Solusi Cepat Untuk Mengatasi HP di Cas Malah Berkurang

Tidak bisa dipungkiri di jaman sekarang HP menjadi barang yang sangat berharga dan dibawa kemana – mana untuk kebutuhan komunikasi. Selain untuk komunikasi HP yang sudah bergelar Smartphone bisa digunakan untuk kebutuhan hiburan baik bermain game maupun sekadar menonton film. HP jaman sekarang sudah bisa sedikit menggeser fungsi sebuah laptop dan bisa digunakan untuk pekerjaan kantoran juga.

Baterai HP

Untuk menunjang semua fungsi tersebut HP dibekali dengan baterai berkapasitas besar atau kecepatan charging yang dipangkas. Bahkan ada HP yang bisa penuh dalam hitungan menit saja. Tetapi terkadang kita mengalami masalah saat akan melakukan pengecasan. Misalnya saat kita cas baterai HP bukannya penuh malah berkurang. Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Penyebab HP di Cas Malah Berkurang

Listrik Tidak Stabil

Kita melakukan cas pada baterai HP dengan menggunakan adapter daya yang dicolok ke terminal daya. Dalam konsisi ini kemampuan listrik sangat mempengaruhi. Daya listrik yang tidak stabil saat kita melakukan pengisian daya ponsel, mengakibatkan daya yang diterima ponsel juga tidak stabil dan membuat sensor pembaca kapasitas menjadi tidak akurat.

Akibat jangka panjang yang bisa saja terjadi jika kita terus melakukan pengecasan saat listrik sedang tidak stabil adalah baterai bisa bocor dan cepat habis bahkan rusak. Maka dari itu kami sarankan kamu hanya melakukan cas pada saat daya stabil.

Kabel Daya Abal – Abal

Aksesoris bawaan HP mu sudah lama rusak atau hilang dan kamu membeli charger dari pihak ketiga yang tidak jelas asal – usulnya juga bisa jadi penyebab masalah ini bisa terjadi. Menggunakan aksesoris bukan original biasanya tidak sesuai dengan apa yang sudah ditentukan oleh pabrikan HP. Apalagi charger dan kabel daya tersebut termasuk “murahan”, kami sarankan kamu jangan tergiur dengan harganya yang murah dan malah membuat HP kamu menjadi rusak.

Banyak pembuat charger dan kabel daya berkualitas yang bukan dari vendor resmi. Kamu bisa dengan mudah membedakannya hanya dengan melihat build quality dan harganya yang masuk akal dan tidak terlampau murah di pasaran.

Sedang Digunakan

Menggunakan HP saat sedang dicas merupakan kebiasaan yang harus kamu hindari dan tinggalkan. Lebih baik menunggu baterai HP agar penuh terlebih dahulu daripada menggunakan HP sembari dicas. Kebiasaan ini mengakibatkan HP mengalami panas yang berlebih dan dapat berakibat memperpendek baterai HP itu sendiri, bahkan bisa sampai meledak.

Baca Juga:

Saat menggunakan HP sambil di cas, baterai tidak akan bisa terisi secara efisien. Hal ini dikarenakan daya dari charger dan daya yang digunakan oleh HP pada saat itu kurang lebih sama, berarti daya listrik yang dihantarkan oleh cas tidak akan tersimpan dalam baterai.

Tidak ada sinyal

Fungsi utama sebuah Hp adalah untuk melakukan komunikasi dan agar bisa bekerja secara baik dibutuhkan sinyal dari operator. Kondisi sinyal yang tidak stabil dan sering hilang timbul akan mengakibatkan ponsel berusaha mencari sinyal tersebut agar berfungsi normal. HP yang terus-terusan mencari sinyal akan menggunakan daya yang sangatlah besar, kurang lebih efeknya akan sama dengan HP yang sedang digunakan.

Sebaiknya gunakan mode penerbangan atau matikan HP saat ingin dicas agar proses charging bisa lebih cepat dan tidak merusak baterai. Kalau kamu tidak ingin ketinggalan notifikasi yang masuk, usahakan jangan mnegeset HP pada mode 4G only atau 3G only jika dirasa kondisi sinyal tersebut tidak memadai. Biarkan HP menentukan sinyal mana yang lebih kuat dan stabil.

HP Error

Penyebab lain yang mengakibatkan HP yang di cas bukannya penuh malah berkurang, bisa jadi karena HP kamu sedang error dan membutuhkan beberapa pengaturan agar bisa kembali normal. Hal ini sering terjadi jika kamu menggunakan Unofficial Rom yang kamu download dari internet.

Kamu juga bisa saja mengalami error jika HP kamu sudah diroot dan kamu menginstall aplikasi yang membutuhkan akses root. Bisa jadi aplikasi -aplikasi ini melakukan pengubahan dalam sistem yang mengakibatkan pembacaan baterai menjadi bermasalah.

Kabel Belum dicolok

Meskipun terdengar tidak masuk akal, sering kali kita berpikir sudah mengecas HP dengan benar dan meninggalkannya untuk melakukan aktivitas lain. Tetapi yang terjadi saat kita kembali untuk mengambil HP yang dalam asumsi baterai pasti sudah penuh namun kenyataannya sebaliknya.

Saat itulah kita menyadari bahwa sebelumnya belum mencolokkan adapter daya ke dalam stop kontak atau lupa menekan switch pada terminal. Maka dari itu sebelum meninggalkan HP pastikan sudah ada notifikasi kalau baterai dalam keadaan charging.

Kalibrasi Baterai

Kita terkadang memerlukan untuk melakukan kalibrasi baterai sebuah HP, apalagi jika HP kamu sudah cukup berumur. Kalibrasi adalah suatu proses yang memperbarui komunikasi dari hardware dan software HP, agar bisa terbaca sesuai dengan keadaan aslinya.

Biasanya baterai akan otomatis terkalibrasi saat kamu melakukan pembaruan sistem operasi yang disediakan oleh vendor. Tetapi jika HP kamu sudah tidak di support oleh vendor, cara satu-satunya untuk melakukan kalibrasi adalah dengan melakukan root dan menginstall aplikasi yang dibutuhkan.

Penutup

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah daya hp yang malah berkurang pada saat dilakukan pengecasan. Oh iya, hindari juga kebiasaan untuk melakukan pengesacasan sembari ditinggal tidur. Karena bisa menyebabkan baterai HP bermasalah, walaupun Hp jaman sekarang sudah dilengkapi teknologi untuk memutus arus masuk pada saat baterai penuh.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *