5 Alasan Untuk Beralih ke USB Type C

Kabel USB ( Universal Serial Bus ) pasti sudah sangat sering kita lihat di berbagai penjuru rumah kita saat ini. Ditemukan sekitar tahun 90an kabel usb digunakan sebagai sarana berkomunikasi antar device. Sejak saat itu kecepatan transfer data sebuah kabel usb terus mengalami peningkatan sesuai dengan kebutuhan orang – orang pada masa sekarang. Dimulai dari USBv1, sampai yang terbaru adalah USB4 yang masih dalam tahap pengembangan dan baru diperkenalkan di tahun 2019.

Beralih Ke USB C

Selain digunakan sebagai sarana untuk mentransfer data, kabel usb juga digunakan sebagai sarana untuk mencharge device kita. Karena hal ini lah banyak device di sekitar kita seperti HP, Game Controller, dan banyak barang elektronik lain yang menggunakan kabel usb sebagai kabel charging dan transfer data. Untuk port dari kabel usb juga mengalami perubahan dalam hal fungsi dan bentuk mulai dari USB A sampai dengan yang terbaru adalah USB Tipe C. Meskipun masih banyak device yang menggunakan port microB, tetapi device yang menggunakan USB C sudah mulai banyak di pasaran.

Berikut beberapa alasan mengapa kita perlu beralih dari port lama ke USB C.

Saatnya Menggunakan USB Tipe C

1. Satu Port Untuk Semua

Kabel usb yang sudah menggunakan standar usb c tidak hanya bisa digunakan untuk mentransfer data dan isi daya saja lho. Kamu pasti sudah tahu atau punya HP yang sudah menggunakan konektor ini dan tidak mempunyai audio jack 3,5 menggunakannya untuk mentransmisikan suara. Tetapi tidak hanya terbatas pada itu, Usb c juga bisa untuk menghubungkan device kita ke layar monitor maupun proyektor dengan mudah.

Keuntungan lain selain bisa menayangkan gambar dan suara ialah dengan menggunakan usb c device bisa dibuat menjadi lebih tipis lagi. Karena semua port yang selama ini memakan tempat seperti jack audio dan port hdmi bisa digantikan dengan satu port saja yang ukurannya tentu lebih kecil.

2. Mengikuti Trend

Kalau kamu mengikuti perkembangan teknologi masa kini, pasti sudah menyadarinya. Banyak device terbaru yang selalu menyediakan port USB C daripada menggunakan USB MicroB. Selain karena permintaan pasar, produsen mulai beralih ke USB C karena dianggap sebagai teknologi baru dan menguntungkan. Bahkan jajaran laptop apple juga sudah mulai mengadopsi port tipe ini. So, kalau kamu tidak ingin ketinggalan jaman dan selalu menjadi orang terupdate gunakanlah device yang mempunyai konektor USB C ya.

Baca Juga:

3. Kecepatan Transfer Data Lebih Cepat

Jaman sekarang semua hal ingin dilakukan dengan cepat, begitu juga dengan transfer data. Apalagi jaman sekarang file data yang ditransfer sudah pasti bukan ukuran MegaBite dan GigaBite lagi, melainkan sudah mulai menggunakan ukuran TeraBite. Kamu tentunya tidak mau kan menunggu lama saat proses copy paste file harddisk yang berukuran sangat besar. Harddisk eksternal sekarang juga sudah ada yang menggunakan USB 3.1 dengan tipe c konektor.

4. Bisa Fast Charging

Kita tentunya memerlukan sebuah device yang mampu menemani aktivitas kita sehari hari tanpa harus sering mengisi ulang daya. Meskipun jika terpaksa mengisi daya kamu juga tidak ingin mengunggu terlalu lama sampai device kamu siap digunakan kembali. Menjawab permasalahan tersebut sudah ditemukan teknologi bernama Fast Charging, Quick Charging dan pengisian daya cepat yang lain.

Walaupun namanya berbeda tetapi mempunyai persyaratan yang sama yaitu device kamu harus menggunakan port konektor tipe c. Hal ini dibutuhkan karena port koneksi tipe lama tidak memenuhi spesifikasi yang diharapkan untuk support pengisian daya secara cepat.

5. Reversible Connector

Apakah kamu pernah mengalami saat akan mencolokkan usb tidak mau masuk, kamu membaliknya tetap tidak mau dan kamu membaliknya lagi ke posisi semula baru mau masuk. Tenang saja, hal ini tidak hanya terjadi kepada kamu saja melainkan semua orang yang pernah menggunakan dan menyambungkan USB pasti pernah mengalami kejadian ini. Dengan datangnya USB C kita bisa mengucapkan selamat tinggal dengan pengalaman ini. Karena konektor USB C sudah di desain sedemikian rupa agar bisa dicolok langsung tanpa harus repot membolak-balik kabel.

Penutup

Perkembangan teknologi memang tidak ada habisnya, selalu ada teknologi baru yang ditemukan untuk mempermudah hidup orang banyak. Mungkin kedepannya akan ada protokol USB lain yang lebih mumpuni dalam hal spesifikasi dan kemudahan penggunaan. Mari kita tunggu saja 🙂

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *