Cara Membuat Email Sementara di Laptop

Email adalah surat elektronik yang memungkinkan kamu untuk mengirim pesan kepada seseorang melalui internet. Sedangkan temporary email sendiri merupakan sebuah layanan yang memungkinkanmu untuk membuat akun email yang memiliki durasi tertentu (biasanya 10 menit). Setelah durasi tertentu itu habis, maka akun emailmu akan direset dan semua data di dalamnya akan dihapus sepenuhnya.

Akun email sementara ini sangat berguna untuk kamu yang memang hanya membutuhkan untuk menerima email pada saat itu saja dan tidak ingin mendapat spam email dari tempat kamu mendaftar. Misalnya saja kamu sedang browsing untuk mencari info tetapi mengharuskanmu untuk mendaftar terlebih dahulu atau saat ingin mengunduh sesuatu kamu diharuskan mendaftar terlebih dahulu.

Keuntungan dalam menggunakan temporary email adalah kamu tidak memerlukan untuk mendaftar sama sekali, saat kamu membuka situs yang menyediakan layanan ini akan langsung disediakan alamat email yang bisa kamu pakai. Kekurangannya tentu saja selain waktu yang terbatas kamu tidak bisa memilih alamat email yang kamu inginkan. Untuk cara membuat dan menggunakan akun email sementara, simak penjelasan berikut.

Cara Membuat Temporary Email Untuk Mendaftar Akun

Langkah untuk membuat email sementara sangatlah mudah, kamu hanya perlu untuk membuka situs yang menyediakan layanan tersebut. Silahkan browsing di Google dengan mengetikkan keyword “Temporary Email”, kamu akan langsung diberikan banyak alternatif situs yang bisa kamu coba. Berikut kami contohnya menggunakan layanan email sementara dari https://temp-mail.org/.

Temp Mail

Saat pertama kali membuka situs tersebut kamu akan langsung dihadapkan dengan email yang siap pakai, seperti contoh gambar diatas. Silahkan klik tombol refresh untuk memeriksa email terbaru yang masuk ke alamat tersebut. Kamu juga bisa mengubah alamat email sementara dengan mengklik tombol ubah. Simpel kan?.

Cara Membuat Gmail di Laptop

Gmail merupakan layanan email yang disediakan oleh Google, layanan email yang satu ini sangatlah populer di Indonesia. Hal ini tidak lain karena kemudahan penggunaan dan email yang jarang sekali gagal terkirim. Kalau kamu masih belum mempunyai email, gmail merupakan pilihan yang sangat tepat, karena dalam pendaftarannya tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Berikut langkah – langkah yang dilakukan untuk membuat akun gmail.

Buka htttp://gmail.com lalu klik buat akun

Isikan informasi nama anda dan alamat email yang ingin anda buat di kolom nama pengguna. Setelah selesai klik berikutnya.

Kamu bisa menginput nomor telepon dan email lain yang nantinya akan digunakan kalau kamu lupa password. Isikan tanggal lahir dan jenis kelamin. Kemudian klik berikutnya untuk melanjutkan.

Scroll kebawah kemudian klik saya setuju.

Selamat, kamu sekarang sudah mempunyai akun gmail dan bisa mengirim dan menerima email menggunakan akun yang baru kamu buat.

Cara Mengirim Email Lewat Laptop

Setelah kamu mendaftar akun email di google, sekarang waktunya untuk mengirim menggunakan email tersebut atau hanya sekedar ingin mengecek email yang masuk. Untuk melakukan ini ada dua macam cara yang bisa kamu gunakan, pertama mengakses langsung melalui browser yang kedua menggunakan aplikasi yang akan secara realtime memberitahu kalau ada email baru selama laptop terhubung dengan internet.

Mengakses Email Menggunakan Browser

Untuk mengakses email menggunakan browser, cukup membuka provider email yang kamu gunakan. Misalnya kami menggunakan Gmail, buka http://gmail.com.

Masukkan alamat akun gmail kamu
Masukkan Password dari Email kamu
Klik Tombol Tulis untuk membuat email baru
Masukkan Email tujuan pada kolom kepada dan tuliskan judul email di kolom subjek, tulis pesanmu di kolom yang paling bawah. Kalau sudah selesai Klik Tombol Kirim.

Baca Juga:

Menggunakan Aplikasi Mail Windows 10

Windows 10 menyediakan aplikasi Mail yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pengiriman dan pengecekan email secara berkala. Kamu tinggal login dan menambahkan akun gmail kamu kedalam aplikasi tersebut. Pengoperasiannya sangat mudah dan sangat mirip dengan saat kamu membuka menggunakan web browser.

Penutup

Itulah beberapa cara untuk menggunakan layanan email sementara yang disediakan oleh banyak penyedia di internet secara gratis. Kamu bisa menggunakan alamat email tersebut agar terhindar dari spam saat ingin mendaftar ke situs yang tidak terpecaya.

Tetapi mohon diingat karena sifatnya sementara, setelah kamu menutup tab atau melewati batas waktu tertentu alamat email tersebut akan hilang dan kamu tidak bisa menggunakannya lagi.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *