Tips untuk Merawat PS4 agar Lebih Awet

Tahun 2020 memang sudah mulai diperkenal konsol generasi terbaru dari sony yaitu PS5. Tetapi hal tersebut tidak serta merta membuat PS4 menjadi konsol yang tidak layak untuk dimiliki. Justru dengan munculnya konsol generasi terbaru akan membuat konsol generasi sebelumnya semakin layak untuk dimiliki. Bagaimana tidak harganya sudah sangat murah dibandingkan dengan pada saat pertamas rilis dan koleksi game yang sudah sangat banyak. Apalagi kamu yang belum pernah mencoba game – game ekslusif dari PS4.

Merawat PS4

Bagi kamu yang memang sudah mengidam-idamkan konsol ini dan sudah menabung lama untuk membelinya, sekarang adalah saat yang tepat. Setelah membeli dengan menabung cukup lama, kamu tentunya ingin barang yang kamu beli awet dan tahan lama kan. Nah disini kami akan memberimu tips yang bisa kamu gunakan untuk merawat ps4 agar menjadi lebih awet dan tahan lama dengan cara mudah dan gratis.

Cara Memperpanjang Umur Playstation4

Gunakan di kondisi ruangan dingin

Panas merupakan musuh dari sebagian besar barang – barang elektronik tidak terkecuali untuk ps4. Saat digunakan untuk bermain game komponen ps4 akan menghasilkan panas, apalagi saat memainkan game – game yang berat. Maka usahakanlah untuk memainkan ps4 di tempat yang ber-AC atau setidaknya memiliki sirkulasi udara yang lancar.

Menaruh ps4 dengan kondisi tertutup seperti di dalam box kaca pada saat dimainkan akan membuat ps4 mu kepanasan. Selain memperpendek umurnya suhu yang terlalu panas akan membuat performanya menjadi tidak maksimal. Setelah mematikan konsol jangan langsung disimpan di almari ya, biarkan suhunya dingin terlebih dahulu.

Gunakan UPS/Stabilizer

Tegangan listrik yang tidak stabil juga bisa merusak konsolmu. Usahakan menggunakan stabilizer agar tegangan listrik bisa lebih stabil. Komponen utama dan paling cepat rusak karena hal ini adalah harddisk. Apalagi ps4 masih menggunakan harddisk konvensional yang menggunakan piringan untuk menyimpan data. Kamu tidak mau kan harddisk ps4 mu korup dan semua game dan save datamu yang tidak sempat kamu backup hilang.

Agar lebih aman kamu bisa menggunakan UPS ( Uninterruptible Power Supply ). Tujuannya bukan untuk melanjutkan permainan pada saat mati listrik, tetapi agar kamu bisa mematikan ps4 mu secara normal dan kamu bisa menyimpan progress permainanmu.

Baca Juga:

Bermainlah sewajarnya

Selain tidak baik untuk konsolmu bermain game secara terus menerus tanpa jeda tidak baik untuk kesehatan. Konsolmu jika masih baru mungkin akan kuat untuk digunakan bermain terus menerus, tetapi lambat laun performanya akan menurun. Alangkah baiknya kamu memberikan jeda, misal setiap 3 jam agar tubuh dan konsol ps4 mu dapat beristirahat dan siap untuk digunakan kembali.

Jangan lupa untuk mematikan ps4 mu jika tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Menggunakan mode standby bisa kamu gunakan jika kamu ingin melakukan download game dengan ditinggal tidur pada malam hari.

Bersihkan dari debu

Debu yang berbentuk kecil dan susah untuk dilihat ini tidak bisa dianggap remeh. Karena bentuknya yang kecil, debu bisa masuk ke ps4 mu melalui sela- sela maupun terhisap melalui kipas pendingin bawaan dari ps4 itu sendiri. Seperti pepatah sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, debu yang sudah lama bersarang di dalam konsol akan menumpuk dan mengganggu sirkulasi udara.

Debu yang sudah menumpuk akan mengakibatkan panas berlebih saat konsol beroperasi. Kamu bisa dengan mudah membersihkan debu dengan mencopot panel atas ps4 mu, lalu bisa kamu bersihkan dengan menggunakan kuas maupun sikat. Jangan menggunakan benda cair untuk membersihkan debu karena akan menimbulkan masalah konsleting jika tidak kering saat konsol akan digunakan.

Mencabut kabel power saat standby atau belum mati sepenuhnya

Ini adalah hal yang paling tidak boleh kamu lakukan jika ingin ps4 mu bisa awet dan tahan lama. Seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama, kehilangan daya dengan mendadak merupakan hal yang bisa merusak harddisk. Konsol jaman sekarang menggunakan harrdsik untuk menyimpan data permainan dan data savegame. PS4 akan membutuhkan berberapa waktu sebelum mati sepenuhnya.

Pada saat masuk mode standby ps4 tidak mati melainkan bekerja dengan daya yang sangat minimal. Jadi jika kamu mencabut kabel dayanya saat menggunakan mode ini maka secara tidak langsung kamu menghentikan paksa seluruh proses ps4 yang sedang berjalan. Efeknya sama saat terjadi mati listrik, data yang tersimpan di ps4 mu akan korup.

Penutup

Merawat ps4 bukanlah hal yang sulit bahkan bisa dibilang sangat mudah. Semoga tips diatas bisa kamu gunakan sebagai referensi untuk merawat ps4 mu. Jika kamu punya tips lain, jangan sungkan untuk menulis di kolom komentar ya 🙂

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *