Cara Menyambungkan Kabel Lan ke Laptop Windows 10

Kabel LAN (Local Area Network) merupakan sebuah kabel yang digunakan oleh laptop dan komputer agar bisa mengakses ke internet. Sebelum penggunaan WIFI yang semakin marak, LAN menjadi koneksi utama agar bisa menggunakan jaringan internet. Meskipun sekarang sudah mulai tergantikan dengan koneksi wireless, LAN masih sering digunakan oleh orang yang mencari koneksi yang stabil dan cepat.

Kabel LAN

Port yang digunakan untuk mencolokkan LAN disebut RJ45, kamu pasti akan lansung mengenali port ini karena bentuknya yang lumayan besar. Oleh karena itu laptop keluaran terbaru sudah tidak menyediakan port RJ45 agar bisa lebih ringkas. Mau tidak mau kamu diharuskan membeli adaptor tambahan agar bisa menikmati koneksi stabil dan kencang dari LAN. Berikut cara untuk menyambungkan kabel LAN.

Cara Menghubungkan Komputer ke Internet dengan Kabel Lan

Hal yang Diperlukan

Sebelum melakukan sesuatu ada baiknya melakukan persiapan agar hal yang kita lakukan lebih tertata. Kamu perlu menyiapkan beberapa hal seperti berikut.

  • Kabel LAN
  • Adaptor USB to LAN
    (Laptop jaman sekarang sudah tidak menyediakan port RJ45 secara default dan membutuhkan device tambahan berupa Adapter agar bisa dipasang LAN. Kami sarankan untuk mencari adapter lan yang support minimal upto 100Mbps)
  • Modem/Router/Device Lainnya
  • Laptop

Langkah Menghubungkan LAN

Langkah pertama kalau laptopmu tidak terdapat port RJ45, pasangkan adapter USB to LAN yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Biasanya pada saat kamu menghubungkan Adapter USB to LAN akan otomatis menginstall driver yang dibutuhkan dan akan langsung bisa digunakan. Tetapi jika driver tidak terinstall secara otomatis, mau tidak mau kamu harus melakukannya secara manual.

Setelah itu sambungkan kabel LAN ke laptop lalu di ujung satunya ke router atau device lain yang kamu inginkan. Pastikan lampu indikator berkedip di kedua sisi device sebagai pertanda kalau kabel sudah terhubung. Jika tidak, pastikan kembali kedua device sudah menyala dan siap untuk digunakan.

Setting IP

IP (Internet Protokol) adalah alamat dari komputer jika dicari melalui jaringan lan. IP bisa berupa IP publik dan IP privat. Kalau kamu menggunakan IP publik maka komputermu bisa kamu akses dari manapun berada, lain halnya jika IP berupa privat maka kamu hanya bisa mengakses komputer jika menggunakan jaringan LAN yang sama.

Ada dua cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatur IP. Pertama adalah menggunakan DHCP yang sudah disediakan oleh router, dengan menggunakan DHCP kamu tidak perlu susah mengatur alamat IP, karena alamat IP akan langsung disetting dan diberikan oleh router.

Cara yang kedua adalah melakukan setting alamat IP dengan cara manual, cara ini dilakukan jika kamu ingin menghubungkan dua laptop langsung tanpa router atau router kamu tidak menyediakan pengaturan DHCP. Untuk melakukan setting IP pada windows 10, kamu perlu masuk ke menu network connection, kemudian klik kanan > properties adapter LAN kamu. Akan muncul jendela baru lalu cari item dengan nama Internet Protokol Version 4>klik properties. Kemudian sesuaikan pengaturan IP sesuai keinginanmu.

Baca Juga:

Berikut contoh untuk kasus menghubungkan Laptop A dan Laptop B secara langsung tanpa melalui router dan menggunakan koneksi Modem Laptop A agar bisa digunakan oleh Laptop B.

Contoh Pengaturan IP Untuk Laptop A
Contoh Pengaturan IP Untuk Laptop B
Setting Sharing Koneksi Laptop A

Selesai

Selamat sekarang kamu sudah bisa menggunakan internet di laptopmu dan bisa mendapatkan koneksi yang lebih stabil daripada menggunakan wifi. Saat kamu melakukan cek di adapter setting akan muncul notifikasi internet access.

Mengatasi Komputer Tidak Bisa Konek Internet dengan Kabel LAN

Periksa Koneksi LAN Terhubung

Coba cek kembali apakah port LAN sudah tersambung dengan benar, pastikan dua device yang terhubung sudah menyala dan siap untuk digunakan. Indikator LAN yang siap dipakai adalah nyala lampu disekitar port LAN yang berkedip dengan cepat.

Pastikan Internet Tersambung

Cek jaringan internet modem kamu, bisa dilihat di indikator modem apakah indikator internet sudah menyala dan sedang tidak terjadi gangguan pada provider internet yang kamu gunakan. Kalau kamu melakukan share internet dari laptop lain pastikan pengaturan IP dan pengaturan sharing koneksi internet sudah benar.

Cek Pengaturan IP

Seperti yang sudah disebutkan diatas, pengaturan IP sangat penting dalam bisa tidaknya laptop dalam mengakses internet. Pastikan juga default gateway merupakan alamat IP dari modem yang kamu gunakan. Untuk lebih mudahnya kamu cukup mengaktifkan fitur DHCP di modem dan alamat IP akan diset otomatis tanpa perlu mengaturnya secara manual.

Penutup

Itulah beberapa cara dan tips yang bisa kamu gunakan untuk bisa menyambungkan laptopmu ke jaringan internet menggunakan kabel LAN. Tetapi yang perlu kamu ingat, kualitas dan panjang panjang kabel juga mempengaruhi kualitas dari koneksi internet yang kamu terima.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *