7 Aplikasi Wajib yang harus ada di Laptop Setelah Install Ulang

Saat sebuah laptop mengalami error yang cukup parah dan sudah tidak ada harapan untuk diperbaiki. Cara satu-satunya yang efektif dan efisien dalam menangani masalah tersebut adalah melakukan install ulang. Terkena virus yang parah juga salah satu alasan untuk melakukan install ulang. Kamu tentunya tidak mau mengambil resiko virus komputer yang menyerang salah satu file mu menyebar ke file lain.

Aplikasi Wajib Laptop

Dengan melakukan install ulang, mau tidak mau semua data yang sebelumnya tersedia di dalam laptop yang kamu pakai sehari hari itu akan hilang semuanya. Meskipun yang diformat adalah drive C: tetapi masih ada resiko kamu salah format drive dan mengakibatkan datamu terhapus seluruhnya. Maka dari itu kamu sangat menganjurkan kamu untuk melakukan backup data sebelum melakukan proses install ulang.

Setelah melakukan install ulang laptop kamu akan kosong dan hanya terdapat beberapa aplikasi dasar. Untuk itu kamu perlu menginstall aplikasi tambahan agar laptop kamu kembali ke sedia kala. Berikut beberapa aplikasi yang wajib kamu install setelah melakukan install ulang.

Aplikasi yang Wajib Ada di Laptop Windows 10, 7

1. Browser / Peramban

Aplikasi paling penting yang harus kamu install pertama kali adalah sebuah browser atau peramban web. Menggunakan aplikasi ini kamu bisa mengunduh file – file lain yang kamu perlukan dari situs web. Jika kamu menggunakan Operating Sistem Windows sebenarnya sudah dibekali dengan browser bawaan. Tetapi kebanyakan orang memilih untuk menggunakan browser lain dengan alasan masing masing.

2. Driver Hardware

Software penting yang harus kamu install agar hardware di laptop kamu bisa bekerja secara maksimal. Driver merupakan aplikasi penghubung antara hardware dan operating sistem. Install driver yang sesuai dengan laptopmu, setiap laptop mempunyai drivernya masing – masing. Kamu bisa menemukan file instalasi driver di CD bawaan laptop atau bisa dengan mengunduh via internet di situs resmi dari vendor laptop.

Baca Juga:

3. Aplikasi Kompresi File

File compression seperti winrar atau 7-zip juga termasuk ke dalam daftar aplikasi yang harus kamu install duluan. Biasanya software atau aplikasi yang kamu download dari internet menggunakan format kompresi guna memperkecil ukuran file dan menghemat bandwidth. Kamu tentunya memerlukan aplikasi ini jika ingin membuka file tersebut kan.

4. Aplikasi Office

Mempunyai sebuah laptop yang digunakan sebagai penunjang aktivitas pekerjaan, tentunya harus didukung dengan adanya aplikasi perkantoran. Software seperti microsoft office dan aplikasi alternatif lain yang digunakan untuk mendukung produktivitasmu. Jangan lupa aplikasi untuk membaca file PDF seperti adobe reader, nitropdf dan sebagainya untuk melengkapi koleksi aplikasimu.

5. Media Player

Tidak melulu sebagai alat untuk ngantor laptop juga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hiburan. Jika kamu ingin menggunakan laptop untuk hiburan, seperti nonton film atau sekadar mendengarkan musik agar menyegarkan pikiran. Kamu wajib menginstall aplikasi media player untuk memainkan file film tersebut. Kami merekomendasikan kamu untuk menggunakan K-Lite Codec Pack.

6. Pengolah Grafis

Jika kamu bekerja dalam industri kreatif yang berhubungan dengan editing audio dan visual, tentunya membutuhkan aplikasi pengolah grafis. Ada berbagai macam aplikasi pengolah grafis yang bisa kamu dapatkan di pasaran. Dari yang gratis sampai yang berbayar pun ada, untuk pengolah gambar misalnya ada yang berbasis vektor maupun berbasis foto. Tapi yang perlu diingat aplikasi pengolah grafis memerlukan spesifikasi laptop cukup tinggi dan memperberat sistem secara keseluruhan.

7. Antivirus

Sebuah aplikasi yang bertugas untuk menjaga laptopmu agar tidak terkena virus dan mengamankan file-file mu dari orang tidak bertanggungjawab. Kamu bisa menginstall antivirus baik yang gratis maupun yang berbayar sesuai dengan kebutuhanmu. Tetapi jangan menggunakan lebih dari satu antivirus, karena akan memperlambat kinerja laptopmu dan akan terjadi bentrok antar software antivirus.

Penutup

Beberapa aplikasi yang kami sebutkan diatas merupakan aplikasi yang secara umum terinstall di laptop dan aplikasi yang digunakan sebagai pendukung perkerjaan. Preferensi aplikasi untuk setiap orang berbeda- beda dan tergantung kebutuhan. Jika kamu punya pendapat lain mengenai aplikasi apa saja yang wajib di install pada sebuah laptop silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *