Mau Upgrade Laptop? Begini Cara Cek Ram Laptop

Random Access Memory (RAM) adalah salah satu bagian penting pada sebuah laptop. Karena tanpa adanya modul ram laptop kamu tidak akan bisa menyala dan memasang ram yang tidak kompatibel akan mengakibatkan laptop kamu menyala dengan layar hitam tanpa menampilkan menu apapun. Untuk laptop sendiri modul ram yang digunakan lebih kecil daripada ram yang dipertuntukkan untuk PC, modul ram untuk laptop dinamakan SO-DIMM.

Ram Laptop

Penggunaan ram dengan memori besar dijaman sekarang sangatlah banyak, banyak aplikasi dan game yang membutuhkan ram dengan memori yang cukup besar agar bisa berjalan dengan lancar. Apalagi jika kamu menginginkan agar game bisa berjalan dengan FPS tinggi dan grafik memukau.

Tetapi pada paket penjualannya, terkadang laptop hanya dilengkapi dengan kapasitas ram yang terbatas dan mengharuskan kita untuk melakukan upgrade atau menambah sendiri. Tetapi kita tidak tahu apakah slot ram pada laptop apakah sudah terisi semua atau masih ada slot yang kosong untuk diisi ram baru. Begini cara cek slot ram yang tersisa di laptop.

Cara Melihat Kapastitas Ram Laptop

Lihat Spesifikasi via Online

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan ialah dengan mengunjungi situs resmi dari vendor laptop. Dalam situs resmi biasanya disertakan penjelasan mengenai spesifikasi teknis dari produk yang mereka jual. Kamu bisa menghubungi customer service dari vendor tersebut untuk memastikan atau jika kamu memeliki pertanyaan.

Tetapi saat akmu mencari di situs resmi pastikan nomer model yang tertera pada situs resmi sama persis dengan nomor yang tertera laptopmu. Hal ini untuk menghindari kamu salah melihat model laptop lain yang tentunya dalam hal spesifikasi bisa saja terjadi perbedaan.

Menggunakan DirectX Diagnostic Tool

Aplikasi ini sudah otomatis terinstall sebagai tool bawaan dari windows. Tool ini sudah ada sejak windows xp sekalipun. Kamu bisa menggunakannya untuk melakukan pengecekan kapasitas ram yang sudah terinstall pada laptopmu. Cara membukanya cukup mudah tinggal buka run lalu ketik “dxdiag” lalu tekan enter.

Selain informasi mengenai kapastias ram disana juga tertera gambaran umum mengenai spesifikasi laptop. Mulai dari versi windows yang sedang kamu gunakan sampai informasi model dan merk laptop kamu juga ada disini lho.

Baca Juga:

Lihat di SystemInfo

Cara lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan mengunjungi System Info. Sesuai namanya di dalam system info kamu akan dibawa pada jendela informasi mengenai sistem yang ada di laptopmu. Cara mengaksesnya sangatlah mudah, kamu hanya perlu membuka file explorer lalu klik kanan pada icon my computer lalu pilih properties. Mudah kan?

Melalui TaskManager

Cara keempat adalah menggunakan Aplikasi yang sangat berguna saat kamu membuatuhkannya. Yap, aplikasi tersebut adalah Task Manager. Ternyata selain digunakan untuk menutup paksa aplikasi yang sedang not responding, pada task manager juga menyediakan tab untuk cek ram.

Kamu bisa melihatnya dengan membuka task manager seperti biasa, melalui kombinasi CTRL+SHIFT+ESC buat kamu yang belum tahu atau dengan mengklik kanan taskbar lalu pilih task manager. Setelah jendela task manager terbuka geser ke tab Performance kemudian klik Memory. Disitulah kamu bisa melihat ram laptop kamu.

Gunakan CPU-Z

Kalau kamu masih belum puas dengan menggunakan cara diatas untuk cek ram laptop. Kamu bisa melakukan unduh aplikasi dari pihak ketiga. Nama aplikasi tersebut adalah CPU-Z. Pada aplikasi tersebut kamu akan disajikan informasi yang lebih lengkap mengenai spesifikasi laptopmu dan tentu saja info kapasitas dan slot ram yang tersisa juga ada disana. Kamu tidak perlu khawatir, karena aplikasi ini bersifat gratis dan protabel.

Langsung Bongkar Laptop

Buat kamu yang tidak sabaran dan ingin cek langsung ram yang ada di laptop bisa kamu buka body belakang laptopmu. Tentunya jika kamu melakukan hal ini kamu harus siap dengan segala resikonya, salah satunya adalah hangusnya garansi atas laptop itu sendiri.

Jangan lupa untuk membuka body belakang dengan cara yang lembut dan tidak kasar agar tidak ada bagian yang rusak atau hilang saat kamu akan memasangnya kembali. Cara membuka body belakang laptop berbeda untuk setiap merk dan model. Kamu bisa melihat panduan dengan mencari video yang kamu butuhkan di Youtube.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk cek ram laptop yang bisa kamu upgrade. Terimakasih sudah mengunjungi blog kami. Kami harap informasi yang kami berikan bisa berguna dan memberikan solusi bagi permasalahan yang kamu hadapi.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *