Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi di Windows 10

Keyboard adalah salah satu perangkat input yang penting harus ada pada sebuah laptop. Meskipun keyboard bisa digantikan dengan on screen keyboard, tetapi keyboard fisik masih lebih nyaman dan lebih cepat jika digunakan untuk aktifitas mengetik yang lama. Selain itu untuk menggunakan on screen keyboard laptop kamu harus mendukung fitur touch screen agar lebih nyaman daripada menggunakan mouse.

Keyboard Laptop

Keyboard juga bisa menjadi penyelamat pada saat laptopmu tidak dalam kondisi yang normal dan ingin kamu matikan secara paksa. Contohnya kombinasi CTRL+ALT+DEL. Fungsi yang tak tergantikan ini tidak akan bisa kamu akses jika ternyata keyboard kamu yang bermasalah. Tapi tidak perlu khawatir berikut cara untuk mengatasinya.

Mengatasi Keyboard Laptop Huruf Tidak Bisa Sebagian

Keyboard Terkena Air

Seringkali disaat menggunakan laptop kita sembari melakukan kegiatan lain, misal mengerjakan tugas sekolah sambil makan dan minum. Kalau tidak berhati – hati tentu saja ada kemungkinan makanan dan minuman tersebut bisa saja tumbah dan mengenai laptop. Bagian yang paling rawan terkena tumpahan dari makanan dan minuman tersebut adalah keyboard laptop.

Karena laptop adalah barang elektronik, tentunya hal ini bisa berakibat sangat fatal, apalagi jika yang tumpah adalah benda berbentuk cairan dan jumlahnya lumayan banyak. Kalau tidak segera dikeringkan laptopmu bisa terjadi konsleting listrik, hal paling umum terjadi gangguan adalah pada keyboarnya. Cara mengatasinya tentu saja dengan tidak menggunakan laptopmu atau langsung mengelap dan mematikannya dengan segera.

Ada Error Software atau Driver

Keyboard membutuhkan sebuah program pengenal berupa driver agar bisa dibaca atau dikenali oleh laptop. Kalau driver ini tidak terinstall dengan benar maka bisa dipastikan keyboard laptopmu juga tidak bisa berfungsi dengan normal.

Meskipun biasanya driver keyboard akan otomatis terinstall dan langsung dengan mudah dikenali oleh laptop. Pada kasus tertentu, misal setelah update atau terkena virus driver laptop bisa hilang dan mengakibatkan keyboard tidak terbaca dengan sempurna. Kamu bisa dengan mudah mengatasinya dengan menginstall kembali driver yang dibutuhkan sesuai dengan Operating Sistem yang kamu gunakan.

Cek Pengaturan Bios

Basic Input Output System atau biasa disebut BIOS adalah sebuah software dasar yang diinstall oleh vendor laptop. BIOS akan memudahkannmu untuk mengatur hardware laptop dan melakukan recovery jika terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. BIOS diinstall pada ROM (Read Only Memory), jadi kamu tidak perlu khawatir kamu akan kehilangannya.

Nah jika terjadi kesalahan pada pengaturan di BIOS, misal setting enable keyboard menjadi posisi OFF maka bisa dipastikan keyboardmu tidak akan bisa digunakan. Karena keyboard dimatikan secara paksa oleh BIOS dan tidak bisa dibaca oleh OS. Coba cek pengaturan BIOSmu sekarang.

Baca Juga:

Ada Kabel yang Terlepas

Laptop meskipun berbeda dengan PC, tetapi secara garis besar sama. Komponen perangkat di dalam laptop tidak berupa satu perangkat tetapi terdiri dari berbagai komponen dialamnya yang dihubungkan satu sama lain menggunakan kabel.

Kalau kabel tersebut karena suatu hal misal jatuh dan mengakibatkan tidak sengaja tercabut atau bahkan terputus maka keyboard tidak bisa terbaca. Kamu harus sedikit repot untuk membongkar laptop untuk mengatasi masalah ini.

Cara Membersihkan Keyboard Laptop

Bersihkan Menggunakan Slime

Kamu tahu mainan anak yang dahulu sempat viral itu?. Yap, slime bisa digunakan untuk membersihkan keyboard. Karena sifatnya yang lengket dan tidak meninggalkan bekas, slime bisa membersihkan sela – sela keyboard dengan mudah. Caranya cukup menaruh slime melewati keyboard, mudah bukan?

Bersihkan Menggunakan Kuas

Selain menggunakan slime, cara lain yang umum orang gunakan adalah dengan menggunakan kuas. Carilah kuas yang kecil dan lembut agar keyboard mu tidak tergores. Cukup pakai kuas saja, jangan tambahkan air untuk membersihkan, karena air adalah musuh dari semua barang elektronik.

Bongkar laptop

Cara yang paling mudah dan efektif adalah dengan membongkar laptop kamu, tetapi hal ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Karena jika kamu melakukan kesalahan pada saat membongkar laptop kamu bisa tidak bisa kembali digunakan. Cara ini juga bisa menghanguskan garansi yang masih berlaku.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi. Semoga masalahmu bisa cepat teratasi setelah membaca artikel kami. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *