Cara Mudah Mengaktifkan Bluetooth Laptop yang Bermasalah

Bluetooth merupakan sebuah teknologi yang menghubungkan antar perangkat elektronik secara wireless tanpa melalui kabel. Lambang bluetooth biasanya berwarna biru. Jangkauan dari bluetooth sendiri tidak seluas dari jangkauan wifi dan cenderung lebih pendek.

Fungsi utama bluetooth adalah untuk melakukan pertukaran data antar device yang terlebih dahulu harus dipasangkan, menggantikan teknologi inframerah sebagai sarana untuk transfer data. Tetapi karena berkembangnya jaman bluetooth sudah tidak banyak dipakai untuk melakukan transfer data karena kecepatannya dirasa kurang relevan untuk kebutuhan di jaman sekarang.

Mengaktifkan Bluetooth

Untuk sekarang bluetooth lebih banyak digunakan untuk menyambungkan speaker bluetooth ke device lain agar bisa memutar musik secara wireless. Apalagi sekarang sedang marak penggunaan wireless speaker dan wireless earphone. Ada kalanya bluetooth yang terdapat pada laptopmu tidak berfungsi dengan benar, begini cara mengatasinya.

Cara Mudah Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 10

Melalui Notification Menu

Notificication menu merupakan menu yang ditambahkan di windows 10, menu ini berguna sebagai shortcut untuk melakukan pengaturan pada windows itu sendiri. Kamu bisa mengakses menu ini dengan melakukan klik pada ikon notification di sebelah kanan ikon jam pada taskbar.

Gunakan shortcut bluetooth untuk mematikan atau pun mematikan bluetooth pada laptop dengan sekali klik pada ikonnya yang terletak di notification menu. Kalau kamu ingin membuka pengaturan lebih lanjut, klik kanan pada ikon bluetooth lalu pilih go to setting.

Melalui Menu Setting

Aktifkan fungsi bluetooth pada laptop dengan menggunakan menu setting yang sudah disediakan oleh windows. Untuk mengakses menu setting bluetooth pada windows 10, silahkan ketik pada pencarian dengan kata kunci “Bluetooth” maka kamu akan dibawa ke menu setting bluetooth and other device. Pada menu ini kamu bisa menghidupkan/mematikan bluetooth dengan menggeser slider yang tersedia dan menambahkan perangkat dengan klik tombol tambah.

Melalui Tombol Fisik

Tidak semua laptop menyediakan tombol fisik yang secara khusus untuk mengaktifkan fungsi bletooth pada laptop. Biasanya tombol switch ini digabung dengan modul wifi, jadi saat kamu menekan tombol ini otomatis bluetooth dan wifi laptopmu akan aktif. Tombol ini terletak dan bersatu dengan tombol Fx pada bagian atas keyboard, sehingga kamu diharuskan untuk menahan tombol Fn untuk menggunakan tombol ini.

Solusi Untuk Memperbaiki Bluetooth Laptop yang Tidak Terdeteksi

Merestart Fungsi Bluetooth

Jika bluetooth kamu bermasalah, kamu bisa mencoba untuk melakukan restart pada modul bluetooth agar bisa refresh dan mengatasi masalah yang terjadi. Caranya cukup matikan lalu aktifkan ulang modul bluetooth, akan terjadi jeda saat kamu mematikan dan menghidupkan bluetooth sebelum bisa digunakan kembali. So kamu harus sedikit bersabar ya.

Baca Juga:

Install Ulang Driver

Kalau dengan restart tidak berhasil, kamu bisa melihat status driver pada pengaturan device manager. Cek kembali apakah driver bluetooth sudah terinstall dengan benar. Jika dirasa performa bluetooth kamu tidak maksimal, cobalah untuk melakukan update driver pada bluetooth.

Biasanya driver bluetooth sudah menjadi satu dengan driver wifi, kamu bisa download driver melalui situs resmi vendor laptop kamu atau mencarinya secara manual dengan google.

Tombol Fisik Belum Aktif

Pada tipe dan model laptop tertentu ada yang menyematkan tombol yang berguna sebagai siwtch modul bluetooth yang terdapat pada laptop. Tombol khusus didedikasikan untuk mengaktifkan maupun mematikan bluetooth dirancang sebagai shorcut yang sebenarnya memudahkan pengguna. Tetapi banyak pengguna laptop yang tidak mengetahui keberadaan tombol ini dan sering terpencet secara tidak sengaja.

Hal ini mengakibatkan modul bluetooth kamu tidak akan bisa digunakan walaupun kamu sudah mengotak-atik software pada laptop, karena tombol switch ini mematikan modul bluetooth secara hardware. Jika laptopmu memiliki tombol dengan ikon bluetooth, coba cek kembali tombol tersebut untuk mengehmat waktumu.

Menyalakan Mode Discovery Laptop

Kalau laptopmu saat dicari menggunakan device lain melalui bluetooth ternyata tidak ditemukan, bukan langsung berarti bluetooth pada laptopmu yang rusak. Coba cek pengaturan bluetooth dan lihat pada bagian more bluetooth options, pastikan pilihan pada “allow bluetooth device to find my PC” dalam keadaan tercentang agar laptopmu bisa terdeteksi.

Cara Menghubungkan Speaker Bluetooth ke Laptop Windows 7, 10

1. Pastikan Device Sudah Siap Pairing

Langkah pertama adalah pastikan speaker blueetoth yang akan kamu pairing dengan laptop sudah siap untuk melakukan pairing. Kamu bisa masuk ke mode pairing dengan melihat panduan pengguna yang bisa kamu temukan pada paket penjualan speaker bluetooth tersebut. Karena antar speaker bluetooth mempunyai setting yang berbeda.

2. Masuk Menu Bluettoth

Setelah kamu sudah menyiapkan speaker bluetoothmu sekarang saatnya untuk melakukan pengaturan pada sisi laptop. Aktifkan bluetooth mu sesuai dengan artikel di atas. Setelah kamu mengakftikan bluetooth akan terdapat jeda beberapa saat sebelum bluetooth bisa digunakan.

3. Klik Add Bluetooth

Setelah bluetooth menyala, masih di menu bluetooth lalu klik tombol dengan ikon tambah. Kamu akan dihadapkan pilihan yang menanyakan kamu ingin menghubungkan device apa, pilih bluetooth (pilihan paling atas). Setelah itu laptop akan melakukan scan pada device bluetooth disekitar laptop, dekatkan speaker bluetooth agar lebih cepat terdeteksi.

Jika speaker sudah dalam mode pairing maka akan segera muncul pada list yang tertera pada menu scan. Untuk beberapa merk speaker, kamu akan diminta untuk memasukkan password pairing isikan password default “0000” atau lihat pada buku panduan speaker bluetooth.

4. Speaker Sudah Tersambung

Setelah semua langkah diatas kamu lakukan maka speaker bluetooth kamu sudah siap digunakan dan sudah bisa menstransmisikan suara laptop kamu ke speaker. Untuk memastikan klik kanan pada ikon spekaer yang terdapat di taskbar dan pastikan speaker bluetooth sudah dipilih menjadi default device.

Penutup

Itulah beberapa metode untuk mengaktifkan bluetooth pada laptop windows. Karena bluetooth merupakan teknologi yang sudah agak lama, mungkin kamu akan menemui beberapa masalah saat akan menggunakan fitur ini. Tetapi itu bisa dengan mudah diatasi dengan melakukan update baik driver maupun update windows.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *