Cara Mengatasi Laptop yang Berbunyi Aneh dan Berisik

Loading...

Laptop sudah semakin diminati belakangan ini. Apalagi di tengah kebutuhan akan penggunaan untuk Work From Home, membuat harga laptop semakin tinggi dan stocknya menipis. Dibandingkan dengan komputer pribadi laptop jelas lebih unggul dalam hal portabilitas karena bisa dibawa kemana mana. Sangat cocok untuk digunakan pada masa pandemi seperti sekarang.

Selain itu, biasanya laptop juga langsung dilengkapi dengan sebuah webcam dan microfon secara bawaan. Ini memungkinkanmu untuk melakukan rapat secara online tanpa perlu membeli perangkat tambahan lagi. Sebuah laptop umurnya bisa sangat panjang jika dilakukan perawatan dan penggunaan yang baik. Meskipun terkadang pada kasus tertentu kita akan mendengar bunyi yang tidak biasa pada laptop saat digunakan. Begini solusi dan cara mengindentifikasinya.

laptop berbunyi aneh
Loading...

Mendeteksi Masalah Laptop yang Berbunyi Tidak Wajar

Kipas Pendingin Kotor

Sebagai perangkat elektronik, laptop akan menghasilkan panas pada saat digunakan apalagi saat penggunaan berat. Untuk mengatasi suhu agar tidak terlalu panas sudah terpasang sebuah kipas yang akan membantu menurunkannya. Kipas ini akan mengeluarkan hawa panas dari dalam laptop menuju keluar dari body laptop.

Loading...

Penggunaan laptop tidak hanya berada di dalam ruangan saja, bentuknya yang portabel membuatnya bisa digunakan dimana saja kapan saja. Pada saat digunakan di luar ruangan akan ada banyak debu dan akan tersedot oleh kipas yang terpasang tadi. Kalau tidak rutin dibersihkan debu akan menumpuk pada kipas dan membuatnya tidak maksimal dalam proses pendinginan.

Selain debu, kipas laptop juga rawan menyedot benda – benda kecil lainnya. Misalnya, seperti sebuah penjepit kertas atau semacamnya. Karena mekanismenya yang harus berputar kipas yang menyedot benda asing akan menimbulkan bunyi pada saat bekerja. Maka dari itu, kami merekomendasikan untuk melakukan pembersihan secara berkala, apalagi kalau laptopmu sudah mempunyai usia lebih dari 2 tahun.

Ada Baut yang Lepas

Seperti halnya sebuah personal komputer, laptop merupakan kumpulan dari komponen elektronik yang dirakit menjadi satu. Bedanya, komponen – komponen tersebut berukuran kecil dan sudah pre-built dari pabriknya. Kita tidak bisa melakukan kostumisasi terhadap komponen apa yang ingin digunakan.

Loading...

Komponen yang jumlahnya tentu saja tidak sedikit tersebut selain disatukan dengan menggunakan solder juga menggunakan baut. Mungkin memang jarang terjadi ada bunyi baut yang lepas atau komponen lain terlepas sehingga menimbulkan suara saat kamu menggoncang laptop. Kalau laptop baru saja jatuh, kemungkinan berbunyi aneh juga semakin besar.

Jadi, kalau kamu menemukan bunyi asing saat memindahkan atau mengangkat laptop, bisa jadi ada baut yang tidak pada posisi semestinya. Mau tidak mau kamu harus membuka casing laptop untuk melakukan pengecekan dan mengatasi masalah ini.

Baca Juga:

Loading...

Terjadi Konsleting

Perangkat elektornik akan membutuhkan energi listrik agar bisa menyala dan bekerja. Maka dari itu, kamu harus menghubungkan laptop ke sumber daya agar bisa mengisi baterai. Memang tidak perlu selalu tercolok ke sumber listrik, karena laptop mempunyai baterai.

Tetapi, kalau kamu menggunakan charger yang tidak orisinil karena suatu alasan, bisa jadi charger baru tersebut tidak cocok dan menyebabkan konsleting listrik. Untuk kasus ini kamu bisa langsung menyadarinya kalau laptopmu menggunakan bahan alumunium pada casing bodinya.

Jack Audio Tidak Tercolok dengan Benar

Pasti kamu tidak asing dengan suara yang mendengung saat ada lebih dari satu mic yang saling berdekatan. Suaranya juga sangatlah khas, jadi kamu tidak salah kalau mengira sumber masalah tersebut berhubungan dengan audio. Speaker dari laptop mempunyai kemungkinan akan membuat laptop berbunyi aneh kalau kamu tidak mencolokkan jack audio dengan benar.

Loading...
Loading...

Pada beberapa laptop port audio masih belum merupakan combo jack dan terdapat 2 buah. Port audio ini mempunyai fungsi yang sangat berbeda, satu merupakan sumber input dan satunya merupakan jack output. Kamu bisa dengan mudah membedakannya dengan melihat warna dari port tersebut. Jangan sampai salah mencolokkan antara port input ke output ataupun sebaliknya.

Lakukan Pembersihan Menyeluruh

Cara paling ampuh untuk mengatasi semua masalah di atas ialah dengan melakukan perawatan terhadap laptop secara berkala. Inilah yang sering dilupakan oleh para pengguna laptop, setelah membeli terus digunakan dan hanya melakukan maintenan terhadap softwarenya saja.

Perawatan sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan laptop secara berkala. Memperhatikan tempat saat membuka laptop, seperti tidak menggunakan laptop di tempat berdebu atau di alas tidak rata seperti kasur. Dengan melakukan perawatan secara hardware, umur laptop akan lebih panjang dan tidak akan berbunyi aneh pada saat digunakan.

Loading...

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendeteksi asal dari bunyi aneh saat menggunakan laptop. Kalau sudah terbiasa, kamu bisa dengan mudah menemui sumber masalah dengan mendegarkan jenis suaranya. Setelah mengidentifikasi sumber masalahnya, kami harap kamu bisa berhasil mengatasi masalah tersebut. Terimakasih sudah mengunjungi blog kami.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *