Ternyata Mudah, Begini Cara Install Ulang Laptop yang Benar

Melakukan install ulang adalah hal yang umum dilakukan oleh semua orang yang merasa laptop mereka sudah mulai banyak masalah. Misalnya saja sudah terkena virus yang sangat parah, sudah terlalu banyak aplikasi yang membuat kinerja laptop menurun, atau sekadar ingin merefresh laptopnya saja.

Langkah – langkah yang untuk melakukan install ulang sendiri tidak terlalu rumit dan cenderung mudah. Apalagi di windows 10 sudah menyediakan fitur bernama reset atau refresh yang akan membuat laptopmu menjadi seperti awal kembali tanpa repot. Fitur ini kurang lebih sama dengan reset pengaturan pabrik yang ada di HP kamu.

Install Ulang

Meskipun pada umumnya install ulang tidak akan menghapus seluruh data pengguna, Kami tetap sarankan untuk membuat backup data agar kamu mempunyai cadangan kalau terjadi hal yang tidak diinginkan, terutama data yang berada pada drive C. Apakah kamu sudah siap untuk melakukan install ulang laptop?. Begini caranya.

Cara Menginstal Ulang Laptop

Hal yang Perlu Dipersiapkan

  • File Instalasi Berupa ISO
  • Media Instalasi berupa CD/DVD/FD
  • Software untuk membuat media instalasi (Rufus)
  • Linsensi untuk windows
  • Cemilan karena waktu yang dibutuhkan lumayan lama

Membuat Media Instalasi

Setelah kamu mendapatkan file ISO yang sudah kamu download dari situs resmi, langkah selanjutnya ialah membuat media instalasi. Media instalasi bisa berupa CD, DVD, maupun USB Flashdisk. Untuk USB Flashdisk pastikan tidak terdapat data di dalamnya, karena pada prosesnya semua data akan dihapus.

Kamu bisa menggunakan aplikasi RUFUS untuk membantu dalam membuat media instalasi. RUFUS bisa dengan mudah kamu unduh melalui situs resminya dan kabar baiknya program ini tidak berbayar alias gratis.

Baca Juga:

Backup File Pribadi yang berada Di Drive C

Sebelum melakukan perubahan dalam laptop, apalagi ingin melakukan install ulang. Kamu mau tidak mau harus menyiapkan atau melakukan backup terhadap file – file pribadimu yang kamu simpan pada Drive C. Untuk Drive selain C kamu tidak perlu khawatir karena selama kamu melakukan instalasi dengan benar file tersebut tidak akan hilang.

Ubah Setting BIOS

Untuk beberapa model dan vendor laptop kamu perlu melakukan beberapa pengaturan terhadap BIOS, misalnya mematikan secure boot mengaktifkan dukungan terhadap legacy atau AHCI mode. Hal ini perlu dilakukan agar media instalasi yang kamu buat sebelumnya bisa terbaca sebelum laptop melakukan booting ke harddisk. Jika media instalasi tidak terbaca, maka laptop akan otomatis booting secara normal.

Cara Reset Windows 10 ke Pengaturan Pabrik

Bagi kamu pengguna windows 10 yang mempunyai lisensi original dan tidak mau ribet membuat media instalasi, kamu bisa melakukan reset windows 10. Prinsip kerjanya kurang lebih sama dengan saat kamu melakukan reset pabrik pada smartphone. Semua aplikasi selain bawaan akan dihapus dan semua pengaturan akan kembali ke pengaturan awal.

Pada saat kamu memilih menu reset windows, kamu akan dihapakan dengan pilihan keep my files dan remove everything. Sesuai dengan namanya saat kamu memilih keep my files semua pengaturan dan aplikasi akan direset tetapi menyisakan file – file pribadimu. Jika kamu memilih remove everything, semua file akan dihapus dan kamu akan merasakan pengalaman memiliki laptop baru.

Cara Instal Ulang Windows 10 Original Bawaan Laptop

Login Ke Akun Windows

Kalau kamu memiliki windows original dari saat kamu membeli laptop dan tidak diberikan key code apapun, kamu tidak perlu khawatir. Karena windows 10 sudah menyematkan fitur semacam digital key yang akan melekat ke hardware laptop kamu. Jadi pada saat kamu melakukan install ulang, kamu tidak akan ditanya mengenai lisensi dan windowsmu akan otomatis teraktifasi sepanjang versi OS yang kamu install sama dengan versi windows kamu sebelumnya, misal windows home.

Tetapi jika kamu masih merasa tidak yakin, cobalah untuk mengaitkan informasi lisensi ke account microsoft. Jadi saat kamu login menggunakan akun yang sudah kamu loginkan di laptop sebelum instalasi, maka lisensimu akan otomatis teraktifasi pada saat kamu login setelah install ulang. Tidak perlu khawatir kalau lisensi original windowsmu hilang ya gaess.

Lakukan Instalasi Seperti Biasa

Setelah kamu mempersiapkan segala sesuatu untuk melakukan instalasi windows. Menginstall windows 10 tidak jauh berbeda dengan cara menginstall versi windows seri – seri sebelumnya. Kamu hanya perlu mengikuti petunjuk instalasi yang sudah disediakan.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk melakukan install ulang laptop. Semoga kamu bisa melakukan install ulang laptop dengan lancar. Terimakasih sudah mengunjungi situs blog kami.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *