Tidak Sampai 5 Menit, Begini Cara Menambah RAM Laptop

Tidak bisa dipungkiri RAM (Random Access Memory) yang terinstall pada laptop mempunyai andil yang cukup besar untuk mempercepat kinerja laptop. Apalagi RAM merupakan komponen yang paling mudah untuk dilakukan upgrade atau penggantian pada sebuah laptop.

Tetapi jangan terburu – buru untuk membeli RAM baru karena tergiur dengan performa laptop yang lebih kencang. Ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli ram dan pada saat ingin memasangnya pada laptop kesanyangan.

Menambah RAM

Bagaimana jadinya jika ternyata RAM yang sudah terlanjur kamu beli tidak bsia dipasang pada laptop karena kita salah beli atau ternyata laptop tidak mendukung untuk dilakukan upgrade RAM. Tidak perlu khawatir, begini cara menambah RAM laptop dengan benar.

Cara Menambah RAM Laptop dengan Benar

1. Pastikan Jenis RAM Laptop

Sebelum terburu – buru untuk membeli ram baru untuk laptopmu, ada baiknya kamu terlebih dahulu memastikan jenis ram yang digunakan oleh laptopmu. Jangan sampai kamu sudah terlanjur membeli tetapi tidak bisa dipasangkan di laptop. Tentu saja hal ini akan membuatmu rugi waktu dan biaya.

Untuk saat ini RAM laptop ada yang DDR3,DDR4 dan seterusnya, apalagi ada yang memiliki tipe DDR3L, DDR4L dan seterusnya. Kamu bisa dengan mudah memastikannya dengan melihat buku petunjuk yang disertakan pada saat pembelian atau coba bongkar telebih dahulu laptop tersebut.

2. Tentukan Kapasitas RAM yang ingin ditambahkan

Hal yang selanjutnya perlu kamu pertimbangkan ialah berapa kapasitas RAM yang akan kamu tambahkan ke laptop. Jangan terlalu besar menambah RAM pada laptop, kami sarankan maksimal 2x lipat dari kapasitas RAM asli pada laptop. Karena performa dari laptop tidak hanya ditentukan oleh RAM saja dan bisa saja kapasitas RAM yang terlalu besar tidak bisa digunakan secara maksimal.

3. Periksa ketersediaan Slot RAM yang tersisa

Setelah kamu memutuskan kapasitas dan jenis RAM yang ingin kamu beli, jangan lupa periksa apakah masih tersedia slot kosong pada laptop yang ingin kamu tambah kapasitas RAMnya. Jika slotnya penuh atau tidak tersedia, maka kamu tidak dapat menambah RAM pada laptop tersebut.

Untuk mengeceknya sangat mudah tinggal bongkar saja laptop tersebut, tetapi jika kamu tidak ingin untuk melakukan bongkar laptop hanya untuk mengecek slot yang ada, kamu bisa melihat video di Youtube untuk memberimu gambaran mengenai informasi tersebut.

4. Pasang atau ganti RAM

Sekarang saatnya kamu untuk memasangkan RAM yang sudah kamu beli. Proses memasang RAM sangatlah mudah kamu hanya perlu menancapkannya kedalam slot yang tersedia dan akan terkunci secara otomatis. Kamu juga tidak perlu memasang driver atau software tambahan, RAM akan otomatis terbaca oleh sistem.

5. Pastikan RAM sudah terbaca oleh Laptop

Setelah kamu memasang RAM dan menutup cover laptop kembali, pastikan apakah laptopmu bisa booting dengan normal dan cek apakah ram sudah bertambah sesuai dengan modul ram yang kamu beli. Kamu bisa mengeceknya di taskmanager maupun melalui software lainnya. Jika RAM belum terbaca atau laptop tidak mau booting setelah memasang RAM yang baru, coba cek kembali apakah kamu sudah memasangnya dengan benar.

Baca Juga:

Cara Membersihkan Ram Laptop

Kamu memerlukan untuk membersihkan RAM laptop sekali-kali. Karena secara tidak langsung dengan membersihkan RAM laptop akan meminimalisir akan terjadinya error pada saat menggunakan laptop. Untuk membersihkan RAM laptop mau tidak mau kamu harus membongkar laptop tersebut dan tentunya hal ini akan langsung menghanguskan garansi.

Kamu bisa membersihkan RAM dengan kuas atau dengan penghapus pensil yang tidak meninggalkan bekas pada kaki modul RAM. Jangan sekali – kali membersihkan RAM dengan menggunakan air, karena seperti yang kita tahu air merupakan musuh alami dari perangkat elektronik. Kamu juga bisa sekalian membersihkan laptop dari debu agar tidak gampang panas saat digunakan untuk pekerjaan ringan.

Penutup

Itulah beberapa langkah mudah yang bisa kamu praktekkan saat memasang RAM di laptop. Mungkin pada saat booting pertama kali akan terasa lama dan perubahan tidak terasa secara signifikan, ini merupakan hal yang normal. Karena sistem akan membiasakan dirinya terlebih dahulu. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *