Ternyata Mudah, Begini Cara Untuk Mengetahui Tipe Laptop

Sebuah laptop dapat dengan mudah diidentifikasi spesifikasinya hanya dengan mengetahui tipe dari laptop tersebut. Tetapi tidak jarang vendor mengeluarkan laptop dengan tipe yang sama namun yang membedakan adalah nomor seri dibelakangnya.

Box Laptop

Misalnya saja Laptop Asus, Laptop Acer, serta vendor laptop lain mengeluarkan seri laptop dengan tipe sama namun berbeda processor dan kapasitas ram. Tentunya hal ini akan membuatmu bingung pada saat ingin melakukan sesuatu dengan laptopmu misal ingin mengupgrade laptop atau mencari aksesoris yang cocok.

Bisa dibilang laptop dengan seri seperti ini serupa tetapi tidak sama. Nah untuk mengetahui tipe laptop kamu secara pasti agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Berikut cara untuk mengetahui tipe laptop dengan benar.

Cara Melihat Tipe Laptop

Melalui Box Penjualan

Sebaiknya kamu jangan terburu – buru untuk membuang kardus atau box yang kamu dapat saat membeli laptop baru. Karena pada box tersebut ada informasi penting yang bisa kamu dapatkan. Seperti masa garansi, buku panduan untuk perawatan laptop dan informasi lengkap mengenai tipe laptop yang dipacking menggunakan kardus tersebut.

Melalui BIOS

Kamu juga bisa melihat informasi model laptop kamu melalui menu BIOS yang tersedia di semua laptop. Cara mengaksesnya tergantung dengan vendor masing masing laptop, tetapi umumnya adalah menggunakan tombol DEL pada saat laptop baru dihidupkan dan sebelum muncul logo windows jika kamu pengguna windows.

Melalui DXDIAG

Kalau kamu sudah terlanjur masuk kedalam windows atau kesulitan untuk mengakses BIOS dengan cara biasa. Tidak perlu khawatir, karena ada laternatif lain yaitu melalui DXDIAG. kamu bisa mengakses DXDIAG dengan mengetikkan kata “dxdiag” di kolom pencarian windows. Maka akan muncul window baru yang menampilkan spesifikasi laptop secara lengkap sampai seri laptop tersebut.

Baca Juga:

Lihat di Stiker Fisik Laptop

Cara paling mudah dan mungkin kamu tidak menyadarinya, bahwa setiap laptop akan menyediakan informasi umum terkait spesifikasi dan model dari laptop tersebut. Informasi berupa stiker ini bisa kamu temukan ditempel pada body laptop yang biasanya terletak dibawah keyboard dan dibelakang body. Mungkin kamu tidak akan menemukan seri laptop di bagian bawah keyboard dan baru akan mendapatkannya di bagian belakang body laptop.

Menggunakan Aplikasi Tambahan

Cara terakhir yang bisa kamu coba ialah dengan menggunakan aplikasi eksternal yang bisa kamu unduh secara gratis di internet. Nama aplikasi tersebut adalah CPU-Z. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu akan dengan mudah mengetahui setiap bagian dari laptopmu tanpa harus membongkar laptop. Kamu bisa menemukan informasi mengenai seri dan model laptop pada tab Mainboard di aplikasi CPU-Z.

Penutup

Itulah beberapa cara untuk melihat tipe laptop yang sedang kamu gunakan saat ini. Jika kamu masih kurang yakin atau masih belum puas, coba untuk mengeceknya melalui situs resmi dari vendor terkait. Terimaksih sudah mengunjungi blog ini.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *