Cara Install Dual Boot Windows 10 dan Ubuntu 20.04 LTS Terbaru

Dual boot dalam sistem operasi berarti menjalankan lebih dari satu sistem operasi dalam satu komputer. Pada kasus ini contohnya adalah OS Windows 10 dan OS Ubuntu. Kedua OS ini akan diinstall secara bersandingan dan bisa mengakses file satu sama lain. Meskipun kamu hanya bisa masuk ke satu OS pada satu waktu.

Opsi untuk dualboot ini biasanya dipilih pada masa transisi saat ingin mencoba menggunakan linux dan sesekali ingin kembali ke windows. Alasannya bermacam – macam, misal ada yang ingin terjun ke dunia open source atau hanya ingin berbeda dengan yang lain.

Dual Boot

Secara default satu komputer hanya bisa di install dengan satu sistem operasi saja. Tetapi dengan beberapa pengaturan dan cara instalasi yang benar kamu bisa menginstall lebih dari 1 sistem operasi tanpa harus melakukan format harddisk terlebih dahulu.

Pada artikel kali ini kami akan membahas bagaimana cara melakukan instalasi ubuntu dengan posisi laptop sudah terinstall OS windows. Berikut langkah – langkahnya. Disarankan untuk melakukan backup file pribadi agar mempunyai cadangan jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Cara Install Ubuntu 20.04 Dual Boot Tanpa Kehilangan Data

Hal Yang Perlu Dipersiapkan

  • Media Instalasi yang berisi file operating sistem
    (Kamu bisa membuatnya menggunakan Rufus)
  • Space kosong sesuai dengan yang dibutuhkan oleh sistem operasi
  • Jika kamu menggunakan laptop pastikan adaptor daya sudah terpasang dengan benar
  • Kopi dan Cemilan

Memecah Partisi

Agar file windows yang sudah ada tidak hilang dan terformat, kita harus menyiapkan partisi tambahan dahulu untuk nantinya sebagai partisi tujuan instalasi Ubuntu. Kamu tidak memerlukan untuk mengunduh program atau aplikasi tambahan, karena windows sudah menyediakannya secara default. Berikut langkah- langkah yang diperlukan.

Buka aplikasi disk management dengan melakukan pencarian di search

Setelah aplikasi terbuka klik kanan drive yang ingin kamu bagi partisinya (cari drive dengan kapasitas paling besar). Lalu pilih menu Shrink Volume.

Sesuaikan ukuran partisi sesuai kebutuhan instalasi ubuntu atau sesuaikan sesuai seleramu. Setelah kamu menyesaikan proses ini, akan muncul partisi baru. Partisi baru inilah yang nantinya akan diinstall ubuntu.

Baca Juga:

Melakukan Instalasi

Setelah kamu menyesaikan semua persiapan termasuk menyiapkan partisi, lanjutkan dengan memasukkan media instalasi ke laptop dan booting ke media instalasi tersebut dengan cara restart laptop.

Kalau booting sukses akan muncul jendela welcome seperti gambar dibawah. Jika pada saat restart, laptop masih masuk ke windows, kamu perlu melakukan pengaturan di bios dengan mematikan secureboot dan mengkonfigurasi urutan booting.

Pilih bahasa yang kamu inginkan lalu klik install ubuntu.

Gunakan pengaturan standar untuk setting keyboard layout

Pilih normal installation agar semua program default terinstall, jika kamu ingin ukuran disk lebih lega pilih minimal instalation.

Ubuntu akan otomatis mendeteksi adanya OS windows yang sudah terinstall sebelumnya. Pilih install Ubuntu alongside windows 10 agar tidak ada data yang terhapus dan kamu bisa dual boot.

Pilih continue untuk melanjutkan

Pilih zona waktu sesuai dengan tempat tinggalmu

Masukkan informasi untuk keperluan login dan nama komputer sesuai dengan keinginanmu

Proses instalasi akan dimulai, pada titik ini kamu hanya perlu menunggu sampai proses berakhir

Setelah proses selesai akan muncul pemberitahuan untuk melakukan restart. Jangan lupa untuk mengeluarkan media instalasi saat restart agar laptop bisa booting secara normal.

Setelah semua langkah selesai, kamu akan menemui tampilan seperti diatas setiap kali booting. Kamu bisa memilih untuk menggunakan sistem operasi yang akan kamu gunakan. Pergantian sistem operasi bisa dilakukan dengan mudah melalui restart laptop.

Penutup

Itulah langkah – langkah yang bisa kamu ikuti agar bisa menginstall dua OS sekaligus pada satu komputer tanpa harus menghapus OS yang sudah terinstall sebelumnya. Kalau mengalami kesulitan jangan sungkan untuk memberikan pertanyaan ya. Jangan lupa untuk melakukan backup agar tidak menyesal dikemudian hari.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *