengatasinya kamu bisa melakukan disable windows update, sayangnya pada windows 10 kamu hanya bisa melakukan pause terhadap windows update.

Cek Driver Wifi / Lan Card

Setelah melakukan semua konfigurasi diatas dan tetap mengalami laptop yang menjadi lemot saat disambungkan ke internet, bisa saja masalahnya ada di driver laptop. Kamu bisa mencoba untuk melakukan disable dan enable melalui device manager. Jika sudah melakukan hal tersebut tetapi masih belum ada perubahan. Lakukan update driver pada device WIFI / Lan yang kamu sedang kamu gunakan.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat koneksi laptop kamu saat tersambung wifi. Selain melakukan beberapa cara tersebut kamu bisa juga melakukan pengecekan pada provider internet yang sedang kamu gunakan. Siapa tahu sedang ada gangguan dari sisi provider.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *