Cara Cepat Mengatasi Hp Tidak Bisa Dicas

Loading...

Kapasitas baterai HP jaman sekarang sudah tidak diragukan lagi pasti sangatlah besar. Kebutuhan daya yang besar ini berguna untuk menyokong kinerja dari HP. Meskipun begitu, semakin canggih SoC dari sebuah HP tingkat penggunaan baterainya lebih efektif dan efisien.

Canggihnya generasi SoC ini membuat HP tidak boros seperti jaman dulu. Dahulu kapasitas baterai yang besar merupakan strategi untuk mengatasi HP yang boros. Sekarang kapasitas baterai yang besar adalah nilai plus karena HP sudah semakin awet saat digunakan.

Untuk mengimbangi kapasitasnya yang besar HP dibekali dengan kecepatan charging yang cepat. Karena kalau hanya menggunakan daya biasa yang sekitar 10W rasanya proses pengisiaan akan sangat lama untuk HP dengan kapasitas baterai di atas 4000mAh.Kadang proses pengecasan tidak berhasil dan HP tidak bisa dicas, begini solusinya.

Loading...
HP tidak bisa dicas
Loading...

Penyebab HP tidak Bisa dicas

Cek Kondisi Listrik

Mungkin kamu akan sedikit merasa aneh saat membaca judul di atas. Tetapi, bukan berarti bisa diabaikan begitu saja, karena bisa saja penyebab utama kenapa HP tidak bisa dicas adalah listrik. Tidak adanya arus listrik (Mati Listrik) maka HP tidak akan bisa mendapatkan daya untuk mengisi baterainya. Untuk itu, periksalah terlebih dahulu apakah di sekitar daerahmu sedang terjadi pemadaman listrik atau tidak.

Hal lain yang perlu kamu cek adalah apakah adaptor dari charger sudah tercolok dengan benar ke stop kontak. Pasti kamu pernah mengalami saat melakukan pengecasan kemudian meninggalkannya dengan harapan HP akan terisi penuh saat kamu kembali. Kenyataannya HP tidak terisi sama sekali karena kamu lupa mencolokkan ujung adaptor ke terminal listrik, untuk itu cek kembali hal tersebut.

Charger Tidak Kompatibel atau Rusak

Tidak bisa dipungkiri kadang umur dari accessoris dari sebuah HP tidak lama, dan yang paling cepat rusak adalah perangkat charger. Hal ini tidak terlepas karena kita sering kali menggunakan dan menyimpannya dengan tidak hati – hati. Kalau charger sudah rusak mau tidak mau kita harus membelinya lagi agar HP tetap dapat hidup dan bisa digunakan.

Loading...

Harga dari charger orisinil tidaklah murah apalagi jika dibandingkan dengan charger pihak ketiga yang ada di pasaran. Kami sarankan kamu memilih charger yang kompatibel dan tidak melebihi arus yang seharusnya bisa diterima oleh si HP. Jangan pula menggunakan charger dengan harga yang terpaut murah karena dalam jangka waktu lama bisa saja merusak HP secara tidak langsung.

Baca Juga:

Kabel Data Tidak Didukung atau Rusak

Selain charger kamu juga harus memberikan perhatian ke kabelnya. Karena berbeda dengan jaman dahulu yang charger dan kabelnya menjadi satu. Kabel mempunyai tugas penting untuk menghantarkan daya yang diberikan oleh kepala charger untuk masuk kedalam HP.

Loading...

Kalau arus yang keluar dari charger tidak bisa dihantarkan dengan baik oleh kabel tersebut akan menyebabkan pengecasan kurang maksimal atau HP tidak bisa dicas sama sekali. Kami sangat menyarankan kamu untuk membeli kabel yang orisinal atau cari kabel yang memiliki kualitas baik dan tidak murahan.

Loading...

Ada beberapa kabel di pasaran yang dijual secara murah misal di bawah 10rban. Kabel tersebut memang bisa digunakan tetapi arus yang dihantarkan sangat kecil dan lagi tidak bisa digunakan untuk transfer data. Tentu saja, untuk jangka panjang penggunaan kabel ini dikhawatirkan bisa merusak HP secara tidak langsung.

Hardware HP ada yang Error

Pada penggunaan normal, kerusakan komponen dalam HP jarang sekali terjadi. Namun, ini tidak berlaku kalau kamu mendapatkan unit defect atau penggunaan yang tidak normal. Penggunaan yang kami maksud adalah HP habis terjatuh dari ketinggian, atau setelah tercebur ke dalam air. Seperti yang kita tahu, air adalah musuh utama dari komponen elektronik.

Loading...

Kalau memang HP habis terendam air, agar segera mungkin dikeringkan dan dimatikan jika unit masih menyala. Hal ini bertujuan untuk menghindari timbulnya korosi dan konsleting listrik. Nah, biasanya port charger adalah yang pertama kali rusak karena posisinya yang terbuka.

Penutup

Itulah beberapa langkah – langkah yang bisa kamu lakukan kalau tiba – tiba HP tidak bisa di cas. Kalau memang tidak bisa diatasi, kami sarankan untuk membawanya ke service center terdekat agar diperiksa lebih lanjut. Klaim garansi juga bisa dilakukan jika memang barang yang kamu terima merupakan cacat produksi dan masih tercover garansi. Terimakasih sudah mengunjungi blog kami.

Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *