Cara Mudah Mengedit Video di Laptop Windows 10

Kemampuan untuk melakukan edit video di era sekarang sangat dibutuhkan. Apalagi semakin maraknya platfrom yang mengharuskanmu untuk membuat video dan mempublikasikannya untuk bisa mendapatkan like maupun pengikut. Tentunya kamu diharuskan untuk mengedit videomu terlebih dahulu.

Edit Video

Banyak pilihan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk melakukan keperluan edit video, mulai dari aplikasi gratis sampai berbayar. Kamu hanya perlu untuk menyesuaikan dengan budget dan fitur yang benar – benar kamu butuhkan. Kalau kamu hanya ingin melakukan editing yang sederhana atau sekedar untuk berlatih saja, kamu tidak perlu repot dan bingung.

Pada windows 10 sudah tersedia aplikasi untuk melakukan editing video gratis yang tidak perlu kamu download untuk menggunakannya, karena sudah tersedia secara default. Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Cara Editing Video di Laptop Menggunakan Aplikasi Video Editor

Pertama – tama kamu perlu untuk membuka aplikasi video editor. Cara untuk membukanya sangatlah gampang, kamu hanya perlu melakukan search di menu pencarian windows. Kalau aplikasi tersebut tidak ditemukan, berarti kamu perlu untuk melakukan update pada windows 10.

Membuka Video Editor

Setelah aplikasi terbuka, kamu akan langsung menemui tampilan seperti dibawah. Untuk memulai proses editing klik pada “New video project”.

Tampilan Utama

Setelah itu kamu akan dibawa ke halaman kerja aplikasi video editor. Pada halaman ini dibagi menjadi beberapa bagian. Bagian pertama adalah project library, pada bagian ini kamu bisa menambahkan file video yang nantinya akan kamu edit. Bagian kanan terdapat sebuah preview yang bisa kamu gunakan untuk melihat hasil sementara dari video yang sedang kamu edit.

Bagian terpenting adalah storyboard yang terdapat dibagian bawah. Pada storyboard kamu akan menemui menu – menu yang bisa kamu gunakan untuk melakukan edit video. Untuk memulai geser video dari project library menuju ke storyboard.

Halaman Project

Kamu juga bisa menambahkan musik kedalam video kamu. Caranya tinggal klik tombol background music pada atas layar. Lalu kamu akan disuguhkan beberapa music yang bisa langsung kamu masukkan ke dalam video.

Menambahkan Musik

Kalau musik bawaan menurutmu masih kurang, kamu bisa dengan mudah menambahkan musikmu sendiri dengan klik tombol custom audio di menu bagian atas.

Menambahkan musik kustom

Pada bagian storyboard terdapat beberapa pilihan menu dengan fungsi sebagai berikut.

  • Add title card – Berfungsi untuk membuat judul di awal/akhir video
  • Trim – Untuk memotong bagian tertentu pada video
  • Split – Untuk membagi video menjadi beberapa bagian
  • Text – Untuk membuat subtitle pada video
  • Motion – Untuk menambahkan efek transisi pada video
  • 3D Effects – Berguna untuk menambahkan efek pada video
  • Filter – Untuk filter tampilan video
  • Speed – Mengatur kecepatan putar pada video
StoryBoard

Setelah kamu merasa sudah selesai dalam mengedit video, klik tombol finish video di bagian kanan atas. Kamu akan dihadapkan pilihan kualitas video yang kamu inginkan, konfirmasikan dengan klik tombol export dan pilih tempat dimana kamu ingin menyimpan video hasil editing.

Export Video

Baca Juga:

Aplikasi Edit Video dan Audio di Laptop Gratis

Selain menggunakan aplikasi gratis bawaan dari windows 10, kamu bisa melakukan editing video dengan menggunakan aplikasi gratisan lainnya yang bisa dengan mudah kamu download di internet. Aplikasi gratis tersebut antara lain Filmora, AVS video Editor, dan masih banyak lagi. Kamu tinggal memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhanmu saja.

Penutup

Itulah cara untuk melakukan editing video menggunakan aplikasi bawaan dari windows 10. Aplikasi video editor bisa kamu gunakan secara gratis dan tidak perlu lagi untuk mendownloadnya, karena sudah tersedia secara langsung pada saat kamu menginstall windows 10.

Semoga artikel kami bisa bermanfaat dan membantu mengatasi masalah kamu. Terima kasih sudah mengunjungi blog kami.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *