Cara Mudah Mengaktifkan Kamera Laptop di Windows 10

Webcam adalah sebuah kamera yang terletak pada atas layar sebuah laptop. Fungsi utama dari kamera ini bukan untuk selfie dan merekam video, karena kualitas kamera dari webcam laptop cenderung lebih rendah daripada kamera selfie di HP. Hal ini dikarenakan fungsi utamanya lebih sebagai pelengkap dan digunakan untuk digunakan seperlunya saja.

Webcam Laptop

Meskipun begitu webcam menjadi sangat penting bagi kamu yang sering melakukan meeting secara online atau sekadar ingin melakukan video call menggunakan laptop. Seperti halnya perangkat lain pada sebuah laptop, webcam juga tidak terlepas dari masalah. Misalnya saja tidak bisa dihidupkan saat dibutuhkan. Berikut cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Mengatasi Kamera Laptop Lenovo, Asus, Acer yang Tidak Berfungsi di Windows 10

Cek Kamera Laptop

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan fisik dari kamera yang ada di laptop. Pastikan kalau laptopmu memang memiliki kamera di atas atau dibawah layar. Karena untuk laptop tipe tertentu ada yang tidak menyediakan kamera webcam di laptopnya. Pastikan juga webcam tersebut kelihatan normal secara fisik.

Cek Driver

Masuk ke Device Manager lalu cari webcam kamu di list driver yang ada di device manager. Webcam baisanya akan ada di baris cameras. Kalau disana tidak tertera webcam dari laptopmu, coba untuk melakukan install driver atau menggunakan windows update agar bisa menginstall driver secara otomatis.

Cek BIOS

BIOS merupakan program dasar yang mengatur hardware laptop dan diload pada saat laptop pertama kali booting. Bisa saja webcam kamu dimatikan di sisi bios dan menyebabkan tidak bisa terbaca oleh sistem operasi yang kamu gunakan. Kamu bisa dengan mudah mengakses bios dengan menekan tombol tertentu setelah menekan tombol power. Tombol yang umumnya digunakan untuk mengakses bios adalah tombol DEL.

Cek Tombol Fisik

Ada tipe laptop tertentu yang memiliki tombol fisik agar bisa dengan mudah untuk mematikan dan mengaktifkan webcam. Tombol fisik ini berfungsi sebagai switch webcam dan kalau dalam posisi off maka webcam tidak akan bisa terdeteksi oleh sistem operasi dan menganggap laptopmu tidak memiliki webcam.

Terkadang keberadaan tombol ini tidak disadari oleh pengguna laptop, maka dari itu cek kembali laptopmu apakah ada tombol ini atau tidak. Umumnya tombol on/off webcam ada di bagian paling atas keyboard dan bergabung dengan tombol shorcut lainnya.

Cek Perizinan Aplikasi

Seperti halnya pada Android beberapa aplikasi windows mungkin akan meminta ijin pada saat ingin menggunakan webcam laptop. Coba kamu cek pengaturan yang ada pada aplikasi tersebut apakah semua ijin yang diminta oleh aplikasi apalagi terkait dengan kamera sudah diijinkan semuanya.

Baca Juga:

Cara Mengamankan WebCam Laptop Agar Aman dari Peretas

Mematikan akses pada webcam saat kita melakukan browsing di internet bisa dibilang merupakan hal yang wajib dilakukan, karena kita tidak pernah tahu apakah laptop kita sudah disusupi oleh program pengintai atau belum. Bahkan para pakar internet di seluruh dunia sangat menyarankan untuk melakukannya. Tentu kamu tidak ingin kan hal yang kamu lakukan di depan laptop tersebar tanpa seijinmu di internet.

Bisa dibilang caranya merupakan kebalikan dari apa yang sudah kami bahas diatas. Kamu bisa mematikan webcam baik dari sisi software maupun hardware, tetapi jangan lupa langkah yang harus kamu lakukan untuk mengaktifkannya kembali. Berikut caranya.

Gunakan Stiker Untuk Menutup WebCam

Cara yang paling mudah dan paling kami rekomendasikan adalah dengan menggunakan penutup fisik pada webcam secara langsung. Kamu bisa menggunakan selotip atau stiker untuk menutupnya, kalau kamu mementingkan hal estetika bisa menggunakan penutup webcam yang bisa kamu beli di marketplace favoritmu.

Matikan Kamera Dari BIOS

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, bios mengatur hardware apa saja yang aktif dan boleh digunakan oleh sistem operasi. Jadi kalau pada pengaturan bios laptopmu ada opsi untuk mematikan kamera, kamu bisa mencoba untuk menggunakan pilihan tersebut. Cara ini tidak bisa dilakukan di semua laptop, karena tergantung apakah bios mendukung atau tidak.

Disable Webcam lewat Device Manager

Melakukan disable kamera melalui aplikasi device manager merupakan cara yang cukup mudah. Kamu bisa dengan mudah melakukan disable dan mengaktifkannya kembali saat membutuhkannya. Meskipun cara ini tidak terlalu efektif melindungi privasi kamu, karena bisa saja program pengintai mengaktifkan kamera tanpa sepengetahuan kamu. Tetapi tidak ada salahnya untuk menggunakan cara ini, daripada tidak sama sekali.

Gunakan Tombol di Keyboard

Tidak bisa dilakukan oleh semua tipe laptop, karena tidak semua laptop menyidiakan tombol yang secara khusus untuk melakukan enable/disable webcam. Biasanya laptop hanya mendiakan tombol enable/disable wifi, mousepad. Kalau kamu menggunakan laptop yang mempunyai tombol ini, bisa dibilang sangat beruntung, karena menggunakan tombol ini merupakan cara yang tidak ribet dan cenderung efektif.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki webcam laptop yang tidak rusak secara fisik tetapi tidak bisa digunakan dengan normal. Setelah melakukan usaha untuk memblokir akses pada webcam, jangan lupa untuk mengecek hasilnya pada aplikasi kamera. Terimakasih sudah bersedia mengunjungi blog kami.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *