Pasti Sembuh, Begini Cara Mengatasi HP Bootloop

Siapa sih di jaman sekarang yang tidak menggunakan smartphone dikehidupan sehari – harinya. Hampir semua orang pasti memiliki setidaknya satu smartphone. Penggunaan smartphone semakin marak dikarenakan fungsinya yang semakin beragam dan kemajuan teknologi yang kian pesat. Mungkin saja beberapa tahun ke depan smartphone akan mulai digantikan oleh teknologi yang lebih baru.

HP bootloop

Seperti halnya alat elektronik lain, sebuah HP atau smartphone tidak lepas dari beragam masalah yang membuat kita tidak bisa menggunakannya. Masalah yang kemungkinan kecil untuk terjadi dan paling susah untuk diatasi adalah masalah bootloop. Apakah bootloop itu?.

Bootloop merupakan keadaan pada saat HP tidak bisa masuk ke menu utama dan membuatnya tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Layar HP akan menampilkan logo vendor seperti pertama kali dihidupkan, tetapi logo tersebut akan terus muncul dan HP tidak bisa masuk ke menu utama. Begini cara untuk mengatasinya.

Cara Memperbaiki HP yang Bootloop

Sambungkan Ke Charger

Meskipun jarang terjadi, ada beberapa kasus bootloop yang disebabkan oleh kondisi dari baterai sebuah HP. Baik baterai HP yang terlalu lemah dan membuat HP tidak bisa melakukan booting dengan benar, maupun karena terjadi kerusakan pada sistem baterai yang mungkin mengakibatkan HP mengalami bootloop.

Tidak ada salahnya kamu mencoba untuk menyambungkan kabel charger pada HP mu yang sedang mengalami bootloop, bisa saja benar bateraimu hanya butuh dicas agar bisa menggunakan ponsel dengan normal.

Reset Pengaturan Pabrik Melalui Recovery Mode

Pada versi dari sistem operasi android menyediakan sebuah program darurat dinakaman recovery mode. Seperti namanya program ini bisa kamu gunakan untuk mengembalikan HP mu menjadi pulih sepenuhnya. Untuk mengakses program ini berbeda antar HP, tetapi pada umumnya menggunakan kombinasi tombol power dan tombol volume up yang harus kamu tekan secara bersamaan saat HP terjadi bootloop.

Setelah kamu berhasil mengakses menu recovery bawaan dari sistem HP, kamu akan menemukan beberapa pilihan. Pilihan utama yang bisa kamu gunakan adalah menu untuk melakukan reset pada HP. Mau tidak mau kamu harus melakukan reset data agar HP mu bisa digunakan kembali.

Restore Data dengan Custom Recovery

Berfungsi kurang lebih sama dengan menu recovery yang disediakan oleh bawaan vendor. Untuk menggunakan custom recovery, kamu diharuskan untuk menginstall dan melakukan root pada HP. Meskipun sama sama recovery yang membedakan ialah terdapat beberapa fitur yang sangat membantumu.

Fitur utama yang paling berguna pada saat HP bootloop adalah fitur backup dan restore. Jadi fitur ini memungkinkanmu untuk mengembalikkan keadaan HP ke masa sebelum HP tersebut mengalami masalah. Untuk melakukan hal tersebut tentu saja kamu memerlukan file backup yang sudah kamu siapkan dari jauh – jauh hari.

Install Ulang melalui Laptop

Semua vendor HP menyediakan opsi untuk melakukan install ulang sistem operasi dari HP. Kamu hanya perlu menyiapkan kabel data dan sebuah laptop untuk melakukannya. Selain itu kamu juga harus mengunduh software untuk melakukan install ulang di website resmi dari vendor HP. Jangan lupa untuk mengunduh juga file instalasi yang dibutuhkan agar kamu bisa melakukan install ulang.

Baca Juga:

Klaim Garansi

Kalau kamu merasa HP mu masih berada dalam masa garansi dan kamu tidak melakukan hal – hal yang mengakibatkan garansi tersebut hangus. Hal tersebut meliputi HP terkena air atau pernah terjatuh. Kalau tidak, Coba saja bawa HP tersebut ke service center terdekat untuk mendapatkan perbaikan secara gratis. Karena bisa saja yang membuat HP mu mengalami bootloop adalah kesalahan pada saat proses produksi.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi HP yang bootloop. Semoga dengan membaca artikel dari kami, bisa membantumu untuk mengatasi masalah yang sedang kamu hadapi. Pada saat melakukan proses install ulang ataupun restore data, pastikan daya bateraimu diatas 80% agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan di tengah proses sedang berlangksung. Terimakasih sudah mengunjungi blog kami.

Bagikan ke teman:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *