3 Cara Mudah Melakukan Screenshot di Laptop Windows 10

Pernah gak sih saat kamu sedang asyik melakukan browsing dan berselancar di internet menemukan sesuatu yang unik dan menarik. Kamu tentunya ingin memberi tahu dan berbagai pengalamanmu ini ke temanmu kan. Bisa saja kamu langsung memberikan link dari laman web bersangkutan ke temanmu, tetapi tidak semua orang mau membuka link secara sembarangan lho.

Screenshot windows 10

Cara paling mudah tentu saja dengan melakukan screenshot dan membagikannya sebagai gambar. Jika kamu tidak tahu caranya, tenang saja berikut beberapa cara untuk melakukan screenshot dengan mudah dan simpel.

Cara Screenshot di Laptop Windows 10 dengan Mudah

1) Snipping Tool

Fitur bawaan dari windows 10 ini bisa kamu gunakan untuk menangkap layar dengan sekali klik saja. Bukan hanya itu selain untuk menangkap layar fitur ini juga dilengkapi dengan fitur editing sederhana. Dengan begitu hasil tangkapan layar bisa langsung kamu lakukan editing sebelum hasil screenshot tersebut disimpan.

Untuk menggunakan fitur ini kamu cukup mengaksesnya dengan membuka notifikasi di kanan bawah layar, kemudian cari tombol dengan nama screen snip. Gambar bidang yang kamu ingin lakukan pengambilan layar dengan beberapa pilihan yang tersedia. Setelah itu kamu akan dibawa ke Tool selanjutnya untuk melakukan editing sederhana. Klik tombol save untuk menyimpan hasil screenshot kamu. Praktis dan simpel bukan?

Baca Juga:

2) Tombol Print Screen

Suatu tombol yang memang didedikasikan khusus untuk keperluan screenshot di sebuah komputer. Tombol ajaib ini sudah ada dari sejak dulu kala, mungkin kamu tidak menyadarinya. Tombol screenshot berada di pojok kanan atas dengan label Print Screen/ Prt Sc dan semacamnya.

Untuk melakukan screenshot menggunakan tombol ini kamu membutuhkan sebuah software untuk menyimpan hasilnya. Software yang paling mudah kamu gunakan ialah Microsoft Paint. Kamu cukup menekan tombol ini kemudian buka Paint lalu lakukan paste dengan menekan CTRL + V dan simpan dengan memilih menu file terus simpan.

3) Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan cara default yang sudah kami jelaskan sebelumnya, kamu bisa melakukan screenshot di windows 10 dengan menggunakan software pihak ketiga lho. Keuntungan menggunakan software pihak ketiga selain untuk melakukan screenshot biasanya juga dilengkapi dengan segudang fitur yang sangat berguna. Banyak aplikasi dan software yang bisa kamu gunakan dengan gratis.

Kami merekomendasikan kamu untuk menggunakan software bernama Lightshot yang bisa kamu unduh melalui tautan berikut
Download Lightshot

Software ini sangatlah mudah untuk digunakan dan tidak terlalu membebani sistem. Selain berbentuk aplikasi tersendiri kamu bisa menggunakan tool ini melalui ekstensi google chrome yang bisa kamu dapatkan dari chrome store. Kamu juga bisa langsung editing hasil screenshot dan melakukan sharing hasil screenshotmu ke mediasosial seperti facebook misalnya.

Penutup

Demikian beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk melakukan penangkapan layar atau screenshot di windows 10 dengan mudah dan cepat. Kalau kamu mempunyai cara lain untuk ss di laptop jangan sungkan untuk menulisnya di kolom komentar.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *