Membasmi Virus dan Malware Hp Android

Loading...

Virus dan Malware singkatnya merupakan sebuah program atau aplikasi yang dibuat untuk tujuan yang tidak baik. Bisa dibuat untuk merusak HP target ataupun melakukan pencurian data setelah berhasil melakukan injeksi pada target. Sebelumnya kita hanya tahu kalau virus menyerang komputer dan laptop, tetapi karena kemajuan jaman HP android juga bisa terjangkit virus.

Hal ini terjadi karena banyaknya pengguna dari OS Android dan HP jaman sekarang sudah mulai bisa menggantikan laptop dalam penggunaan sehari – hari. Misalnya saja kamu bisa mengetik dokumen dengan menggunakan keyboard bluetooth yang bisa kamu pasangkan ke HP. Sebenarnya ancaman virus bisa dengan mudah ditanggulangi jika kamu selalu melakukan update firmware.

Virus Android
Loading...

Dengan melakukan update semua celah keamaan yang sebelumnya terbuka akan ditutup dan tidak bisa digunakan oleh si virus untuk merusak data. Tetapi tidak semua pengguna android yang menjaga HPnya selalu up to date, dikarenakan keterbatasan kuota dan ukuran file update yang cukup besar. Pembatasan dari vendor HP yang biasanya hanya menyediakan update maksimal 2 tahun setelah HP launcing juga turut menjadi perhatian.

Loading...

Tidak perlu terlalu khawatir dan cemas berlebih, disini kami akan membagikan beberapa tips untuk HP android yang sudah terlanjur virus. Tidak lupa bagaimana cara untuk menghindari dan melindungi HP agar tidak mudah terjangkit virus. Silahkan simak penjelasan berikut.

Cara Menghapus Malware di Android yang Tidak Bisa Dihapus

Hapus dengan Aplikasi Antivirus Mobile

Kamu tidak perlu khawatir lagi tentang virus di device berbasis android, karena sudah ada obatnya. Yap, para perusahaan yang menekuni bidang security sudah mulai berbondong bondong membuat software dengan basis android. Kamu bisa dengan mudah menemukan antivirus yang biasanya ada di laptop dengan mencarinya di Playstore.

Menariknya kamu bisa mengunduh sebagian besar aplikasi antivirus secara gratis dengan beberapa fitur yang dibatasi. Tenang saja fitur basic seperti scan dan update definisi bisa kamu dapatkan secara gratis. Kalau ingin membuka fitur secara keseluruhan kamu diharuskan untuk membayar atau cukup dengan melihat iklan dengan durasi tertentu.

Loading...

Scan Menggunakan PC atau Laptop

Seperti yang kita ketahui bersama kalau sebuah HP bisa dengan mudah dihubungkan ke laptop. Baik melalui media kabel maupun wireless melalui wifi. Memang biasanya ini digunakan untuk keperluan transfer data. Tetapi dengan menghubungkan HP ke laptop berarti kamu secara tidak langsung menginjinkan file di dalam HP diakses oleh laptop.

Dengan begitu kamu bisa melakukan scan menggunakan antivirus favoritmu yang sudah terinstall sebelumnya di laptop. Namun pastikan antivirus tersebut sudah ter uptodate, agar lebih manjur dalam mendeteksi virus dan malware yang kemungkinan menjangkit pada HP android. Memang tidak semua virus HP bisa dideteksi oleh antivirus laptop dikarenakan bahasa pemrograman yang berbeda, tetapi tidak ada salahnya dicoba bukan.

Lakukan Install Ulang

Cara yang paling efektif untuk menghapus virus sampai akarnya adalah dengan melakukan install ulang. Tetapi kamu mau tidak mau harus merelakan semua file yang ada di memori karena akan direset pada saat install ulang. Mungkin bisa melakukan backup data terlebih dahulu, tetapi kami tidak merekomendasikan hal ini. Karena bisa saja ada sisa virus yang menempel pada salah satu data yang kamu backup.

Loading...

Tidak perlu terlalu khawatir, karena setelah melakukan install ulang virus yang tersisa di kartu memori akan bersifat inactive. Kamu hanya perlu berhati – hati pada saat membuka file agar tidak menginstall virus yang sebelumnya menginfeksi HP. Kalau perlu buang semua file yang berformat .apk yang kamu temukan di file manager.

Baca Juga:

Cara Terhindar dari Virus dan Aplikasi Pengintai

Jangan Install Aplikasi di Luar Playstore

Memang salah satu point plus dari android dibandingkan dengan os sebelah adalah kemudahannya dalam menginstall aplikasi. Install aplikasi bisa dilakukan tanpa melalui playstore, baik melalui store pihak ke 3 maupun menginstall secara manual dengan format .apk.

Loading...

Namun menginstall aplikasi dari luar toko resmi memiliki resiko tersendiri. Karena kita tidak tahu apakah file apk yang kamu unduh dari internet masih asli dan tidak diubah atau disisipkan kode tertentu. Bisa saja aplikasi yang kamu install dari luar playstore secara diam – diam mengumpulkan informasi pribadimu, misal data kontak dan lain – lain.

Bahkan yang lebih parah, bisa saja diam – diam memata-matai kamu dengan menggunakan kamera yang aktif di belakang layar. Bukan bermaksud menakut nakuti, kami hanya memberikan saran untuk mencegah privasi kamu aman.

Periksa Perijinan Aplikasi Sebelum Menyetujuinya

Saat pertamakali membuka sebuah aplikasi yan baru saja kamu install, pasti akan menemui permintaan ijin untuk melakukan sesuatu. Permintaan ijin bermacam – macam, ada yang meminta ijin untuk mengakses kamera, membaca kontak, melakukan akses file ke galeri dan lain sebagainya.

Loading...

Nah, kebanyakan orang mengabaikan hal tersebut dan langsung menyetujuinya begitu saja tanpa membacanya terlebih dahulu. Kami sarankan untuk mengurangi kebiasaan tersebut, apalagi terhadap aplikasi yang di install dari luar playstore. Karena bisa saja pemberian ijin tersebut disalahgunakan untuk hal lain.

Contoh perijinan yang patut untuk kamu curigai adalah sebuah game casual yang meminta ijin mengakses kontak dan kamera. Kalau untuk meminta ijin mengakses file mungkin masih normal karena untuk membaca data sebuah game, tetapi untuk sebuah game mengakses kontak patut untuk dicurigai.

Hindari Browsing ke Situs yang Berbahaya

Loading...

Saat kita mengunjungi internet, tidak semuanya situs yang kita kunjungi adalah situs yang aman. Banyak situs – situs diluar sana yang tergolong dalam kategori berbahaya. Berbahaya disini bisa diartikan dalam banyak hal, bisa terkait muatan kontennya atau bisa saja situs tersebut mencuri data pengguna.

Loading...

Sebenarnya provider internet sudah berusaha untuk melakukan blokir terhadap situs – situs yang kemungkinan berbahaya, tetapi tetap saja tidak semua situs bisa terfilter karena jumlahnya yang sangat banyak. Maka dari itu kami merekomendasikan untuk tidak mengunjungi situs seperti itu.

Biasanya ciri – ciri situs berbahaya diantaranya menggunakan domain gratisan seperti blogspot, wordpress dan lain sebagainya. Kamu bisa mengenalinya dengan melihat akhiran dari alamat web situs tersebut. Ada juga situs yang berusaha menyamai situs resmi yang bertujuan untuk membuatmu login kedalam situs palsu tersebut.

Hindari Mengunduh Attachment Email atau File Mencurigakan

Saat kamu diberikan file untuk diunduh oleh seseorang yang tidak dikenal, file tersebut patut dicurigai dan kami menyarakan agar tidak dibuka. Biasanya modus ini digunakan dengan dalih endorse dan memaksamu untuk menginstall aplikasi yang mereka berikan.

Loading...

Untuk itu sebaiknya kamu curiga dan tidak menginstall aplikasi di device utamamu. Bisa dicoba menggunakan emulator terlebih dahulu atau bisa dengan melakukan scan terlebih dahulu menggunakan aplikasi antivirus andalanmu.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus virus dan malware yang menjangkit HP. Kami juga menambahkan beberapa tips yang akan mencegah terjadinya hal tersebut, karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Sekian artikel dari kami, terimakasih sudah mengunjungi blog ini.

Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *