Baterai Laptop Plugged in Charging Tapi Tidak Mengisi di Windows 10 8 7

Laptop merupakan sebuah komputer portabel yang menggunakan baterai sebagai sumber dayanya, maka dari itu kamu tidak perlu untuk mencolokkan kabel saat menggunakan laptop. Tentu saja hal ini tidak berlaku jika laptopmu sudah mengalami baterai drop. Baterai drop sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah arus listrik yang tidak stabil saat melakukan pengecasan.

Not Charging

Mungkin masalah baterai drop tidak akan bisa kamu deteksi dan rasakan sebelum terjadi dan parah, misal baru digunakan beberapa saat baterai langsung habis, padahal kamu baru saja mengecasnya. Kamu cukup melakukan penggantian baterai agar masalah tersebut langsung teratasi.

Selain baterai drop ada juga masalah pada baterai yang mungkin sering kamu alami. Contohnya kamu melakukan pengecasan pada baterai laptop menggunakan kabel daya, tetapi indikator menunjukkan tidak mengisi atau plugged in not charging. Banyak cara untuk mengatasi masalah ini, berikut penjelasannya.

Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Tidak Mengisi

Cek Charger

Pertama kamu bisa melakukan pengecekan pada chargermu terlebih dahulu, karena bisa jadi masalah disebabkan oleh chargermu yang memnag bermasalah. Kamu bisa menggunakan laptop lain yang bertipe sama untuk memastikan charger bekerja dengan normal. Kalau hasilnya sama saja, maka sudah saatnya untuk berganti charger laptop.

Cek Kestabilan Daya Listrik

Lakukan pengecekan juga pada daya listrik dirumahmu apakah sedang tidak stabil atau hal lain. Kalau memang sedang tidak stabil kami sarnakan untuk langsung mencabut cherger dari stop kontak, karena akan sangat beresiko merusak baterai laptop dan laptop itu sendiri.

Coba Lakukan Restart Laptop

Terkadang semua masalah yang kamu temui pada saat menggunakan laptop bisa dengan mudah diatasi hanya dengan melakukan restart saja. Meskipun pasti bisa langsung mengatasi maslaahmu, tetapi harapan masih tetap ada. Lagipula melakukan restart pada laptop tidak akan membuatmu rugi dan tidak ada salahnya dicoba.

Cek Software yang menghalangi Pengisian Daya

Beberapa vendor laptop ada yang mendesain laptop buatannya agar bisa mengatur kapan baterai laptop boleh diisi daya, misal baterai laptop akan mulai diisi jika sudah dibawah 60% dan lebih dari itu tidak akan terisi. Artinya laptop baru akan mengisi daya saat baterai jatuh ke titik tertentu dan akan berhenti pada saat mencapai sekian persen.

Hal inilah yang bisa saja menyebabkan baterai laptop seakan tidak bertambah dan menggunakan langsung daya dari charger, sedangkan baterai bertindak sebagai sumber cadangan kalau aliran listrik sudah terputus.

Baca Juga:

Lakukan Kalibrasi Baterai Laptop

Ada kalanya kamu diharuskan untuk melakukan kalibrasi baterai, meskipun tidak ada aturan pasti kapan harus dilakukan kalibrasi terhadap baterai. Kalibrasi bisa dibilang merupakan cara untuk menyamakan persepsi antara apa yang dibaca software dengan keadaan riil di lapangan, dalam kasus ini tentu saja persentase baterai.

Bisa saja alasan kenapa laptopmu tidak mengisi karena laptop membaca baterai belum penuh, sedangkan kondisi riil baterai sudah terisi penuh. Kamu bisa dengan mudah melakukan kalibrasi dengan cara mengosongkan baterai laptop sampai 0% kemudian mengisinya kembali sampai penuh. Jika terdapat software kalibrasi yang memang disediakan oleh vendor, kamu bisa mencoba menggunakan software tersebut.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencari penyebab dan mengatasi baterai laptop yang tidak mau di charge. Kalau semua cara diatas tidak berhasil, mungkin saja sudah saatnya untuk mempertimbangkan membeli baterai laptop baru. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini ya.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *