Cara Mudah Sharing Data dan File Menggunakan Kabel LAN

Mungkin kamu pernah mengalami ingin melakukan transfer file antar laptop dengan ukuran file besar tetapi tidak ada flashdisk disekitarmu. Kalau filenya berukuran kecil mungkin kamu bisa menguploadnya di WA terlebih dahulu kemudian mengunduhnya di laptop satunya. Tetapi cara tersebut terkesan ribet dan cukup menghabiskan kuota.

Sharing Data

Ada cara yang sangat mudah untuk mengatasi masalah tersebut, tinggal sambungkan saja kedua laptop tersebut ke dalam jaringan yang sama. Keduanya bisa tersambung ke LAN atau WIFI yang sama dan tentunya cara ini lebih gampang dan kamu tinggal drag and drop file yang kamu inginkan semudah copy paste. Mau tahu bagaimana caranya?, simak penjelasan berikut.

Cara Mengaktifkan File Sharing di Windows 10

Sambungkan Kabel LAN / WIFI

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari kabel LAN agar kamu bisa melakukan sharing file data antar komputer. Alternatif lain kamu bisa menggunakan jaringan wifi atau hotspot HP kalau memang tidak ada yang lain.

Pastikan kedua komputer atau laptop sudah didalam jaringan yang sama dan sudah menyala. Untuk memastikan kembali kalau komputer sudah tersambung satu sama lain, kamu bisa menggunakan perintah “ping <spasi> ip komputer” dan pastikan tidak ada request time out.

Aktifkan Pengaturan Sharing

Agar sharing data lebih lancar dan lebih aman, kamu perlu untuk melakukan beberapa pengaturan terlebih dahulu. Buka menu Network and Sharing Center>Change Advanced Sharing Setting.

Sesuaikan pengaturan sesuai dengan gambar diatas, jangan lupa aktifkan firewall bawaan windows agar tidak bisa diakses oleh sembarang orang.

Baca Juga:

Pilih Folder yang Akan diShare

Setelah kedua laptop terhubung satu sama lain, langkah berikutnya adalah menentukan folder yang nantinya akan bisa diakses oleh komputer lain. Kalau file yang ingin kamu share masih belum berada di dalam folder, buatlah folder terlebih dahulu. Lalu klik kanan> properties folder tersebut, maka akan muncul pengaturan seperti gambar dibawah.

Folder Belum Di Share

Klik Share dan Klik Share Lagi, kamu akan diminta untuk mengaktifkan file sharing jika sebelumnya belum mengaktifkan file tersebut, pilih yes. Setelah kamu melakukan langkah diatas maka Network Path akan muncul sekarang.

Akses File yang sudah di share

Untuk melakukan akses ke folder yang sudah berhasil di share, kamu bisa dengan mudah mengaksesnya melalui windows explorer. Caranya buka windows explorer kemudian ketikkan “\\ip komputer yang sudah dishare” di address bar. Sekarang kamu bisa dengan mudah mengakses file dan folder yang kamu share di komputer manapun yang berjalan di satu jaringan sama.

Cara Setting Printer Agar Bisa Print Lewat Jaringan LAN / WIFI

Kamu mungkin salah satu orang yang dikantornya hanya memiliki satu printer saja dan printer tersebut ternyata belum support koneksi wifi dan hanya menyediakan USB saja. Pasti kamu sudah merasakan betara repotnya disaat mau ngeprint harus ribet jalan ke printer, antri, colok cabut kabel. Hal semacam itu bisa diatasi dengan melakukan share printer ke jaringan. Begini caranya.

Hal yang perlu dipersiapkan

  • PC yang selalu aktif bertugas selayaknya server
  • Printer yang tidak mendukung fitur WIFI
  • Laptop untuk ngeprint

Sambungkan Printer Ke PC

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menghidupkan printer dan menyambungkannya ke PC yang sudah disiapkan seblumnya. Setelah itu cobalah untuk ngeprint lewat PC dan pastikan printer tidak bermasalah.

Setting Jaringan PC

Sambungkan PC ke jaringan yang nantinya akan digunakan oleh laptop atau PC lain untuk keperluan print, bisa via WIFI maupun kabel LAN. Jangan lupa untuk mencatat IP dari PC server karena akan digunakan untuk alamat tujuan saat mau ngeprint lewat jaringan.

Setting Sharing Printer

Masuk ke pengaturan Printer dan Scanner, lalu pilih printer yang akan kamu share. Pilih manage lalu printer properties. Kamu akan menemui jendela seperti berikut.

Aktifkan sharing printer melalui ceklist Share this printer.

Gunakan Jaringan yang Sama Untuk Print

Untuk menambahkan printer yang sudah di share sebelumnya. Pada windows 10 kamu cukup masuk ke menu Printer dan Scanner dan klik tombol +add printer and scanner maka windows akan otomatis mendeteksi printer yang sudah dishare dalam jaringan yang sama. Untuk melakukan print kamu hanya perlu melakukan print seperti biasa dan mengubah printer menjadi nama printer yang sudah dishare.

Penutup

Setelah kamu menghubungkan komputer dan printer ke jaringan, baik melalui lan ataupun wifi. Kamu bisa dengan mudah mengakses folder menggunakan fitur sharing data dan bisa melakukan print tanpa perlu mencolokkan kabel printer ke laptop. Tetapi yang harus kamu ingat jangan gunakan jaringan publik agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk sharing data melalui LAN/WIFI dan melakukan print melalui jaringan. Terimakasih sudah mengunjungi blog kami.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *